14 Cara Meningkatkan SEO Website, Coba Daftarkan Google News!

14 Cara Meningkatkan SEO Website, Coba Daftarkan Google News!

Konten [Tampil]

14 Cara Meningkatkan SEO Website, Coba Daftarkan Google News!

Hey Sahabat Alchosilber, Pernahkah blog kamu memperoleh hasil pencarian paling atas Google, bukankah itu merupakan tujuan dari seluruh pemilik blog. Semakin teratas peringkat di hasil pencarian mesin pencari Google, maka semakin banyak trafik blog yang diperoleh.

 

Bagi pemilik web toko online, trafik yang tinggi maka semakin banyak pengunjung yang bisa diganti jadi prospek ataupun konsumen. Untuk blogger, trafik tinggi berarti mereka bisa mendaftar ke Google AdSense ataupun jadi partern kerjasama content placement.

 

Baca Juga: 5 Cara Awal Agar Blog Cepat Terindex Google, Bing dan Duckduckgo

 

SEO Bertujuan untuk Meningkatkan Trafik Blog

Trafik blog bisa dicapai cuma dengan merilis banyak konten dengan mengoptimalkannya. Sebab dengan begitu, halaman blog Kamu dapat naik ke atas hasil pencarian mesin pencarian. Diperlukan berbagai metode SEO yang efisien bertujuan untuk menaikkan blog/ web Kamu mendapat peringkat serta trafik di hasil pencarian Google. Gimana meningkatkan SEO Blog? Ikuti tips di bawah ini:

 

1. Daftarkan Blog ke Google News

Google News menawarkan bermacam keuntungan untuk pemilik blog apabila sukses jadi bagian dari layanan ini. Buat memperoleh semua manfaat Google News, Kamu perlu bergabung dengan layanan ini terlebih dulu. Secara umum, Kamu cuma perlu menerapkan 2 hal: Mendaftarkan blog Kamu serta memenuhi kriteria yang sudah didetetapkan.

 

Semakin gampang konten Kamu ditemui, semakin tinggi bisa jadi blog Kamu akan dikunjungi. Tidak cuma itu, pengunjung blog Kamu dapat ditentukan berasal dari trafik yang berkelas.

 

Manfaat Google News merupakan berita baik, kamu tidak perlu submit URL artikel ke Google Search Console (Central), cukup posting artikel di blog, tunggu dan dipastikan 1 menit sudah terindex Mesin Pencari (Google)

 


Kenapa demikian? Fitur konten yang dipersonalisasi memainkan peran besar dalam perihal ini. Pengguna yang mengunjungi blog Kamu bakal senang karena topik yang Kamu miliki relevan dengan apa yang mereka butuhkan.

 

2. Tambahkan Blog di Google Search Console (Central)

Google Search Console (Central) merupakan platform free untuk pemilik Blog buat memantau kinerja Blog di ranah trafik organik Google.

 

Manfaat Google Search Console (Central) memungkinkan Kamu untuk mengenali domain mana yang memberikan link ke blog Kamu, performa blog di fitur seluler, sampai analisis halaman blog dengan trafik paling tinggi.

 


3. Submit Sitemap di Google Search Console (Central)

Sitemap merupakan daftar semua halaman blog yang bisa diakses oleh pengunjung serta mesin pencari. Dengan sitemap, blog Kamu bakal lebih gampang ditemui serta terindeks oleh mesin pencari dengan lebih cepat.

 

Manfaat Sitemap tersebut juga bakal memberi tahu mesin pencari apabila ada perubahan struktural pada Blog tersebut. Membuat Sitemap mencakup metode SEO dasar namun sangat penting.

 

Terdapat 2 tipe Sitemap, ialah Sitemap XML, serta Sitemap HTML. Sitemap XML merupakan Sitemap yang diakses oleh mesin pencari, sebaliknya Sitemap HTML merupakan yang diakses oleh pengunjung.

Baca Juga: Ngeblog Apa Bisa Kaya? Sebenarnya Apa Keuntungan Ngeblog?

4. Instal serta Daftarkan Google Analytics

Tidak hanya memasang Google Search Console (Central), Kamu juga perlu memasang Google Analytics. Google Search Console serta Google Analytics mempunyai fungsi yang berbeda.

 

Fungsi utama Google Analytics merupakan untuk mengenali perilaku pengunjung Blog.

