Labels

Labels

Ads 300 x 250

Business Hours

About

Flickr Images

Sunday, November 15, 2020

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi yang Baik dan Contoh Paragrafnya

Paragraf merupakan sebagai kumpulan kalimat ataupun group of sentences atau satu kalimat yang membentuk suatu unit. Panjang dan tampilan sesuatu bagian dari karya tulis ilmiah tidaklah kriteria dari sesuatu paragraf.

Sebagai contoh sedikit, suatu paragraf dalam style penyusunan jurnalistik dapat terdiri atas satu kalimat yang cukup panjang (dari titik ke titik).

 

Oleh karena itu, dalam pengertian paragraf wajib dibubuhi dengan Ciri-ciri paragraf pula. Supaya kalimat ataupun kelompok kalimat maupun gabungan kalimat yang menggagas sesuatu ide pokok bisa teridentifikasi dengan baik.

 Baca Juga: KONSEP PARAGRAF, Pengertian Paragraf, Ciri-ciri Paragraf

Berikut Ciri-Ciri Paragraf

  1. Penempatan kata pertama atau kalimat pertama agak menjorok ke dalam sebanyak 1 tab atau 5 spasi untuk jenis karangan dan karya ilmiah.
  2. Menggunakan pikiran utama yang dinyatakan dalam kalimat utama ataupun kalimat topik yang dibahas dalam kalimat tersebut.
  3. Setiap paragraf menggunakan kalimat topik dan selebihnya merupakan kalimat pengembang yang memiliki fungsi untuk mendeskripsikan atau menjelaskan pemikiran utama yang terdapat pada kalimat utama.
  4. Menggunakan gagasan penjelas yang disusun dalam kalimat penjelas. Kalimat penjelas tersebut memiliki isi tentang detail-detail dari kalimat utama. Paragraf tidaklah sekumpulan dari kalimat topik.
  5. Tidak hanya itu pada poin keempat paragraf juga menggunakan sebuah kalimat penjelas dalam tulisan di mana kalimat penjelas tersebut berisikan tentang detail dari kalimat topik. Paragraf merupakan hanya satu kalimat topik dan bukan kumpulan kalimat topic dari kalimat penjelas dan.
  6. Paragraf hanya berisikan 1 kalimat topik serta ada sebagian kalimat penjelas. Tiap kalimat penjelas tersebut berisi tentang detail yang khusus serta tidak mengulang pikiran penjelas yang lainnya.
  7. Di dalam paragraf ada ide pokok ataupun gagasan utama yang terletak pada kalimat utama.
  8. Kalimat berikutnya disebut kalimat penjelas, yang berperan untuk menerangkan isi kalimat utama tadi.
  9. Setidaknya memenuhi paragraf yang baik, seperti: kepaduan (koherensi), kesatuan (kohesi), kevariasian dan kelengkapan.
  10. Dalam paragraf minimal ada 5 kalimat, baik induk kalimat serta anak kalimat, seta tidak jauh dari gagasan yang dikembangkan.

 

Contoh Ciri-Ciri Paragraf

Temuan yang dikemukakan oleh seorang Profesior untuk menghasilkan sesuatu nilai luhur yang dituturkan dalam kebenaran ilahi. [1] Kebenaran ilahi dapat berupa dalam asas- asas yang sama- sama bersangkutan. [2] Manusia bisa menjelaskan secara nyata dalam bermacam hal yang mereka temui setiap hari. [3] Mempunyai cerminan yang cukup teliti terhadap berbagai aneka kejadian yang bakal terjadi. [4] Apalagi sebagian orang memahami alam untuk kemanfaatan dirinya bila memiliki pengetahuan yang bersifat ilmiah. [5] Sehingga bisa meraih kebenaran secara ilmiah serta insani.

 

Baca Juga: Pengertian Paragraf dan Ciri Ciri Paragraf Definisi Paragraf

Paling tidak 5 kalimat yang digunakan dalam satu paragraf, tetapi senantiasa sesuai dengan gagasan ide pokok yang digali.


Nah demikianlah rujukan penjelasan mengenai pengertian paragraf dan ciri-ciri paragraf selengkapnya.

Dalam karya tulis, penggunaan paragraf memanglah sangat umum serta digunakan untuk menjabarkan masing-masing topik yang terdiri dari kalimat utama serta kalimat penjelasanya.


Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi yang Baik dan Contoh Paragrafnya


No comments:
Write komentar

Tertarik dengan konten ALCHOSILBER?
Pantau terus setiap update !