Bagaimana Cara Membuat Musikalisasi Puisi yang Berkualitas?

Bagaimana Cara Membuat Musikalisasi Puisi yang Berkualitas?

Konten [Tampil]

Bagaimana Cara Membuat Musikalisasi Puisi yang Berkualitas?

Cara Membuat Musikalisasi Puisi - Dalam membuat musik puisi yang berkualitas, kita harus memperhatikan dengan baik langkah-langkah pembuatannya. Mulai dari pemilihan atau kreasipuisi hingga memastikan iringan not-not beserta tempo yang sangat pas.

 

Nah, makin penasaran dengan apa yang harus kamu coba agar bisa menghasilkan musikal puisi yang berkualitas? Ikuti saja pembahasannya atas dasar ini.

 

Langkah-langkah Membuat Musikal Puisi

Siapkan pendorong

Yups. Inilah modal awal yang wajib Anda miliki. Siapkan puisi sebagai bahan musikalisasi. Puisi dapat diambil dari karya-karya yang ada untuk teman baik (selalu sertakan bukti dari diri penulisnya).

 

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Pre-Chorus Secara Musikalitas dan Lirikal

 

Namun ada baiknya teman-teman membuat sendiri agar lebih kreatif dan mudah berbaur dengan perasaan yang terkandung di dalam puisi yang akan memudahkan Anda dalam menghasilkan note yang menyertainya.

 

Menguasai Isi atau Makna Puisi

Nah, poin kedua ini juga sangat berarti dalam membuat musik puisi yang berkualitas. Penjelasan dan tafsir yang baik tentang puisi yang akan diislamkan itu mutlak sehingga memiliki kualitas musik yang ingin kita buat nanti.

 

Secara garis besar, beberapa hal yang harus Anda pahami dalam sebuah puisi adalah sebagai berikut:

  1. Tema puisi
  2. Suasana unggas
  3. Pikiran pengarang dari tujuan puisinya
  4. Bunyi vokal atau akhir konsonan yang mendominasi puisi (jika ada)
  5. Kata-kata atau kalimat yang sulit dalam puisi dapat berupa tafsirnya

 

Menentukan Perlengkapan Musik Pengiring

Langkah selanjutnya tentunya harus mempersiapkan dan memastikan peralatan musik apa yang ingin digunakan sebagai alat pengiring dalam pembuatan puisi musik.

 

Selain itu, pastikan Anda atau salah satu teman Anda (jika dalam kelompok) dapat memainkan setidaknya beberapa peralatan musik yang ingin Anda jadikan sebagai pengiring nanti. Terus mahir memainkan alat musiknya agar aransemennya bagus.

 

Sebagai referensi bonus, umumnya alat musik yang cocok untuk pembuatan musik puisi adalah alat musik dengan nada yang lembut dan merdu seperti gitar, biola, piano, harmonika, dll. Jangan bersuara keras atau agresif seperti drum, drum, gitar elektrik (rock, metal), dan sebagainya.

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Idiom, Proverb, Slang, Frasa dan Expression?

 

Mulai Menghasilkan Pengiring

Setelah Anda memutuskan alat musik apa yang ingin Anda gunakan sebagai media musik untuk puisi Anda. Saatnya sobat mulai masuk untuk menghasilkan not-not yang tepat untuk musiknya.

 

Untuk itu, Anda harus paham betul bagaimana ciri-ciri puisi musikal yang Anda inginkan untuk teman-teman. Apakah puisi dengan nada sedih, suka cita, semangat, atau yang lainnya.

 

Jadi, untuk membuat not-notnya, Anda bisa menemukannya terlebih dahulu dengan menentukan not-notnya terlebih dahulu. Dimulai dengan nada dasar, tempo, dan pola ketukan apa, Anda juga harus bisa menemukannya dengan cepat.

 

Untuk gitar misalnya, sobat bisa mencari tune dengan cara-cara seperti mencari chord lagu terlebih dahulu atau mencari nada bass, atau melodi yang berasal dari urutan tangga nada yang sederhana tapi benar.

 

Sebagai alternatif, Anda dapat memainkan petikan gitar dari beberapa bentuk akor, yang mungkin sangat membantu bagi teman yang tidak terlalu memahami tangga nada.

 

Tantangan tersulit dalam memproduksi musik puisi biasanya terdapat pada sesi ini. Dimana untuk meracik nada musik puisi yang bagus, terkadang tidak semudah mencari atau membuat sebuah lagu pengiring karena ciri pembacaan puisi tersebut berbeda dengan penampilan lagu tersebut, baik dari segi pelafalan atau gayanya, atau nadanya.

 

Baca Juga: Contoh Teks Moderator Seminar Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa penyajian atau pembacaan puisi yang terkesan bernada “datar” akan sedikit menyulitkan kita untuk menentukan nada dan tempo pengiring yang sangat cocok. Menarik memang, disinilah perasaan kita benar-benar terasah.

 

Peragaan Karya Musikalisasi Puisi

Nah, langkah terakhir pasti menampilkan hasil musikalisasi puisi yang sudah Anda buat. Baik atau tidaknya, biarlah penonton yang memperhatikan, jangan khawatir atau tidak percaya diri untuk menampilkan karya Anda, apalagi jika Anda diwajibkan untuk membawakannya sendiri.

 

Tunjukkan pada saya yang terbaik yang bisa Anda jalani. Dengan segala persiapan baik yang sudah Anda lakukan, Insya Allah hasilnya akan lebih optimal. Terlebih lagi jika sobat memainkannya dengan penuh apresiasi.

 

Inilah langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk membuat musik puisi yang berkualitas. Semoga apa yang penulis kemukakan dapat menjadi bahan referensi yang cukup bagi sobat yang berencana membuat sebuah karya puisi musik.

Post a Comment

0 Comments