Bisnis Bumbu Dapur Rentengan dan 5 Daftar Supplier Bumbu

Bisnis Bumbu Dapur Rentengan dan 5 Daftar Supplier Bumbu

Konten [Tampil]

Bisnis Bumbu Dapur Rentengan dan 5 Daftar Supplier Bumbu

Tahukah Anda bahwa Bisnis Bumbu Dapur Rentengan adalah bisnis yang dianggap tidak akan pernah mati? Hal ini dikarenakan bumbu yang termasuk dalam kebutuhan dapur akan selalu diminati oleh pelanggan. Seperti yang Anda ketahui, sebagian besar rumah tangga membutuhkan bumbu masak untuk mengolah bahan makanannya menjadi masakan siap santap.

 

Bisnis Bumbu Dapur Rentengan

Tidak hanya rumah tangga, pemilik usaha kuliner juga membutuhkan bumbu masak untuk menunjang operasional usahanya. Mengingat masih banyak masyarakat yang membutuhkan, maka Bisnis Bumbu Dapur Rentengan juga memiliki peluang keuntungan yang cukup besar.

 

Bagi anda yang ingin mencoba terjun ke dunia bisnis, mungkin anda bisa memilih Bisnis Bumbu Dapur Rentengan. Namun sebelum itu, ketahui dulu analisa profit dan tips untuk memulainya.

 

Jika biasanya Anda menemukan produk bumbu masak dari perusahaan besar, kini banyak merek lain dari pengusaha kecil.

Penjelasan: Bisnis Repacking Bumbu Keuntungan 4 Juta

Hingga saat ini sudah banyak produk bumbu siap pakai yang dapat dipilih oleh pelanggan sesuai dengan kebutuhannya. Bisnis ini memiliki peluang keuntungan yang sangat bagus lho. Anda juga tidak perlu khawatir kehilangan uang karena banyak orang yang membutuhkannya.

 

Baik di pedesaan maupun di perkotaan, baik itu masyarakat kelas bawah maupun menengah ke atas, pasti membutuhkan bumbu masak dalam proses pengolahan makanan sehari-harinya.

 

Bahkan di masa pandemi, Bisnis Bumbu Dapur Rentengan tidak terlalu terpengaruh. Masih akan ada orang yang berbelanja bumbu masak karena ini termasuk dalam kebutuhan pokok untuk membuat makanan.

 

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda tidak harus memiliki modal yang besar. Namun, peluang keuntungannya bisa mencapai 50% dari total pendapatan. Melihat peluang keuntungan yang menggiurkan, apakah Anda tertarik untuk menjalankan Bisnis Bumbu Dapur Rentengan?

 

Analisa Bisnis Bumbu Dapur Rentengan

Contoh bumbu yang akan dibuat adalah bumbu nasi goreng:

Modal Awal

Nilai (Rp)

Blender

2 Baskom @Rp. 25.000

Timbangan

Staples

500.000

50.000

450.000

35.000

Total Modal Awal

Rp. 1.035.000

Penyusutan peralatan untuk masa pakai 1 tahun

= 1/12 x Rp. 1.035.000 = Rp. 86.250

 

 

Biaya Operasional

Bahan bumbu nasi goreng 900 kemasan :

Bawang merah dan putih 5 kg x Rp. 17.000

Garam 1 kg x Rp. 10.000

Ketumbar ½ kg x Rp. 24.000

Cabe merah 5 kg x Rp. 25.000

Tomat 3 kg x Rp. 6.000

Merica ½ kg x Rp. 65.000

Minyak goreng 10 Liter x Rp. 12.000

 

 

85.000

10.000

12.000

125.000

18.000

32.500

120.000

Keperluan lain :

Stiker atau merek

Plastik

Listrik

Transportasi

Penyusutan alat

 

60.000

70.000

100.000

120.000

86.250

Total Biaya Operasional

Rp. 838.750

Pendapatan per Bulan

35 bungkus / hari x Rp. 2.000 x 30 hari = Rp. 2.100.000

Laba Bersih

Rp. 2.100.000 – Rp. 838.750 = Rp. 1.261.250

 

 

Kunci Sukses Bisnis Bumbu Dapur Rentengan

Agar Bisnis Bumbu Dapur Rentengan ini berkembang maka dalam memproduksinya pilihlah bahan baku pembuatan bumbu yang masih segar dan segar. Ini akan menciptakan rasa rempah yang sama seperti saat baru digiling.

Penjelasan: Agen Cabe Rawit Surabaya Pengiriman Jam 6

Saat memproduksi bumbu masak, sebaiknya selalu menjaga tempat pembuatannya tetap bersih dan higienis, hal ini akan membuat bumbu yang dibuat lebih awet dan tahan lama.

 

Untuk kemasan, pilihlah yang menarik dan aman digunakan untuk kemasan makanan agar konsumen lebih sadar akan kesehatannya.

