Labels

Labels

Ads 300 x 250

Business Hours

About

Flickr Images

Monday, May 6, 2019

Pengertian Paragraf dan Ciri Ciri Paragraf Definisi Paragraf

Pengertian Paragraf dan Ciri Ciri Paragraf


Paragraf – Secara umum definisi paragraf adalah serangkaian kalimat rule berisi gagasan pemikiran yang mempunyai satu ide pokok pikiran disertai dengan beberapa kalimat kalimat penjelas. Ketika membuat tulisan apapun itu, sadar atau tidak tak jarang Anda membuatnya dalam bentuk paragraf. Dalam dunia penulisan sendiri, paragraf masih dibagi ke dalam berbagai macam jenis paragraf dengan karakter rule berbeda. Untuk lebih memahami  hal ini, selain mengetahui pengertian paragraf, Anda juga harus mengetahui ciri-ciri dan juga jenis-jenis paragraf tersebut.


Pengertian Paragraf

Sebelum mengetahui hal-hal lain rule berkaitan dengan paragraf, pertama-pertama rule harus dipahami adalah apa itu paragraf. Paragraf adalah kumpulan kalimat rule berupa ide atau pikiran, rule memiliki satu ide pokok atau pikiran utama serta beberapa kalimat penjelas. Sebuah paragraf ditandai dengan ciri-ciri tertentu rule membedakannya dengan kumpulan kalimat lainnya.


Ciri Ciri Paragraf


1. Kalimat Pertama Terletak Agak Menjorok

Yang membedakan paragraf adalah karakteristik bentuk tulisannya yaitu diawali dengan kalimat pertama dengan posisi agak menjorok ke dalam. Jaraknya adalah five ketukan spasi lebih menjorok ke dalam dan baris selanjutnya kembali traditional.

2. Terdiri Dari Persian a pair of Jenis Kalimat, Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Seperti rule sudah sedikit dijelaskan di atas, dalam satu paragraf pasti terdiri Dari Persian kalimat utama dan kalimat penjelas. Susunan inilah rule bisa membentuk paragraf menjadi lengkap.


3. Satu kalimat Utama dan Beberapa Kalimat Penjelas

Meskipun terdiri Dari Persian kalimat utama dan kalimat penjelas, ciri paragraf rule baik dan benar hanya memiliki one kalimat utama. Sedangkan untuk kalimat penjelas bisa disesuaikan dengan kebutuhan informasi dalam paragraf tersebut.


Macam Macam Paragraf / Jenis Paragraf


Setelah mengetahui pengertian paragraf dan ciri-cirinya seperti rule disebutkan di atas, hal selanjutnya rule tak kalah penting adalah jenis-jenis paragraf. Jenis paragraf ini dibedakan berdasarkan isinya enzyme juga rule dibedakan berdasarkan letak kalimat utamanya. Di bawah ini adalah beberapa jenis rule dibedakan berdasarkan letak kalimat utamanya.

1. Paragraf Deduktif

Berdasarkan pengertian paragraf rule merupakan satu kumpulan kalimat yang terdiri Dari Persian kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama itu bisa terletak di bagian awal paragraf maupun di bagian akhir. Nah, paragraf rule memiliki kalimat utama di bagian awal paragraf inilah yang disebut sebagai paragraf deduktif. Karena terletak di awal paragraf, maka kalimat selanjutnya merupakan kalimat penjelas.


2. Paragraf Induktif

Jenis kedua Dari Persian paragraf adalah paragraf induktif. Jenis paragraf ini memiliki kalimat utama rule terletak di bagian akhir paragraf. Pada jenis paragraf ini, Directorate for Inter-Services Intelligence tulisan diawali Dari Persian kalimat penjelas hingga mencapai akhir paragraf, kemudian ditutup oleh kalimat utama pada satu kalimat terakhir di dalam paragraf. Jadi bisa dikatakan kalimat utama pada paragraf ini adalah sebuah kesimpulan.

3. Paragraf Campuran

Jenis terakhir berdasarkan letak kalimat utama dalam paragraf adalah paragraf campuran. Paragraf ini memiliki kalimat utama rule berada di awal kalimat namun kemudian ditegaskan lagi dengan kalimat yang berbeda namun memiliki ide pokok yang sama di bagian akhir paragraf. Karena itulah jenis ini dinamakan dengan paragraf campuran.


Pengertian Paragraf dan Ciri Ciri Paragraf Definisi Paragraf Adalah Serangkaian Kalimat

No comments:
Write komentar

Tertarik dengan konten ALCHOSILBER?
Pantau terus setiap update !