Apa yang Dimaksud dengan Pre-Chorus Secara Musikalitas dan Lirikal?

Apa yang Dimaksud dengan Pre-Chorus Secara Musikalitas dan Lirikal?

Konten [Tampil]

Apa yang Dimaksud dengan Pre-Chorus Secara Musikalitas dan Lirikal?

Apa yang Dimaksud dengan Pre-Chorus? Salah satu keluhan yang sering dilontarkan pendengar adalah lagunya yang monoton. Suatu lagu yang monoton dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah pendengar tidak dapat membedakan mana yang Verse dan mana yang Chorus. Apakah semua ini terkait dengan lagu Anda?

 

Pre-Chorus supaya Verse Terdengar Beda

Salah satu langkah yang bisa kita gunakan untuk memperkenalkan dinamika aliran lagu adalah dengan menggunakan Pre-Chorus. Bisa jadi banyak dari kalian yang kurang jelas, apa itu Pre-Chorus dan apa kegunaannya? Kapan saya harus menggunakan Pre-Chorus, apakah wajib atau ada atau tidak?

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Musikalisasi Puisi yang Berkualitas?

Saya pernah menghadapi fase di mana semua lagu yang saya tulis harus memiliki Pre-Chorus. Hasil langsung yang saya alami adalah durasi lagu saya menjadi lama (sekitar 4-5 menit). Perlu waktu bagi saya untuk menyesuaikan diri dengan penulisan tanpa Pre-Chorus atau membuat pendek agar durasinya lebih komersil (antara 3-4 menit, buat radio).

 

Apa Yang Diartikan Dengan Pre Chorus?

Pre-Chorus adalah jembatan antara Verse dan Chorus. Sebuah jembatan berfungsi untuk menghubungkan 2 tempat dengan ketinggian yang berbeda. Begitu pula dengan Pre-Chorus, tugas utamanya adalah menciptakan aliran dinamis yang aman untuk didengar, baik secara musik maupun lirik.

 

Pre-Chorus Secara Musikalitas

Pre-Chorus dapat menjembatani progresi akor antara Verse dan Chorus. Jika Verse Anda berakhir dengan akor tonik (adalah akor C Mayor pada skala C Mayor), dan Chorus Anda dimulai dengan akor yang sama, memperkenalkan Pra-Chorus dapat membuat lagu Anda lebih dinamis.

Baca Juga: Penyebab Telur Lambat Menetas Karena Kelembaban Tidak Stabil

Contoh Pre-Chorus Musikalitas:

  • Verse: Dm - G - C
  • Chorus: C - F - G

Anda mencoba untuk bermain dan mendengar hasilnya. Sulit untuk mengatakan kapan Chorus masuk kan? Sekarang, Pre-Chorus dapat membantu menjembatani dengan meningkatkan:

  • Pre-Chorus: Am - F - G

Pastikan Pre-Chorus Anda berakhir dengan akord yang kokoh untuk melanjutkan ke akord tonik di awal Chorus!

 

Pre-Chorus Secara Lirikal

Anda juga dapat menggunakan Pre-Chorus untuk menyampaikan lirik yang bertransisi antara Ayat naratif / deskriptif (menceritakan tentang kondisi) ke Chorus yang emosional (bernyanyi tentang perasaan).

Baca Juga: Bagaimana Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri Ke Bank BRI?

Khususnya, ketika Anda ingin membuat lagu dengan durasi pendek, menaikkan 2 Verse bisa terasa sangat lama, jadi Pre-Chorus dengan warna progresi akor yang lebih ketat dan lirik yang mulai membuat emosi adalah solusi yang tepat!


ARTIKEL LAINNYA