Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog Bisa Lebih Dari Rp 2 Jutaan

Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog Bisa Lebih Dari Rp 2 Jutaan

Konten [Tampil]

Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog Bisa Lebih Dari Rp 2 Jutaan

Perum Bulog Cabang Makassar menawarkan Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog kepada masyarakat luas untuk berteman dengan Rumah Pangan Kita (RPK). Model kerjasama ini adalah dengan menjual produk Bulog seperti beras, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, dan daging sapi dengan harga bersaing.

 

Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog

Kepala Perum Bulog Cabang Makassar, Murniaty Kamase ST MM, mengajak masyarakat Makassar, Maros, Pangkep, Gowa, dan Takalar untuk berteman dengan RPK.

 

Menurut dia, program ini mengajak masyarakat untuk bekerja sama menjadi agen penjual produk Bulog. Bergabunglah bersama kami dan dapatkan Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog.

 

Menurut perempuan asal Enrekang ini, untuk menjadi teman RPK syaratnya mudah. Cukup mendaftar ke Bulog dengan menunjukkan KTP, KK, dan surat rekomendasi izin dari Kelurahan atau RT tempat tinggal Anda. Selain itu, Anda harus melakukan deposit sebesar Rp. 1 juta.

 

Nah, dana tersebut merupakan pengeluaran awal untuk produk Bulog senilai uang tersebut. Adapun yang kami jual, beras 'Kita' kualitas medium kemasan 10 kg seharga Rp. 85.000, beras premium kemasan 5 kg seharga Rp. 50.000, minyak goreng 'Kita' seharga Rp. 12.500 per liter, tepung terigu 'Kita' seharga Rp. 7.000 per kg, dan gula.” Kami” Rp 11.000 per kg.

 

Lebih lanjut, Murniaty yang sebelumnya bertugas di Jakarta memiliki kelebihan yaitu barang yang dijual memiliki harga yang lebih murah dan terdapat selisih harga sebagai keuntungan bagi teman-teman RPK.

 

Harga tersebut memiliki selisih hingga Rp 500 per kg dibandingkan dengan harga pasar. Sedangkan harga beli dari Bulog terdapat perbedaan Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog.

Penjelasan: Cara Beli Beras Bulog Dengan Harga Rp 8.300

Program Agen RPK Bulog

Program RPK ini, kata dia, sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga yang di rumah ingin menjual kebutuhan pokok seperti beras. Model bisnis ini juga cocok untuk meningkatkan Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog.

 

Jika barang dagangan habis, Bulog akan mengirimkannya langsung ke rumah atau bisa diambil langsung di kantor Bulog.

 

Kualitas barang sama dengan yang lain, seperti minyak goreng dan gula pasir, kami memiliki distributor dari pusat yang mensuplainya. Termasuk daerah seperti Sidrap untuk beras.

 

Murniaty menambahkan, tujuan hadirnya RPK ini semata-mata untuk membantu masyarakat membuka usaha. Ia juga berharap Perum Bulog terus berkembang dan semakin dikenal.

 

Sehingga anda mendapatkan Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog termasuk kualitas beras yang mampu bersaing dipasaran.

 

Menjadi sahabat RPK juga tidak serumit yang ia bayangkan. Setelah dipastikan lokasinya cocok untuk menjalankan usaha sembako, Rapi mendapatkan spanduk RPK yang diikatkan di pagar rumahnya.

 

Harga Beras dari Agen RPK

Harga beras medium adalah Rp. 9.500/kg atau Rp. 47.500/5 kg, beras premium Rp. 10.300/kg atau Rp. 51.500/5 kg, gula pasir Rp. 12.500/kg dan minyak goreng Rp. 11.000/kg. Yang paling banyak dicari adalah beras dan minyak goreng, lumayan untuk membantu kebutuhan rumah tangga.

 

Dalam perjalanannya, bisnis yang baru dirintis Rapi satu bulan sebelum pensiun terus berkembang. Awalnya, dia hanya melakukan satu kali transaksi Rp 5 juta/bulan.

 

Namun kini sudah menjadi tiga transaksi per bulan dengan potensi Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog sekitar 40 persen. “Dalam satu bulan, keuntungan saya lebih dari Rp 2 juta. Dan sebenarnya kami tidak mengeluarkan modal apapun.

 

Sebab, menurut Rapi, Bulog berkepentingan dengan mitra yang menjalankan usahanya secara berkelanjutan. Pola insentif diberikan dengan menerapkan konsinyasi.

Penjelasan: Berapa Modal Usaha Beras? Cukup 4 Jutaan

Artinya, Rapi hanya membayar produk makanan yang dijual. Bulog juga memberikan batas waktu pembayaran dalam dua hari ke depan, meskipun produk sampai di rumah terlebih dahulu.

 

Meski begitu, Rapi tak tinggal diam. Setiap minggu, Rapi rutin menjajakan produk makanan RPK ini di mobilnya usai misa di gerejanya. Dia tidak merasa malu sedikit pun untuk memperkenalkan makanan pokok kepada jemaahnya.