 


Dengan Google Analytics, Kamu bisa mengenali pergerakan pengunjung dari halaman pertama mereka mengunjungi halaman apa mereka menutup blog Kamu. Tidak hanya itu, Google Analytics pula bakal menolong Kamu mengenali halaman mana yang menciptakan konversi sangat banyak serta mana yang kurang maksimal.

 

5. Tingkatkan Loading Speed Blog

Salah satu hal yang sangat dibenci pengunjung Blog merupakan loading yang lambat. Loading blog yang lama membuat pengunjung blog terganggu serta akhirnya mencari blog lain yang dapat memberikan informasi lebih cepat.

 

Tidak peduli seberapa bagus konten yang Kamu buat, pengunjung Blog tidak mempunyai toleransi terhadap pemuatan yang lambat. Bagi Google, 53 persen pengguna internet meninggalkan Blog yang memuat loadingnya lebih dari 3 detik.

 


Tidak hanya itu, 79 persen orang yang kecewa dengan Blog yang memuat loadingnya lama berkata kalau mereka tidak hendak kembali ke Blog tersebut lagi.

Manfaat Meningkatkan kecepatan blog ialah salah satu cara SEO On-Page yang harus dilakukan dalam dunia SEO.

 

6. Riset Keyword

Tidak menerapkan riset Keyword saat sebelum membuat konten ialah kesalahan parah untuk pemilik website serta blog.

Manfaat Riset Keyword bakal menolong Kamu mendapatkan Keyword yang relevan buat pembaca Kamu. Ada 5 indikator riset Keyword yang perlu Kamu perhatikan ialah volume pencarian, tingkat kesusahan Keyword, anjuran Keyword, SERP, serta maksud pencarian.

 


Pertama, volume pencarian merupakan banyaknya pencarian Keyword dalam jangka waktu tertentu. Kedua, tingkat kesusahan Keyword menampilkan tingkatan kesusahan sesuatu Keyword untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.

Baca Juga: Apa itu Blogger? Memahami dan Menelusuri Sejarah Blogger

7. Targetkan Keywords Long-Tail

Terdapat 2 tipe Keywords menurut jumlah kata di dalamnya, ialah Keywords Short-Tail serta Keywords Long-Tail. Keywords Short-Tail merupakan Keywords yang terdiri dari satu ataupun dua kata seperti “buat blog“ dan “buat Web"

 

Di sisi lain Keywords Long-Tail merupakan Keywords yang terdiri dari tiga kata ataupun lebih seperti “cara membuat web dengan Blogger“ dan “cara membuat web dengan Drupal".

 

Volume pencarian untuk Keywords Long-Tail cenderung lebih kecil daripada Keywords Short-Tail.

Tetapi, Manfaat Keywords berLong-Tail lebih efisien dalam mendatangkan trafik. Keywords Long-Tail membawa trafik 70 persen lebih besar daripada Keywords Short-Tail.

 

8. Buat Konten yang Lengkap serta Konsisten

Saat orang mencari Keywords di mesin pencari, mereka menginginkan jawaban lengkap yang bisa menuntaskan permasalahan yang mereka hadapi. Google juga menyadari kebutuhan penggunanya serta mulai memprioritaskan konten lengkap buat menempati posisi paling atas dalam hasil pencarian.

 

Kamu bisa memperbanyak ilustrasi, infografis, ataupun video buat melengkapi artikel. Manfaat Media visual konten bakal menolong pembaca untuk menguasai isi artikel Kamu dengan gampang. Jika konsiten dengan konten yang lengkap, bukan tidak mungkin mereka bakal membagikan konten tersebut di media sosial.

 


9. Optimasi Gambar

Meningkatkan gambar ke konten web/blog Kamu ialah langkah yang bagus supaya pengunjung tidak bosan dengan bacaan. 

Tidak hanya itu, manfaat optimasi gambar juga bisa menolong pengunjung untuk menguasai konten Kamu. Tetapi, Kamu juga perlu memaksimalkan gambar yang Kamu unggah supaya tidak memperlambat loading web ataupun blog Kamu.

 

Baca Juga: Cara meningkatkan SEO Website, Coba DaftarkanGoogle News!

 

10. Optimalkan Tautan Internal

Tidak hanya backlink (tautan eksternal), tautan internal pula berfungsi penting dalam optimalisasi SEO. Tautan internal merupakan tautan dari satu halaman ke halaman lain di Blog yang sama.

