Usaha Minimarket Modal 19 Juta di Pinggir Jalan Pedesaan

Usaha Minimarket Modal 19 Juta di Pinggir Jalan Pedesaan

Konten [Tampil]

Usaha Minimarket Modal 19 Juta di Pinggir Jalan Pedesaan

Zaman semakin praktis, banyak orang yang mencari kebutuhan dengan cepat dalam jumlah sedikit mengunjungi minimarket. Belakangan ini ramai dibicarakan tentang Usaha Minimarket Modal 19 Juta karena tingginya minat konsumen terhadap minimarket. Apalagi jika dibuka di daerah yang masih kekurangan minimarket.

 

Usaha Minimarket Modal 19 Juta

Menjalankan bisnis minimarket tidak harus membutuhkan modal yang besar. Jika Anda ingin tinggal di pinggir jalan pedesaan, maka gunakan saja rumah Anda untuk bisnis. Salah satunya adalah Usaha Minimarket Modal 19 Juta. Meski dengan modal terbatas, bisnis minimarket ini akan cepat berkembang jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

 

Selain itu, keberadaan minimarket sangat membantu masyarakat sekitar pedesaan untuk lebih mudah mendapatkan kebutuhannya.

 

Karena di daerah pedesaan biasanya minimarket sangat sedikit. Kalaupun ada, bisa jadi cukup jauh dari tempat tinggal Anda. Tertarik untuk mengeksekusi peluang ini? Berikut beberapa tips yang perlu diketahui:

Kamu bisa baca juga: 10 Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri

1. Memilih Jenis Usaha

Tentukan apakah usaha minimarket yang akan dijalankan menggunakan sistem usaha mandiri atau waralaba. Mandiri berarti menjadi hak Anda sendiri karena Anda membangun dari awal dan bebas dari segi merek, pemasaran, dan lain-lain tanpa biaya royalti. Usaha Minimarket Modal 19 Juta sebenarnya bisa disesuaikan, tapi tergantung produk dan lokasi usaha.

 

Opsi kedua adalah franchise dimana para pelaku usaha mendapatkan berbagai kemudahan. Mulai dari konsep, brand, marketing, dan lain-lain yang lebih familiar bagi konsumen. Namun, tentu saja, akan ada biaya yang dikenakan untuk keuntungan tersebut.

 

2. Menyiapkan Perizinan Serta Asuransi

Usaha Minimarket Modal 19 Juta tidak cukup untuk menyediakan modal dan lokasi yang strategis, namun poin penting berikutnya adalah menyiapkan asuransi dan perizinan. Pastikan bisnis ini dijalankan sesuai peraturan dengan menyerahkannya ke kantor perdagangan.

 

Biasanya, layanan akan melakukan inspeksi dan memastikan standar. Beberapa hal yang harus ada adalah surat keterangan domisili bagi terwaralaba dan izin gangguan. Jangan lupakan produk yang memerlukan izin terpisah, seperti alkohol. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi departemen secara langsung.

 

3. Mencari Supplier

Mulai menyediakan berbagai produk untuk mengisi toko. Produk yang paling banyak dicari biasanya berkisar pada kebutuhan sehari-hari seperti makanan, peralatan rumah tangga, dan minuman. Carilah supplier dengan harga yang murah namun tetap berkualitas agar konsumen tertarik.

 

Jika memungkinkan, disarankan untuk memilih pemasok tunggal yang membutuhkan pembelian barang dalam jumlah besar sekaligus. Jika tidak membutuhkan barang dalam jumlah banyak, biasanya ada penyedia barang lain, namun dengan harga yang lebih tinggi. Pastikan barang cukup lengkap agar omzet bisnis lebih lancar.

 

4. Menyiapkan Tempat Serta Perlengkapan

Langkah selanjutnya untuk menyiapkan Usaha Minimarket Modal 19 Juta adalah menyiapkan tempat dan peralatan yang dibutuhkan untuk toko. Kalau masih bingung bisa cari referensi gambar minimarket sederhana tapi isinya beragam dan ditata dengan menarik. Toko yang dilengkapi secara memadai dapat membantu operasi bisnis.

 

Soal lokasi, usaha ini seharusnya berada di kawasan strategis yang banyak orangnya. Misalnya dekat dengan kos-kosan, perumahan, dekat jalan raya, dan lain sebagainya. Perhatikan pencahayaan yang memadai dan gunakan cat tembok dominan warna putih untuk memberikan kesan cerah. AC, tempat parkir, dan kamera CCTV juga perlu disiapkan untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung dalam berbelanja.

 

5. Melakukan Marketing yang Efektif

Bagian yang tidak bisa dilupakan tentunya adalah kegiatan promosi. Lakukan promosi jauh sebelum minimarket mulai beroperasi. Di era yang maju seperti sekarang, Usaha Minimarket Modal 19 Juta, para pelaku usaha dapat memanfaatkan media sosial, aplikasi minimarket berbasis marketplace, dan lainnya untuk menarik konsumen.

 

Agar usaha bisa bertahan lama, disarankan untuk mengadakan cuci gudang, terutama menjelang akhir tahun. Keluarkan beberapa stok yang sedikit ketinggalan zaman dan hampir kadaluarsa dan jual dengan harga murah. Hal ini dapat menarik lebih banyak pengunjung baru.