 

Konsumen berpikir sederhana, tentang bagaimana mendapatkan harga pangan yang relatif murah dengan mudah. Jika kita tidak rajin memperkenalkannya, orang tidak akan tahu bahwa ada produk makanan murah yang tetap menjaga kualitas.

 

Hingga Bank Negara Indonesia (Tbk) dan Kementerian Sosial datang ke kediamannya. Singkat cerita, Rapi didaulat menjadi 'agen' beras rakyat sejahtera (rasta) melalui program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

 

Rapi mendapat jatah rasta untuk melayani 268 kepala keluarga. Mekanismenya, setiap penerima manfaat mendapat 20 kg beras dan 4 kg gula pasir atau setara Rp. 220.000 untuk kebutuhan dua bulan.

 

Namun, untuk menebusnya, mereka harus memiliki kartu identitas pribadi dan juga kartu debit.

 

Untuk paket Bantuan Pangan Non Tunai ini saya salurkan melalui kecamatan, karena pendistribusian dilakukan di kecamatan setelah itu disalurkan ke Kelurahan.

 

Jaringan Distribusi Bulog Melalui RPK

Manajemen Bulog menargetkan membangun jaringan distribusi melalui RPK hingga 100.000 pada 2019. Adapun saat ini, upaya pemerintah untuk memutus rantai distribusi pangan telah mencapai 18.000 RPK.

 

Tata Cara dan Persyaratan Pendaftaran Agen RPK Bulog

RPK atau yang merupakan singkatan dari Rumah Pangan Kita merupakan bentuk kerjasama antara Bulog dengan agen distributor yang kemudian menjual kembali bahan-bahan pokok seperti Beras Kami, Daging, Gula Kami, Minyak Goreng Kami, Bawang Merah Kami, Bawang Putih Kami dan selanjutnya RPK milik masyarakat ini adalah dibina oleh Bulog.

 

Program ini cukup diminati masyarakat karena selain bisa mendapatkan Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog dari margin penjualan, masyarakat juga terbantu dengan harga yang diberikan Bulog, dengan subsidi dari pemerintah sendiri.

1.  Pendaftaran melalui Mobile Android Apps: Daftar Sekarang
Pendaftaran Offline di Kantor Perum BULOG Divre/Subdivre terdekat di kota Anda

2.  Mengisi formulir permohonan sebagai sahabat RPK baik online atau offline

3.  Melengkapi persyaratan administrasi seperti:

o    Fotokopi KTP/SIM

o    Surat Keterangan Domisili dari RT/RW/Kelurahan

o    Surat Izin Usaha (untuk kedai/toko)

o    Fotokopi SIUP/Surat Izin Usaha dan NPWP (untuk Koperasi/Ormas/Perusahaan/Kelembagaan lainnya)

4.  Verifikasi & Survey Lokasi

5.  Penetapan menjadi Sahabat RPK

6.  Pembelanjaan awal

 

Pendaftaran RPK Gratis dan tidak dipungut biaya

Setelah melengkapi dokumen, Anda dapat mengunjungi kantor Bulog terdekat dan mengisi formulir permohonan RPK (perorangan/toko/toko/koperasi/organisasi/perusahaan).

 

Syarat lain yang harus Anda capai adalah Anda harus sudah memiliki tempat untuk outlet penjualan baik itu skala perorangan, toko, ruko, koperasi, ormas, atau perusahaan dan pembelian pertama minimal jumlah yang telah ditentukan.

 

Relatif Stabil

Berdasarkan pantauan Pasar Upah Purwokerto, harga kebutuhan pokok masyarakat, seperti beras, cenderung stabil. Harga beras medium IR 64 berkisar Rp. 8.500 sampai Rp. 9.000 per kilogram, disusul beras ketan yang berkisar Rp. 11.500 - Rp. 12.000 per kilogram, sedangkan beras Pandanwangi Rp. 12.500 per kilogram.

 

Bupati Banyumas Achmad Husein saat memantau harga dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat selama Ramadhan di Pasar Manis dan Pasar Wage Purwokerto bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Banyumas menjelaskan, hasil pemantauan menunjukkan harga relatif stabil.

 

Beberapa komoditas yang cenderung naik antara lain daging ayam, cabai merah, dan buah-buahan. Harga kebutuhan pokok rata-rata stabil, kecuali ayam. Kenaikannya sekitar 10 persen, kata Bupati di sela-sela pemantauan harga di Pasar Manis.

 

Akhir Kata

Ketika Anda memiliki toko atau toko harian yang menjual beras, salah satu Keuntungan Jadi Agen RPK Bulog adalah Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan harga beras Bulog yang jauh lebih murah sehingga akan memberikan margin keuntungan yang lebih besar untuk menjadi Agen RPK Bulog untuk Anda.

 

Itu saja yang dapat dikatakan tentang bagaimana menjadi distributor Agen RPK Bulog dan membeli beras dari Bulog. Semoga dapat memberikan informasi kepada anda, silahkan bagikan artikel ini kepada yang lain jika dirasa bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

 

Sumber: fajar.co.id, kumparan.com, bulog.co.id, banyumas.suaramerdeka.com dan kosngosan.com