 

Tautan internal menolong mesin pencari menguasai konteks serta ikatan antara halaman-halaman di Blog. Google memprioritaskan Blog yang kontennya silih terkait serta Kamu bisa menampilkan hubungan antar konten lewat tautan internal.

 

Manfaat Tautan internal secara tidak langsung pula membantu meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di web/blog Kamu. Dengan terdapatnya internal link, pengunjung bakal lebih gampang berpindah ke halaman lain di blog tersebut untuk membaca konten yang berhubungan dengan konten sebelumnya.

 

11. Guest Post

Guest post merupakan menulis artikel bukan buat diterbitkan di blog milik sendiri namun di web/blog orang lain. 

Manfaat Guest post merupakan bisa memusatkan web/website kamu memalui link yang dipasang pada artikel Guest post. Metode ini lumayan efisien untuk memperoleh backlink yang berkelas.

 

Buat menghasilkan backlink berkelas, Kamu mesti memilih dengan teliti Blog yang bakal menerbitkan Guest post Kamu. Pilihlah blog ataupun web yang kualitasnya jauh lebih baik dari milik Kamu, baik dari segi trafik ataupun rating domain. Kamu bisa bekerja sama dengan blogger influencer ataupun media online buat menerapkan Guest Post.

 

12. Perbaiki Tautan Broken Link

Coba perhatikan artikel-artikel yang telah Kamu terbitkan satu per satu. Nyaris seluruh postingan tersebut mungkin besar memiliki link, baik internal link ataupun external link. Niat awal Kamu untuk menempatkan tautan ini merupakan untuk mempermudah pengunjung Blog berpindah dari satu halaman ke halaman lain ataupun buat mengakses sumber informasi dari blog lain.

 

Sayangnya, terkadang tautan ini kedaluwarsa. 

Manfaat memperbaiki Broken Link yang kadaluarsa merupakan buat menanggulangi pengunjung masuk ke halaman yang tidak pantas atau bahkan error 404 halaman kesalahan. Perihal ini bisa menurunkan kualitas pengalaman pengunjung.

 

13. Optimasi Tag Meta

Manfaat Optimasi Tag Meta merupakan konten yang hanya sebagian kecil bakal dimunculkan di hasil pencarian. Hasil pencarian tersebut hanya menunjukkan tag meta yang terdiri dari tag judul, tag link serta tag deskripsi.

 


Pertama, tag judul merupakan judul artikel Kamu yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak boleh sangat panjang sebab Google bakal memotongnya serta menyesuaikannya dengan standarnya sesuai serach intent.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO Di Blogspot Lengkap 100% Praktik Bukan Asumsi

Kedua, meta description merupakan teks singkat yang berisi ringkasan konten Kamu di hasil pencarian. Teks ini terletak pas di bawah judul artikel serta URL. Deskripsi meta umumnya terdiri dari 110 sampai 120 karakter.

 

14. Perbarui Konten Lama

Secara konsisten membuat konten baru buat Blog ataupun web Kamu memang merupakan langkah yang baik. Tetapi, bukan berarti Kamu dapat mengabaikan konten lama yang telah Kamu publikasikan. Dapat jadi konten merupakan sumber trafik yang tidak kalah dengan konten baru.

 

Bisa jadi banyak konten lama yang performanya masih dapat ditingkatkan. 

Manfaat memperbarui serta memaksimalkan konten lama merupakan sebagai penilaian untuk memastikan konten mana yang berpotensi menghasilkan trafik tinggi serta rendah.

 

Kamu bisa melakukan penilaian ini menggunakan dukungan Google Search Console. Lewat Google Search Console, Kamu dapat mengenali performa tiap halaman blog di hasil pencarian.

 

Kesimpulan

Mempraktikkan serangkaian metode SEO memang memerlukan banyak waktu. Perlu kesabaran serta konsistensi buat memperoleh hasil yang memuaskan dari 15 metode SEO di atas. Jadi persiapkan tenaga Kamu buat menempuh proses panjang dari metode SEO terbaru saat ini. Selamat mencoba metode SEO dari Alchosilber!

Post a Comment

2 Comments

  1. informative dan bermanfaat.....
    thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Pak, semoga bermanfaat, sukses selalu untuk Bapak

      Delete