Prospek Kerja Teknik Industri dan Gaji Teknik Industri di Indonesia

Prospek Kerja Teknik Industri dan Gaji Teknik Industri di Indonesia

Konten [Tampil]

Prospek Kerja Teknik Industri dan Gaji Teknik Industri di Indonesia

Prospek kerja teknik industri itu sangat luas sekali, ya satu alasan kenapa teknik industri sangat diminati di perguruan tinggi pada saat ini. Bagaimana tidak, prospek kerja teknik industri sangat luas sekali, seperti: bidang manufaktur, bidang merchandising, bidang manajemen industri, bidang ekonomi, bidang komputer dan bidang sistem produksi pada industri.

 

Teknik industri merupakan jurusan teknik interdisipliner, banyak sarjana teknik industri yang dianggap paling serba bisa. Tidak heran sih, jika prospek lulusan sarjana teknik industri memiliki lapangan kerja yang sangat luas.

 

Apa Prospek Lulusan Sarjana Teknik Industri?

Manajer Teknik

Manajer teknik merupakan definisi perusahaan dengan prospek kerja yang sangat baik. Alumni industri biasanya sering menjadi di manajer teknik di suatu perusahaan. Pada umumnya jabatan manajer teknik bisa kamu peroleh setelah kamu lulus sarjana teknik industri, dengan pengalaman minimal 5 tahun bekerja di bidang teknik.

 

Baca Juga: Daftar Perusahaan Manufaktur untuk Magang dan PKL di Jakarta

 

Peluang kerja teknik industri bukanlah suatu hal yang sangat mudah apalagi bagi fresh graduate, tetapi pekerjaan itu sangat sepadan dengan ilmu yang kamu raih dengan pengalaman yang kamu miliki. Gaji manager teknik di industri suatu perusahaan untuk kriteria di indonesia berkisar 4 sampai 10 juta perbulan. Cukup besar bukan?

 

Manajer teknik mempunyai tugas dan peran penting seperti rencana kerja atau manajemen proyek. Tanggung jawab manajer teknik memastikan dan mengamati proyek penting serta tugas-tugas teknik lainnya. Selain menguasai pekerjaan di dalam manajerial teknik industri, manajer teknik juga mempunyai skill problem solving yang sangat baik untuk menyelesaikan masalah serta tanggung jawab manajerial.

 

Manajer Proyek

Manajer proyek ini tak kalah menggiurkan, seorang manajer proyek memiliki tanggung jawab yang besar seperti: merencanakan proyek, mengatur proyek, serta menuntaskan proyek. Manajer proyek juga mempunyai kewajiban dan memastikan bahwa proyek itu tepat waktu, sesuai dengan anggaran, sesuai dengan penerapan kerja dengan ketepatan yang sangat sempurna.

 

Baca Juga: Daftar Perusahaan Manufaktur di Jogja untuk Magang dan Kerja Praktik

 

Tim di dalam manajer proyek, biasanya lebih besar daripada tim di bawah seorang manajer teknik. Skill komunikasi yang sangat baik dibutuhkan pada manajer proyek. Kenapa komunikasi sangat penting dan karena komunikasi dibutuhkan untuk anggota tim, pekerjaan teknik industri yang satu ini membutuhkan skill komunikasi yang baik karena harus mengatur dan memanajeri para stakeholder di setiap lapangan kerja.

 

Bagaimana dengan gaji manajer proyek? Pengalaman yang didapat kerja sebagai manajer proyek, memiliki peran penting dan sangat diandalkan sehingga, gaji yang dibayarkan oleh seorang manajer proyek memiliki kisaran 4 sampai 17 juta perbulan. Gaji ini sangat menggiurkan bukan? Makanya kuliah di jurusan teknik industri.

 

Quality Control

Quality control masuk dalam pelajaran manajemen mutu atau manajemen kualitas. Tugas quality control adalah memastikan produk yang dihasilkan dari suatu proses produksi benar-benar menerapkan standar ISO. Tugas quality control memastikan apakah produk sudah dikatakan baik atau masih dalam kondisi cacat.

 

Lulusan teknik industri bekerja menjadi quality control atau disebut teknik quality control tugasnya adalah memeriksa produk yang akan dilepas ke pasar sudah memenuhi standar yang ditentukan apa belum.

 

Berapa gaji seorang quality control dan prospek kerja jadi teknik industri bagian quality control? Di indonesia sendiri yang diberikan ke manajer quality control berkisar antara 1 sampai 10 juta perbulan. Cukup besar bukan?


Baca Juga: Daftar Perusahaan Startup di Jogja yang bisa buat Magang

 

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) menjadi kerjaan yang paling dicari sarjana teknik industri. Karena memiliki peran mencegah kecelakaan kerja maupun berbagai kecelakaan pada SOP kerja yang ditimbulkan dari lingkungan kerja yang tidak ergonomis. 

 

Selain menerbitkan dokumen K3 untuk mengatur keamanan kerja, prospek teknik industri dalam bidang K3 ini mencakup seperti: inspeksi, investigasi kecelakaan kerja pelatihan kerja training kerja dan pengembangan SDM. Pada umumnya manajer K3 bertanggungjawab dan menganalisis lokasi proyek serta menerbitkan prosedur kerja, agar pekerjaan tetap aman dan semua pekerja dapat bekerja dengan baik, sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan ergonomic.

 

Pekerjaan K3 dalam dalam industri ini mampu menghasilkan karya serta proyek yang sangat luar biasa, sehingga manajer K3 memiliki kisaran gaji antara 1 sampai 11 juta perbulan. Tentu saja, skill dan pengalaman untuk mengemban jabatan manajer K3 memiliki beban penting dalam menentukan besaran gaji yang diperoleh.

 

Analisis Produksi

Pernah dengar analisis produksi? Tentunya hal ini masuk dalam ekonomi teknik dan bisnis marketing dalam teknik industri yang disebut adalah analisis produk. Analisis dalam teknik industri memerlukan kemampuan analisis yang dapat menyimpulkan data, pasar, kualitas bahan, dan hasil produksi.

 

Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, analisis produk mengembangkan strategi marketing yang nantinya produk tersebut dapat diterima pasar atau ditolak pasar. Tugas produk analisis sangat berat yaitu harus mengerti tren industri apa yang terjadi pada saat itu, agar nantinya perusahaan dapat memperoleh tujuan keuntungan yang besar. Apakah pekerjaan ini menarik buat kamu?

 

Baca Juga: Daftar Perusahaan Industri di Cilacap Bisa Buat Magang Mahasiswa

 

Produksi sama dengan pengendalian kualitas produksi, pada kerjaan ini kamu harus merawat alat-alat produksi sehingga manajemen penjadwalan produksi di seluruhnya menjadi tugas analisis produksi. Tak heran jika gaji analisis produksi yang dibayarkan sangat besar yaitu kisaran 2 sampai 11 juta perbulan.

 

Penutup dan Saran

Sebenarnya, ada banyak lagi hal yang menjadi prospek lulusan teknik industri saat ini barangkali 5 tahun ke depan akan ada lagi prospek teknik industri di dalam perusahaan yang bisa menghasilkan produktivitas serta keuntungan yang besar.

 

Buat kamu yang kuliah teknik industri tetap jalani serta perbanyak skill, perbanyak ilmu, dan networking itu sangat penting. Cukup sekian penjelasan dari saya, apa itu prospek lulusan teknik industri dan besaran gaji yang diterima lulusan teknik industri.