 

Cara Memulai Bisnis Bumbu Dapur Rentengan

Jika Anda sudah tertarik dengan Bisnis Bumbu Dapur Rentengan, namun masih bingung bagaimana memulainya, Anda bisa menyimak tips berikut ini:

 

1. Siapkan Rencana Usaha

Dalam memulai bisnis apa pun, termasuk Bisnis Bumbu Dapur Rentengan, Anda perlu membuat rencana bisnis. Jadi, persiapkan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan bisnis Anda.

 

Mulai dari menentukan besaran modal, memilih nama brand, menentukan target audiens, dan jenis produk yang ingin dipasarkan, hingga strategi pemasaran.

 

Dengan rencana bisnis yang dibuat sedetail mungkin, Anda akan lebih fokus saat menjalankan bisnis. Anda juga akan lebih siap menghadapi masalah atau tantangan yang mungkin mewarnai proses bisnis Anda.

 

2. Tentukan Lokasi Usaha

Hal selanjutnya yang perlu Anda persiapkan sebelum membuka Bisnis Bumbu Dapur Rentengan adalah menentukan lokasi usaha. Anda harus menentukan terlebih dahulu dimana lokasi usaha bumbu masak tersebut nantinya.

 

Misalnya di kawasan pasar tradisional atau menyewa ruko di tempat strategis yang mudah dijangkau dan ramai.

 

Lokasi seperti ini akan sangat menguntungkan Anda karena calon pelanggan dapat menemukan tempat usaha Anda dengan lebih mudah.

 

3. Cari Supplier Bahan Baku

Untuk membuat bumbu, Anda tentu membutuhkan bahan baku. Oleh karena itu, diperlukan pemasok untuk mensuplai kebutuhan bahan baku bumbu masak. Carilah pemasok dengan bahan baku yang berkualitas. Anda dapat menemukannya dengan mengunjungi pasar secara langsung.

 

Biasanya di pasar ada pedagang bumbu dapur mentah yang menerima pesanan dalam partai besar. Coba bandingkan satu trader dengan trader lainnya untuk mendapatkan supplier terbaik untuk Bisnis Bumbu Dapur Rentengan.

 

Tidak ada salahnya melakukan survei mendalam sebelum menentukan supplier yang paling tepat. Padahal, hal ini sangat penting untuk Anda lakukan karena sangat mempengaruhi operasional bisnis Anda. Jangan salah pilih supplier ya?

Penjelasan: Pengepul Cabe Kering Kapasitas Produksi 5 Ton

4. Sediakan Tempat dan Alat Produksi

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bisnis bumbu masak adalah menyiapkan tempat untuk produksi. Untuk menghasilkan rempah-rempah tentunya membutuhkan dapur agar bahan baku bumbu dapat diolah.

 

Jika Anda baru memulai bisnis bumbu masak, menggunakan dapur pribadi mungkin tidak menjadi masalah karena produksinya masih dalam skala kecil. Namun, jika produksi Anda sudah dalam partai besar, cobalah untuk menyediakan ruang memasak yang lebih luas.

 

Apalagi jika proses produksi Anda dilakukan oleh lebih dari 3 orang, tentunya Anda membutuhkan dapur yang besar. Selain dapur, lengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi bumbu masak. Misalnya pisau, talenan, wadah bersih, penggiling, dan sebagainya.

 

Juga, pastikan bahwa akses ke listrik dan air di lokasi produksi memadai. Kedua hal ini sangat dibutuhkan selama proses produksi. Jadi, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik.

 

5. Sajikan Produk Berkualitas

Karena jenis usaha Anda memproduksi bahan makanan siap saji, maka penting untuk memperhatikan kualitasnya. Untuk menghasilkan produk bumbu masak yang berkualitas, pastikan juga menggunakan bahan baku yang memiliki kualitas yang baik.

 

Perhatikan juga kebersihan, dengan memastikan kebersihan bahan baku, tempat produksi, dan proses manufaktur. Kemas bumbu masak yang sudah jadi dalam wadah yang kokoh, kedap air, dan kedap udara agar isi di dalamnya tetap segar dan bersih.

 

Selain memperpanjang umur simpan, pengemasan yang baik juga dapat menjaga keamanan bumbu masak selama pengiriman jika pelanggan tidak dapat membelinya langsung dari toko Anda.

 

Jangan sampai pelanggan Anda kecewa karena kualitas bumbu masak yang dihasilkan tidak bagus. Buat pelanggan kembali berbelanja di toko Anda dengan memberikan produk yang berkualitas.

 

6. Manfaatkan Internet untuk Promosi

Agar Bisnis Bumbu Dapur Rentengan Anda dikenal lebih banyak orang, promosikan melalui internet. Manfaatkan media sosial untuk memperkenalkan brand dan produk Anda. Buat akun bisnis di media sosial dan mulailah mengunggah konten promosi di sana.