 

Sesuaikan juga stok dengan masyarakat umum yang datang ke minimarket. Misalnya, jika Anda berada di area perkantoran, makanan dan minuman instan cukup populer. Sedangkan jika berada di kawasan pemukiman, perbanyak pasokan jajanan anak dan kebutuhan rumah tangga.

 

6. Konsep Minimarket Rumahan

Minimarket merupakan toko minimalis dengan konsep modern. Usaha Minimarket Modal 19 Juta, Meski tidak besar, minimarket memungkinkan pengunjung memilih sendiri kebutuhan membeli. Oleh karena itu, kita perlu menata produk dan memisahkannya menurut jenis dan mereknya.

 

Akan lebih baik jika ditata dengan gaya yang unik sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Untuk bangunan minimarket ukuran 3×4 meter, penempatan rak berada di sepanjang tepi dinding.

 

Sedangkan untuk minimarket yang lebih luas, Anda bisa menambahkan rak ganda di tengah ruangan. Selanjutnya untuk meja kasir sebaiknya pilih model seperti huruf L. Jadi bisa ditaruh beberapa produk atau promosi di samping mesin kasir.

Kamu bisa baca juga: 11 Trend Bisnis di Amerika Bisa Menjadi Kaya

Contoh Produk Usaha Minimarket Modal 19 Juta

Setelah mengetahui tips membuka Usaha Minimarket Modal 19 Juta, maka selanjutnya kita akan membahas produk apa saja yang biasanya dijual di minimarket.

 

Minimarket di pedesaan biasanya menjual kebutuhan sehari-hari. Berikut ini adalah daftar jenis produk yang biasa dijual di minimarket.

 

1. Jajanan dan Makanan Ringan

Jajanan dan jajanan merupakan produk yang sangat mudah ditemukan di minimarket. Karena produk ini sering dicari oleh konsumen terutama anak-anak. Pilih jajanan dan jajanan pinggir jalan yang enak dan murah, seperti biskuit, coklat, permen, wafer, dan sebagainya.

 

2. Minuman

Minuman bersoda sangat digemari masyarakat karena praktis. Anda bisa menjual berbagai jenis minuman ringan, seperti minuman kemasan, minuman sachet, minuman kotak, dan susu. Yang harus dijual di minimarket adalah air mineral. Sebaiknya jual air mineral dalam berbagai ukuran, mulai dari kemasan gelas hingga botol.

 

3. Obat-obatan

Obat merupakan salah satu produk yang wajib dijual di minimarket rumah. Aneka obat yang bisa Anda jual, seperti obat sakit kepala, obat masuk angin, penurun panas, salep atau bedak gatal, koyo, dan lain sebagainya. Obat ini sangat penting sebagai pertolongan pertama bagi konsumen yang sedang sakit.

 

4. Perlengkapan Mandi dan Mencuci

Produk selanjutnya yang perlu ada di mini market adalah perlengkapan mandi dan cuci tangan. Perlengkapan mandi yang biasanya dijual antara lain sabun, sampo, pasta gigi, sabun wajah, deodoran, conditioner, dan sikat gigi. Sedangkan peralatan cuci meliputi detergen, pewangi pakaian, sabun cuci piring, dan sebagainya.

 

5. Kebutuhan Bahan Pokok

Kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Anda bisa menjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, hingga telur. Kami menyarankan Anda mengemas produk ini dengan variasi berat, dari seperempat kilogram hingga satu kilogram.

 

Jika Anda memiliki freezer, Anda juga bisa menyediakan daging sapi, ayam, dan makanan beku lainnya.

 

6. Alat Tulis

Alat tulis juga harus ada dalam daftar produk yang dijual di minimarket. Karena produk ini sering dibutuhkan terutama untuk anak sekolah.

 

Produk alat tulis tersebut bermacam-macam, antara lain pulpen, pensil, penghapus, buku tulis, buku gambar, penggaris, gunting, kertas folio bergaris, kertas HVS, dan lain sebagainya.

 

7. Lain-lain

Selanjutnya Anda juga perlu melengkapi minimarket dengan produk lain yang memang banyak diminati masyarakat. Diantaranya kebutuhan bayi, aneka tepung instan, mie instan, rokok, obat nyamuk, tisu, pembalut wanita, baterai, pulsa, dan lain-lain.

 

Berbagai produk tersebut bisa Anda selesaikan secara bertahap seiring dengan meningkatnya pendapatan Anda.

 

Akhir Kata

Nah, itulah penjelasan tentang bisnis minimarket di desa. Jika Anda berniat menjalankan Usaha Minimarket Modal 19 Juta, semoga tips di atas bisa membantu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas produk dengan mengecek tanggal kadaluarsa secara berkala.

 

Ini dia tips memulai Usaha Minimarket Modal 19 Juta. Bidang usaha ini didukung oleh pola pembelian masyarakat yang suka berbelanja dalam jumlah kecil. Apalagi minimarket berukuran kecil sehingga pembeli tidak kehabisan waktu karena terlalu banyak pilihan. Jika dikelola dengan serius, itu bisa menjadi usaha dengan hasil yang menjanjikan.

 

Sumber: patriciamollie.com dan toiletbisnis.com