Teks Moderator Seminar Dan Contoh Paragraf Teks Seminar Singkat

Teks Moderator Seminar Dan Contoh Paragraf Teks Seminar Singkat

Konten [Tampil]

Teks Moderator Seminar Dan Contoh Paragraf Teks Seminar Singkat

Format teks moderator ini saya buat dengan format sesuai dengan yang saya inginkan. Yang nantinya akan saya gunakan pada acara Seminar Internal Teknik Industri UNIVERSITASTEKNOLOGI YOGYAKARTA.


Terima kasih kepada MC, dan langsung saja acara selanjutnya adalah acara inti yang paling kita tunggu-tunggu, yaitu penyampaian materi sekaligus diskusi yang nantinya juga akan ada sesi tanya jawab setelah kedua pemateri menyampaikan materinya.

Namun sebelumnya saya ingin menyapa para dosen tercinta dan peserta terlebih dahulu..


Yang kami hormati Ketua Program Studi Teknik Industri Ibu Ferida Yuamita, ST. M.Sc
Yang kami hormati ketua pelaksana seminar internal Teknik Industri bapak Suseno, STP, MT
Yang kami hormati Bapak Yohanes Anton Nurgroho  selaku Pemateri I
Yang kami hormati Ibu Widya Setifindari selaku pemateri II
Yang kami hormati Dosen-dosen yang berhadir,
Serta hadirin peserta seminar internal Teknik Industri yang saya sayangi.


Selamat Pagi,  Salam Sejahtera.
Saudara-saudara yang kami hormati, sebagaimana tercantum pada pengumuman, seminar pada kesempatan hari ini akan membahas tentang “Industri dan Pembelajarannya dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”  untuk itu semua tentu sangat membutuhkan informasi sekaligus sebagai upaya menyamakan persepsi, sebagaimana yang kita harapkan bersama pada seminar internal kali ini.
Baca juga: Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Seminar Online atau Webinar

Sebelum penyajian materi, saya akan menyampaikan sedikit pengantar terkait dengan materi yang akan disampaikan oleh penyaji.  Pada dasarnya forum-forum ilmiah seperti ini sangat penting dan menarik untuk kita ikuti, karena banyak sekali informasi penting yang disampaikan penyaji yang biasa kita dapatkan. 
Namun, secara umum penyampaian informasi tersebut akan lebih mudah dipahami apabila diskusi tersebut berjalan dengan efektif. Oleh karena itu diharapkan kepada kita semua untuk dapat memperhatikan dan mengikuti diskusi ini dengan sebaik-baiknya.

Baiklah sebelum pemateri menyampaikan materinya, saya sampaikan beberapa ketentuan acara inti kita, sebagai berikut :

Pemateri kami beri waktu untuk penyampaian materi sekaligus diskusi selama 45 menit.
Selama pemateri menyampaikan materi tidak ada interupsi.
Setelah 2 pemateri menyampaikan materinya, maka akan dibuka sesi tanya jawab.
Demikian peraturan yang akan kita pakai.


Selanjutnya segera kami persilakan kepada pemateri pertama, untuk itu kepada yang terhormat Bapak Yohanes Anton Nurgroho, kami persilakan.. —— terima kasih bapak.

Sebelum sampai pada sesi tanya jawab, selanjutnya kami persilakan kepada ibu Ibu Widya Setifindari, untuk menyampaikan materi kedua. Kepada beliau kami persilakan… terimakasih ibu .

Hadirin yang kami hormati demikianlah kedua materi telah dibawakan oleh bapak Yohanes Anton Nurgroho dan Ibu Widya Setifindari.

Pada materi pertama tadi tentang INDUSTRI DAN PEMBELAJARANNYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI.
Simpulan dari materi tersebut yaitu, ———

Dan pada materi kedua tadi yaitu tentang MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING.
Simpulan dari materi tersebut yaitu, ———
———————————————————————–
Kedua pemateri telah menyampaikan materinya dan selanjutnya kami akan membuka sesi Tanya jawab.
Ada tata cara yang harus ditaati oleh para hadirin sekalian, diantaranya yaitu:
Kepada audience yang ingin bertanya, dipersilakan untuk menyebutkan identitasnya, sebelum bertanya kepada pemateri.

Penanya boleh mengajukan pertanyaan dengan singkat, padat dan jelas serta cukup dengan satu pertanyaan. Baik langsung saja…

Kami ucapkan terimakasih kepada Pemateri yang telah menyampaikan materi dengan luar biasa, *tepuk tangan. Hadirin sekalian, demikianlah acara diskusi pada seminar internal yang membahas tentang “Industri dan Pembelajarannya dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”. Selanjutnya sebelum kita menutup sesi ini, saya akan mencoba menyimpulkan keseluruhan seminar kali ini :


Sebelum kami tutup kali ini, kami mengucapkan terima kasih kepada penyaji yang telah memberikan banyak informasi kepada kita semua.  Dan kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada para audience atas partisipasinya dalam kegiatan diskusi kali ini.

Acara demi acara dalam diskusi kali ini telah dilewati.
Akhirnya, saya Alex Alfandianto selaku moderator mohon undur diri.  Kita bertemu dalam
diskusi-diskusi berikutnya dilain kesempatan.  Terimakasih.

Selamat Pagi,  Salam Sejahtera.



Teks Moderator Seminar Dan Contoh Paragraf Teks Seminar Singkat

Gimana Caranya Jadi Moderator?

  1. Cari Informasi Tentang Narasumber. 
  2. Cari tahu informasi tentang narasumber sebanyak-banyaknya, entah itu melalui internet atau bertanya langsung pada panitia.
  3. Pelajari Materi yang Akan Disampaikan Narasumber.
  4. Berkordinasi dengan Panitia.
  5. Mempersiapkan Peralatan.
  6. Mempersiapkan Teks Jika Diperlukan.

 

Apa Tugas Moderator Dalam Webinar?

Tugas moderator adalah mengendalikan jalannya diskusi, Tugas pertama Moderator adalah membuka jalannya presentasi, diskusi, seminar, lokakarya. memberi arahan kepada peserta.

 

Apa Saja Tugas Moderator Dalam Debat?

Moderator adalah seseorang yang memandu berjalannya debat atau sebuah acara. Tugas moderator dalam debat adalah mengarahkan bagaimana acara berjalan sehingga tidak terjadi perkelahian antara anggota debat, karena saat penyampaian pendapat seringkali terjadi perdebatan di luar aturan atau diluar batas.

 

Apa Perbedaan Moderator Dan Pembawa Acara?

MC biasanya menjadi pemandu dalam rangkaian acara yang sifatnya lebih general, sedangkan moderator menjadi pemandu atau pengatur jalannya acara yang berbentuk diskusi maupun pemaparan dari seorang narasumber.

 

Apa Peran Dari MC Dan Moderator Pada Sebuah Acara?

Berbeda dengan Master of Ceremony (MC) yang bertugas memimpin seluruh acara dari awal sampai akhir, moderator hadir untuk memimpun dan mengatur salah satu sesi di sebuah acara seperti seminar, talkshow, dan debat.




ARTIKEL LAINNYA