 

Lakukan branding bisnis sebaik mungkin agar penjualan bisnis Anda meningkat. Karena dengan media sosial, Anda dapat menjangkau pelanggan di wilayah lain, di luar lokasi bisnis Anda, bahkan menjangkau hingga ke luar negeri.

 

Selain media sosial, Anda juga bisa mempromosikan bisnis Anda dengan membuat website jual beli online. Jadi, pelanggan bisa melakukan pembelian secara online. Anda juga bisa mencoba berjualan di marketplace. Jangan ragu untuk mencoba berbagai media penjualan agar produk bumbu masak Anda memiliki banyak pelanggan.

 

7. Cari Mitra untuk Perluas Pasar

Tip Bisnis Bumbu Dapur Rentengan lainnya yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan yaitu mencari mitra. Misalnya, mencari mitra bisnis di bidang kuliner, seperti restoran atau pengusaha makanan lain yang membutuhkan pasokan bumbu masak.

 

Bekerja dengan mereka sehingga Anda akan menerima lebih banyak pesanan untuk rempah-rempah. Jangan ragu untuk memberikan diskon kepada mitra agar hubungan bisnis Anda dengan mereka langgeng.

 

Dengan mencari mitra bisnis yang membutuhkan produk Anda, jangkauan pasar Anda akan lebih luas. Layani setiap pelanggan dan mitra dengan kemampuan terbaik Anda. Dengan cara yang ramah dan sopan sehingga mereka puas dalam berbelanja.

Penjelasan: Usaha Sosis Bakar Serba 1000 Modal Kecil

Daftar Distributor Bisnis Bumbu Dapur Rentengan

1. PT. Aura Golden Agro

Distributor pertama yaitu PT. Aura Golden Agro yang beralamat di Ruko Paragon Plaza Blok A No. 33, Dusun Ngasinan, Desa Kepatihan, Gresik. Sedulur yang menjual sembako di sekitar Surabaya dan Jawa Timur bisa menggunakan jasa distributor Bumbu Dapur Rentengan yang satu ini.

 

Karena perusahaan ini menyediakan aneka bumbu dan rempah, serta hasil bumi yang siap didistribusikan ke setiap kios.

 

2. P.D. ADIMUR

Agar usaha bumbu dapur kemasan bisa dijual di warung makan dan toko kelontong Sedulur, Sedulur bisa bekerjasama dengan P.D. ADIMUR untuk setiap stok bumbu dapur di warung dan toko kelontong Sedulur.

 

Tidak hanya itu, perusahaan ini juga menyediakan produk pertanian yang juga siap didistribusikan. Distributor bumbu dapur ini berlokasi di Jalan Nyamplungan No. 143-145, Kota Surabaya.

 

3. UD. Haji Rahmatia

Distributor Bumbu Dapur Rentengan Yang satu ini terletak di Jalan Wonorejo, Desa Tandes, Kecamatan Manukan Kulon, Surabaya. Perusahaan dagang ini menyediakan lada putih, lada hitam, lada rebus, dan rempah-rempah lainnya. Bagi Sedulur yang menjalankan usaha warung dan toko kelontong di sekitar Jalan Wonorejo bisa menghubungi perusahaan penyedia rempah yang satu ini.

 

4. CV. Ali Jaya Abadi

Penyedia bumbu dapur selanjutnya adalah CV. Ali Jaya Abadi, beralamat di Jalan Oro Oro 1 No 27 Surabaya, Jawa Timur. Perusahaan ini sudah terbukti berkualitas dan terdaftar sebagai member resmi Indotrading sebagai distributor terverifikasi dan bersertifikat.

 

Kakak-kakak tidak perlu meragukan setiap bumbu dapur yang berasal dari perusahaan ini, oke! Karena sudah dibuktikan dengan dokumen resmi yang dimiliki oleh perusahaan dagang ini.

 

5. Aplikasi Super

Di era digital sekarang ini, semuanya serba online. Distributor bumbu dapur online dan terpercaya di Surabaya adalah Aplikasi Super. Tidak hanya bumbu, kebutuhan pokok lainnya seperti daging, sayuran, buah-buahan, dan makanan beku juga tersedia di Super Application. Menggunakan aplikasi ini adalah paket lengkap untuk setiap kebutuhan warung.

 

Akhir Kata

Selain itu, terdapat beberapa program pembinaan dari Aplikasi Super yang akan berguna untuk pengembangan usaha warung dan toko kelontong yang dijalankan Sedulur. Jika Sedulur tertarik, Anda bisa klik langsung untuk mengunjungi halaman Super Application dan mempelajari setiap program menarik dari Super Application.

 

Semoga beruntung! Itulah peluang bisnis rempah-rempah dan tips memulainya. Apakah Anda siap untuk mendapatkan banyak keuntungan dari Bisnis Bumbu Dapur Rentengan?

 

Sumber: superapp.id dan tokomesin.com