Bisnis Repacking Bumbu Bisa Mendapatkan Keuntungan 4 Juta

Bisnis Repacking Bumbu Bisa Mendapatkan Keuntungan 4 Juta

Konten [Tampil]

Bisnis Repacking Bumbu Bisa Mendapatkan Keuntungan 4 Juta

Salah satu bisnis yang paling banyak diminati adalah Bisnis Repacking Bumbu. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap rumah akan membutuhkan bumbu yang digunakan untuk memasak. Namun ada beberapa kendala dalam hal ini, salah satunya adalah sulitnya membuat bumbu yang diperlukan juga, banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan bumbu tersebut, baik secara manual maupun dengan bantuan mesin.

 

Bisnis Repacking Bumbu

Bisnis Repacking Bumbu adalah bisnis dimana pembuat bumbu mengemas kembali bumbu-bumbu yang telah mereka buat menjadi sebuah paket dan kemudian menjualnya. Karena bumbu repacking ini sudah ada, konsumen hanya perlu mencampurnya dalam masakannya sehingga tidak perlu repot menyiapkannya lagi. Jika Anda penasaran dengan bisnis ini, simak artikel ini!

 

Pengertian Repacking Bumbu

Repacking adalah mengemas kembali bumbu-bumbu, dalam dunia usaha dan agar lebih mudah dipahami, Repacking Bumbu adalah proses pengemasan ulang suatu produk dengan jumlah atau kualitas tertentu menjadi ukuran kecil, biasanya dalam Gram / Kilogram atau lainnya, dengan maksud agar penjualan harga terjangkau bagi konsumen yang tidak merasa perlu membeli dalam jumlah banyak.

Penjelasan: Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog Lebih 2 Juta

Mengenal bisnis Repacking bumbu

Jenis rempah-rempah

Secara umum bumbu instan terbagi menjadi dua bagian, yaitu bumbu basah dan bumbu kering. Bumbu basah biasanya berupa kuah atau baluran yang dicampur saat proses memasak. Sementara itu, bumbu kering biasanya dihaluskan dan menyebabkan rasa dan aroma lebih banyak ditaburkan pada makanan siap saji. Meskipun memiliki rasa yang lebih kuat.

 

Keuntungan dari Bisnis Repacking Bumbu

Banyaknya perusahaan makanan yang bermunculan kini membuat Bisnis Repacking Bumbu ini semakin mudah. Selain mengandalkan toko atau kios, pemasaran online juga membantu meningkatkan penjualan bumbu instan. Apalagi jika Anda sudah bekerja sama dengan pemasok rempah-rempah. Anda hanya perlu membungkus bumbu di dalam kemasan tanpa repot membuatnya dari awal.

 

Kerugian dari bisnis Bisnis Repacking Bumbu

Risiko terbesar dari bisnis repacking bumbu ini adalah harga bahan baku yang cenderung tidak stabil dan mudah naik. Jika harga naik, akan sulit mencari bahan baku, dan jika memungkinkan, kualitasnya juga tidak bagus. Selain itu, daya tahan bumbu juga menjadi kelemahan dalam bisnis ini.

 

Tips Bisnis Repacking Bumbu

1. Pastikan bahan baku segar

Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah bahan baku yang Anda gunakan untuk membuat bumbu adalah bahan segar. Selain memberikan rasa yang lebih enak dari bahan yang layu, bumbu yang dihasilkan juga akan memiliki warna yang lebih baik sehingga lebih menggugah selera.

 

2. Jadikan itu alami

Tujuan bumbu instan adalah untuk membumbui masakan yang sudah jadi seperti menggunakan bumbu yang sudah diolah sebelumnya. Oleh karena itu, hindari penggunaan penambah rasa pada bumbu yang Anda seduh untuk menciptakan rasa yang segar dan alami. Selain itu, bahan pengawet tidak boleh dicampur dengan bumbu.

 

3. Sesuaikan resep

Agar rasa bumbu yang dihasilkan lebih mirip, Anda perlu menyesuaikan komposisi dan cara pembuatan bumbu sesuai resep yang ada. Tergantung pada jenis bumbu yang Anda siapkan, langkah-langkah seperti pemrosesan, suhu, dan waktu pemrosesan juga memengaruhi rasa bumbu.

 

4. Steril dan aman

Selain menjaga cita rasa bumbu tetap nikmat, lingkungan yang bersih dan bebas kuman dapat membuat bumbu lebih awet dan tidak busuk sebelum kadaluarsa. Setelah produksi, pastikan wadah yang digunakan untuk menampung bumbu dapat melindungi bumbu dari berbagai polusi, tertutup rapat, dan tidak bocor.

