Cara Beli Beras Bulog Dengan Harga Rp 8.300 per Kilogram

Cara Beli Beras Bulog Dengan Harga Rp 8.300 per Kilogram

Konten [Tampil]

Cara Beli Beras Bulog Dengan Harga Rp 8.300 per Kilogram

BULOG adalah perusahaan publik milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan. Cara Beli Beras Bulog dari lingkup bisnis perusahaan meliputi logistik/pergudangan, survey dan pemberantasan hama penyakit, penyediaan kantong plastik, usaha pengangkutan, perdagangan komoditi pangan dan usaha eceran.

 

Cara Beli Beras Bulog

Sebagai perusahaan yang tetap menjalankan tugas publik dari pemerintah, Cara Beli Beras Bulog terus melakukan kegiatan menjaga Harga Pokok Pembelian gabah, stabilisasi harga, dan harga fundamental, penyaluran beras untuk bansos (Bansos) dan pengelolaan stok pangan.

 

Harga beras di pasaran sering berfluktuasi. Naik turunnya harga beras disebabkan oleh pasokan dan tinggi rendahnya harga gabah di tingkat petani.

 

Namun, tidak demikian dengan Perum Bulog. Cara Beli Beras Bulog terus menyediakan beras dengan harga terjangkau. Jadi jika ingin mencari beras murah silahkan datang langsung ke gudang Bulog terdekat.

 

“Untuk masyarakat yang membutuhkan langsung gudang Bulog, harganya Rp 8.100 per kg. Kalau yang sudah beredar Rp 8.750 per kg. Kami berusaha (supaya) masyarakat mendapatkan kualitas yang baik,” kata Dirut Bulog Budi Waseso (Buwas) saat ditemui di Gudang Bulog. Kelapa Gading, Jakarta.

 

Masyarakat yang ingin tahu Cara Beli Beras Bulog di gudang Bulog ada aturannya. Misalnya, pembelian beras untuk setiap orang akan dibatasi maksimal 50 kg.

 

Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya Bulog untuk mengantisipasi kecurangan oleh oknum yang sengaja mengambil keuntungan besar.

 

Selain itu, Bulog juga rutin menggelar operasi pasar beras murah. Hal ini membuktikan bahwa beras yang dijual Bulog tersebar merata di seluruh Indonesia. Ujung-ujungnya adalah menurunkan harga beras di tingkat eceran.

 

Jika kita bekerja dengan benar, BPS (Badan Pusat Statistik) akan melihatnya di pasar. Kami menyentuh kelompok masyarakat dan BPS tidak mencatat pada akhirnya penilaian Bulog tidak berhasil.

 

Sebagai catatan, Bulog telah menggelontorkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sejak Januari 2018 menjadi 338.502 ton. Bulog rutin menggelontorkan 10.000 ton CBP - 15.000 ton per hari.

Penjelasan: Berapa Modal Usaha Beras? Cukup 4 Jutaan

Ketentuan Harga Beras Bulog

Ketentuan harga beras di gudang adalah Rp 8.100 per kg untuk wilayah I (Jawa, Lampung, Sumsel, Bola, NTB, Sulawesi), Rp 8.600 kg untuk wilayah II (Sumatera kecuali Lampung dan Sumsel, NTT, Kalimantan) sedangkan Rp8.900 kg untuk wilayah III (Maluku, Papua) yang dilakukan untuk waktu yang tidak ditentukan.

 

Bulog Menjalankan Program Ketersediaan Pasokan

Di sisi lain, lanjutnya, Bulog menjalankan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) untuk menyalurkan beras pemerintah dengan harga Rp 8.300/kilogram.

 

Sementara beras medium, beras premium, beras pasir, dan minyak goreng ditawarkan dengan harga yang diklaim di bawah pasar pada umumnya.

 

Total stok minyak goreng 130.000 liter dan beras pasir sekitar 300 ton. Bisa ditambah lagi sesuai kebutuhan. Pabrik Beras Bulog di Blora saat ini sudah beroperasi.

 

Menurut dia, masyarakat tidak perlu panik karena stok pangan untuk kebutuhan Soloraya lebih dari cukup. Pelaku usaha dan UMKM khususnya di bidang kuliner dapat dilayani oleh Bulog.

 

Bagi masyarakat Solo dan sekitarnya yang membutuhkan Cara Beli Beras Bulog seperti pangan, beras, dan sebagainya dapat mengakses pasar online melalui iPanganandotcom. Gudang Distribution Center berlokasi di Ngabean, Kartasura, Sukoharjo.

 

Penghuni dapat mengakses halaman iPanganandotcom kapan saja dengan harga yang terjangkau. Layanan pengiriman tersedia untuk pelanggan.

 

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo mengatakan ada dua hal yang mempengaruhi harga komoditas di pasar, yakni kenaikan harga komoditas global akibat situasi politik eksternal, termasuk perang Rusia-Ukraina. Selanjutnya, konsumsi masyarakat meningkat setiap Ramadhan, mendorong harga komoditas naik.


Produk Utama Bulog

Meski produk utama Bulog adalah beras, namun BUMN ini juga menyediakan bahan dasar lainnya seperti gula pasir, minyak goreng, mie instan, tepung terigu, bumbu masak, kopi, dan lain-lain di toko online, salah satunya platform iPanganandotcom.

