Labels

Labels

Ads 300 x 250

Business Hours

About

Flickr Images

Thursday, October 31, 2019

Apa Itu Paragraf? Definisi, Contoh Paragraf, Simak Bahasa Indonesia

Definisi paragraf: Paragraf adalah unit penulisan dalam badan kerja yang lebih besar. Paragraf mengungkapkan topik atau tema tertentu.

Apa itu Paragraf?


1.    Paragraf adalah komponen tulisan prosa dan non-fiksi.
Saat menulis esai, makalah penelitian, buku, dll., Paragraf baru diindentasikan untuk menunjukkan permulaannya. Setiap paragraf baru dimulai dengan indentasi baru. Tujuan suatu paragraf adalah untuk mengekspresikan pemikiran pembicara tentang suatu hal tertentu dengan cara yang jelas dan unik untuk paragraf tersebut. Dengan kata lain, paragraf tidak boleh mencampurkan pikiran atau ide. Ketika ide baru diperkenalkan, umumnya, seorang penulis akan memperkenalkan paragraf baru.





2.    Struktur Dasar Paragraf: Cara Layout Paragraf
Dalam penulisan non-fiksi, paragraf tubuh adalah paragraf yang muncul antara pengantar dan kesimpulan.

Paragraf tubuh yang baik akan memiliki yang berikut:
1.     Kalimat Topik
Apa kalimat topiknya? Kalimat topik adalah kalimat pertama dari paragraf tubuh. Sederhananya, kalimat topik memperkenalkan topik paragraf. Kalimat topik yang baik akan cukup luas untuk memungkinkan penjelasan tetapi cukup sempit sehingga tidak membutuhkan paragraf yang terlalu panjang.

2.     Kalimat pendukung
Apa itu kalimat pendukung? Kalimat pendukung paragraf adalah kalimat antara kalimat topik dan kalimat penutup. Kalimat pendukung “mendukung” kalimat topik. Artinya, mereka menjelaskan dan menguraikan poin paragraf.

3.     Kalimat Penutup
Apa itu kalimat penutup? Kalimat penutup adalah kalimat terakhir dalam paragraf. Ini harus secara ringkas mengakhiri paragraf dan transisi ke paragraf berikutnya, jika sesuai.

Fitur Paragraf lainnya
Paragraf yang baik mengandung banyak elemen. Berikut ini beberapa di antaranya.
1.    Persatuan, Koherensi
Seperti disebutkan di atas, ide-ide dalam paragraf harus secara logis cocok bersama. Lebih jauh, mereka harus mengalir dari satu ide ke ide berikutnya. Paragraf harus disusun sedemikian rupa sehingga dibangun dengan tepat. Ini bisa berdasarkan urutan ide atau peristiwa. Selain itu, transisi harus digunakan dari satu kalimat ke kalimat berikutnya yang menghubungkan ide dan konsep.

2.    Pengembangan yang memadai
Agar sebuah paragraf dianggap "memadai" atau "memadai," paragraf tersebut harus dikembangkan dengan baik. Pembaca tidak boleh dibiarkan menginginkan lebih banyak informasi. Demikian pula, paragraf harus menyertakan bukti yang cukup untuk mendukung kalimat topiknya.

3.    Transisi
Paragraf yang baik memiliki transisi antara paragraf sebelumnya dan lanjutan. Transisi ini logis dan verbal. Satu paragraf harus mengalir secara logis ke paragraf berikutnya. Ide-ide dalam tubuh kerja harus diorganisir sehingga setiap paragraf transisi dengan baik ke yang berikutnya. Seharusnya tidak berombak. Selain itu, transisi verbal di dalam dan di antara paragraf akan membantu pembaca bergerak dengan lancar melalui tulisan.

Berapa lama sebuah paragraf?
Tidak ada panjang yang ditentukan untuk paragraf. Beberapa paragraf panjangnya hanya satu kalimat. Namun, paragraf pendek seperti itu harus diserahkan hanya kepada penulis ahli — atau gaya penulisan tertentu. Anda tidak akan menemukan paragraf satu kalimat dalam makalah penelitian atau jurnal akademik.

Paragraf harus cukup panjang untuk mengekspresikan ide yang diberikan (cukup panjang untuk menjelaskan kalimat topik secara menyeluruh). Makalah penelitian dapat meminta paragraf sepuluh kalimat atau lebih lama. Topik keseluruhan penulisan dan konten akan menentukan panjang paragraf. Sayangnya, tidak ada satu pun kalimat dalam satu paragraf yang bagus.

Aturan umum adalah memulai dengan kalimat topik; kembangkan topik itu dengan baik dengan bukti, contoh, dan penjelasan; dan menyimpulkan paragraf dengan tepat.

Ringkasan: Apa itu Paragraf?
Define paragraph: definisi paragraf adalah sekelompok kalimat di mana satu topik dikembangkan.

Singkatnya, paragraf adalah:
1.     unit tulisan
2.     digunakan dalam prosa non-fiksi dan fiksi
bagian tulisan yang mengungkapkan topik tertentu






Apa Itu Paragraf? Definisi, Contoh Paragraf, Simak Bahasa Indonesia



No comments:
Write komentar

Tertarik dengan konten ALCHOSILBER?
Pantau terus setiap update !