Penjelasan: Franchise Angkringan Tangerang Biaya 2 Jutaan

Setidaknya dalam satu hari harus memproduksi minimal 1500 paket bumbu masak yang dijalankan oleh sekitar 10 pekerja. Tak heran jika dari sini Fatma bisa mencatatkan omzet sekitar 250 juta per bulan.

 

Kebetulan Admin mau berbagi sedikit info tentang biaya dan modal Bisnis Repacking Bumbu yang dijalankan di awal usahanya 2 tahun yang lalu.

 

Modal Awal Bisnis Repacking Bumbu

Alat

Biaya

Mesin giling    

Rp.  12.000.000,-

Wajan masak    

Rp.  2.400.000,-    

Mesin Spray Dryer   

Rp. 46.000.000,-

Kompor

Rp. 1.300.000,-

Wadah-wadah    

Rp. 3.300.000,-

TOTAL     

Rp. 65.000.000,-

 

Biaya Produksi Repacking Bumbu

Bahan

Biaya

Bahan baku    

Rp. 2.500.000,-

Bahan bakar & listrik    

Rp. 840.000,-

Biaya penjualan dan promosi    

Rp.  2.200.000,-

TOTAL

Rp. 5.540.000,-

 

Penghasilan Bisnis Repacking Bumbu

2000 bungkus per bulan: Rp. 10.000.000,-

Keuntungan: Rp. 4.460.000,-

 

Jumlah Pendapatan Bisnis Repacking Bumbu

Bisnis Repacking Bumbu ini dikelola dengan menggunakan 3 model kemasan plastik yang berbeda. Yang pertama plastik biasa harga 5.000, kantong Latu 10.000, dan botol 15.000. Jika masing-masing dari ketiganya terjual 150 per bulan, berapa keuntungannya?

·      Plastik 150 x 5000 = 75.000.

·      Kantong 150 x 10.000 = 1.500.000.

·      Botol 150 x 15.000 = 2.250.000.

 

Keuntungan Bisnis Repacking Bumbu

Hasil yang didapat dari Bisnis Repacking Bumbu yang didapat per bulannya adalah sebesar 3.825.000 rupiah. Penghasilan besar, bukan? Yang penting hasil brutonya, bukan dikurangi modal awal, yaitu jumlah penghasilan selama satu bulan dikurangi modal awal 1.700.000, jadi laba bersih 2.125.000 rupiah.

 

Ini adalah penghasilannya di usia 4 bulan bisnis ketika bisnis mulai stabil dengan penjualan terus menerus. Bisa dibayangkan penghasilan saat ini dengan omzet 250 juta per bulan? Ini adalah bisnis tepung masak sebagai pilihan bisnis yang menguntungkan.

Penjelasan: Toko Kelontong Modal 50 Juta, Tidak Perlu Sewa

Hal Pokok yang perlu dipersiapkan

Selain keuntungan materi, ada keuntungan lain juga. Berbeda dengan usaha lain yang pada dasarnya adalah usaha mandiri, hal-hal pokok yang perlu dipersiapkan, antara lain:

1.  Usaha yang terbilang praktis karena mengemas kembali bumbu yang sudah jadi. Sehingga pekerjaan yang dilakukan tidak terlalu sulit dan rumit, cukup dengan memasukkan bumbu-bumbu ke dalam kotak kemasan yang telah disiapkan. Saya terakhir menjualnya.

2.  Tidak Mengandalkan Modal Besar. Mengapa dikatakan tidak membutuhkan modal yang besar? Karena jenis produknya sudah ada, tidak perlu dibuat dari dasar, paling tidak menambah atau mengurangi jumlah yang akan dijual. sehingga tidak membutuhkan biaya yang besar seperti awal produksi yang berasal dari bahan baku.

3.  Keuntungan Ganda. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini, namun hanya sedikit keuntungan yang bisa didapatkan. Hal ini terlihat dari banyaknya pengelola usaha sejenis yang berhasil menjalankan usaha tersebut.

4.  Bisa Tentukan Harga Sendiri. Hal menarik lainnya adalah pengusaha bisa memberikan harga sesuai keinginannya. Tidak ada patokan berapa kisaran harga yang harus dijual, semua tergantung sistem yang digunakan dalam mengelola bisnis. Faktor ini juga yang menyebabkan harga repacking. Lebih bervariasi dari yang murah hingga yang mahal juga tersedia.

 

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Bisnis Repacking Bumbu. Pekerjaan semacam itu dapat dimulai bahkan dalam skala lokal. Namun, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan segar dan menjaga kebersihan lingkungan produksi agar produk yang Anda hasilkan tidak kalah dalam skala industri.

 

Sumber: caramenjadi.com, bukausahayuk.com