 

Cara Beli Beras Bulog bisa melalui ipanganandotcom akan diantar langsung ke rumah pembeli sehingga akan memudahkan dan memastikan pendistribusian komoditas pangan langsung diterima masyarakat tanpa perlu antri ke pasar,” kata Direktur Utama Bulog Budi Waseso. ) dalam pernyataan resmi.

 

ipanganandotcom sudah dapat digunakan oleh masyarakat di tujuh kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Makassar, dan Medan melalui aplikasi Shopee (https://shopee.co.id/ipanganandotcom).

 

Selain menyediakan beras, ipanganandotcom juga menyediakan beberapa kebutuhan pangan lainnya termasuk gula.

Penjelasan: Buka Warung Sembako Modal 5 Juta

Beras Diproduksi Perum BULOG

Selain dapat dibeli melalui ipanganandotcom, Beras Manis kami produksi Perum BULOG dapat dibeli melalui channel online lainnya di official store BULOG https://bit.ly/pangankita_official.

 

Terutama bagi masyarakat yang berdomisili di Jakarta. Cara Beli Beras Bulog dapat dibeli secara offline melalui Rumah Pangan Kita di Jalan Gatot Subroto Kav.59, Jakarta Selatan.

 

Khusus untuk komoditas pangan utama yaitu beras BULOG memiliki stok yang tersimpan di gudang BULOG di seluruh Indonesia dengan total stok 1,4 juta ton dari total kapasitas gudang yang tersedia sebesar 3,8 juta ton.

 

Ketersediaan stok beras akan terus meningkat mengingat akan memasuki musim panen sehingga pasokan beras benar-benar aman untuk kebutuhan masyarakat dalam situasi apapun.


Penjualan Bahan Pokok

Penjualan bahan pokok, baik beras, beras, dan sebagainya dengan harga terjangkau, Cara Beli Beras Bulog dilakukan sebagai upaya stabilisasi harga di pasar.

 

Masyarakat tidak perlu khawatir, Bulog menjamin beras dan kebutuhan pangan lainnya tersedia di masyarakat meski tiba-tiba terjadi lonjakan permintaan. BULOG akan menggunakan semua instrumen yang ada untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut,” kata Buwas.

 

Kemudian, Buwas menjelaskan, saat ini stok beras di gudang Bulog mencapai 1,4 juta ton. Namun, memasuki panen raya pada April-Mei, stok akan terus bertambah. Saat ini saja Bulog menyerap 100.000 ton beras hasil panen petani dalam negeri.

 

3 Cara Beli Beras Bulog

1. Ipanganandotcom

Akun marketplace resmi Shopee BULOG bekerja sama dengan Storsend Indonesia. Akses ipangandotcom melalui aplikasi Shopee. Tidak hanya beras yang dijual oleh BULOG tetapi berbagai jenis beras dan bahan pokok lainnya juga tersedia di sini.

 

Ipanganandotcom melayani pembelian retail, tapi jangan khawatir yang ingin tahu Cara Beli Beras Bulog bisa melalui grosir Ipanganan di Shopee juga.

 

Menariknya, semua produk di sini dijual gratis termasuk gratis ongkos kirim. Namun, tidak semua wilayah di Indonesia dapat dilayani melalui Ipanganandotcom karena gudang distribusinya hanya ada di Medan, Jakarta, Karawang, Bandung, Bogor, Semarang, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

 

2. BULOG Official Store

Selain melalui akun resmi Ipangandotcom di aplikasi shopee, Cara Beli Beras Bulog bisa melalui Official Store BULOG di marketplace lain seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Ralali, dan lain-lain.

 

BULOG Official Store dikelola langsung oleh BULOG sendiri. Akun Official Store sendiri memang lebih beragam karena banyak BULOG daerah yang sudah memiliki akun marketplace sendiri. Sehingga konsumen di masing-masing wilayah bisa langsung mengecek harga dan ketersediaan stok di masing-masing wilayah.

 

3. Rumah Pangan Kita (RPK)

Selain membeli beras di BULOG secara online, konsumen juga bisa datang langsung ke gerai resmi yang bernama Rumah Pangan Kita (RPK) yang merupakan gerai binaan Perum BULOG.

 

Dimana masyarakat yang ingin menambah penghasilan dari berjualan sembako bisa menjadi Sahabat RPK. Siapapun dapat bekerja sama dengan BULOG setempat untuk menjadi outlet resmi RPK selama memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan.

 

4. Kantor/Gudang BULOG Selindo

Jika di Rumah Pangan kita tidak tersedia beras BULOG, maka Cara Beli Beras Bulog bisa langsung ke kantor atau gudang BULOG di dekat rumah.

 

Untuk memudahkan Anda dalam mengecek ketersediaan dan harga makanan di BULOG di daerah, Anda bisa mencari di akun Instagram resmi BULOG di masing-masing wilayah.

 

Akhir Kata

Demikian Cara Beli Beras Bulog, semoga dapat menjadi informasi bagi anda yang ingin membeli beras di BULOG. Terima kasih.

 

Sumber: kumparan.com, solopos.com, finance.detik.com dan bulogterkini.com