10 Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri yang Wajib Dipenuhi

10 Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri yang Wajib Dipenuhi

Konten [Tampil]
10 Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri yang Wajib Dipenuhi

Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri merupakan impian hampir semua pelaku bisnis di tanah air. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, sejumlah syarat mutlak harus dipenuhi.

 

Ketua Dewan Bisnis Diaspora Indonesia (IDBC) Fify Manan menjelaskan, syarat terpenting sebelum mengembangkan bisnis adalah harus memiliki kemampuan menjalankan bisnis di dalam negeri.

 

Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri

Kalau mau ekspor ke luar negeri harus mengembangkannya di dalam negeri, jadi harus jago kandang dulu. Kalau langsung ekspor saja biayanya lebih tinggi, misalnya kalau ada kesalahan lokal minimal biayanya tidak besar, kalau salah (ketika mengekspor) dikirim jauh dan mahal, jadi lebih baik kalau pandai mengekspor kandang baru ke luar negeri, kata pengusaha mebel di Atlanta, AS.

 

Selain itu, produk dari Indonesia jika ingin pergi ke luar negeri harus memiliki Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri tentunya dengan kualitas yang terbaik dan tidak boleh ada kesalahan sedikitpun pada produk tersebut.

 

Kontrol kualitas dan garansi, jika di luar negeri, terutama di AS, yang utama adalah branding jika produk kami belum dikenal, pelanggan selalu mencari kesalahan, kelemahan produk.

 

Di sana pasarnya matang, pasar mengharapkan kesempurnaan, mengembangkan kualitas, garansi apa yang harus sesuai di sana, setidaknya lima tahun (garansi).

 

Meski ada beberapa Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri, para pengusaha Indonesia tidak perlu takut untuk melebarkan sayap ke luar negeri. Karena pasar di luar negeri sangat terbuka lebar.

 

Pasar disana terbuka tapi kita harus belajar dulu, kita harus punya partner distributor yang tepat, kita tidak boleh main-main, jadi misal kita distributor produk, kita tidak bisa, kita juga harus mencari untuk yang benar dan memiliki pengalaman.

 

Baik Anda mencoba untuk mendapatkan akses ke pasar internasional, memiliki produk atau layanan yang lebih menarik untuk pasar luar negeri, atau hanya ingin memanfaatkan lingkungan baru yang ramah bisnis, ada banyak Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri. Meskipun sangat menguntungkan, peluang tidak datang dengan beberapa tantangan.

 

Dengan menyadari potensi jebakan yang datang dengan bisnis internasional, Anda dapat memulai perusahaan Anda sendiri di jalur yang benar. Seperti dilansir Enterpreneur, tentunya memulai bisnis di luar negeri memiliki keuntungan tersendiri. Tapi jangan memulai prosesnya tanpa mengeksplorasi potensi masalah yang akan Anda hadapi di sepanjang jalan:

 

1. Aturan pajak yang rumit

Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri tentunya akan menimbulkan komplikasi perpajakan baru selain yang sudah Anda hadapi dalam menjalankan bisnis di dalam negeri.

 

Anda mungkin juga bertanggung jawab atas pajak di negara tempat Anda berbisnis. Konsultasikan dengan ahli pajak agar Anda tidak mengalami masalah hukum yang serius.

 

2. Pendaftaran usaha dan peraturan lainnya

Pajak bukan satu-satunya masalah regulasi yang harus diperhatikan, yakni Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri. Beberapa negara membatasi hak milik kepada orang asing. Lainnya mengharuskan Anda memiliki mitra lokal yang terlibat dalam bisnis Anda.

 

Mempelajari aturan akan membantu Anda mengambil semua langkah persiapan yang diperlukan untuk mendirikan perusahaan Anda. Dengan memahami sepenuhnya peraturan suatu negara mengenai bisnis milik asing, Anda dapat menghindari denda, penyitaan properti, dan sanksi hukum lainnya.

 

3. Iklim ekonomi negara target pasar

Tidak ada dua negara yang secara ekonomi sama. Banyak negara berkembang menghadirkan peluang yang signifikan, tetapi masalah seperti kesenjangan pendapatan dan potensi inflasi yang tinggi juga menimbulkan risiko yang meningkat. Ekonomi yang stabil biasanya menawarkan lingkungan yang lebih aman untuk memulai bisnis Anda.

 

Alih-alih melihat ke indikator seperti PDB, Investopedia menyarankan Anda mengevaluasi "indikator kemajuan asli (GPI)" suatu lokasi.

 

Metrik ini menyesuaikan data konsumsi pribadi berdasarkan faktor-faktor seperti distribusi pendapatan, tingkat pendidikan, tingkat kejahatan, dan bahkan polusi atau perubahan waktu luang.

 

4. Potensi hambatan bahasa

Jika Anda tidak hati-hati, usaha bisnis internasional dapat dengan mudah tersesat dalam terjemahan. Bahasa yang tidak disengaja dalam iklan bisa lucu, tetapi juga berpotensi menyinggung audiens target Anda.

 

Hal-hal bisa menjadi lebih rumit ketika berhadapan dengan peraturan pemerintah atau menegosiasikan kesepakatan bisnis.

 

Jika Anda belum mengetahui bahasa negara tempat Anda ingin berbisnis, bekerja dengan juru bahasa bisnis yang memenuhi syarat atau mempekerjakan karyawan dwibahasa adalah suatu keharusan.

 

Orang ini harus fasih berbahasa Inggris dan bahasa ibu dan memiliki pemahaman yang baik tentang terminologi sebagai Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri.

 

5. Jangan lupa tentang perbedaan budaya

Bahasa bukan satu-satunya perbedaan yang mungkin menjadi salah satu Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri. Bahkan negara-negara yang memiliki bahasa yang sama dapat memiliki perbedaan budaya yang signifikan.

 

Anda harus beradaptasi dengan budaya lokal. Memulai bisnis di luar negeri memiliki tantangan yang cukup besar, tetapi juga menghadirkan peluang unik yang mungkin tidak Anda nikmati jika Anda hanya berfokus pada pasar domestik.

 

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor penting ini sebelum Anda terjun, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk berhasil memasuki pasar internasional. Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Tertarik Memulai Bisnis di Luar Negeri?

 

6. Rencanakan dengan matang

Bisnis apa pun yang ingin Anda jalankan di luar negeri, tentunya harus Anda rencanakan terlebih dahulu. Rencana yang matang akan membantu dalam menjalankan bisnis ini selangkah demi selangkah.

 

Anda mungkin ingin sukses besar dalam waktu singkat, tetapi tentu saja Anda harus tetap realistis dengan kondisi yang ada. Buatlah rencana bisnis yang masuk akal dan dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dengan baik.

 

Anda harus memikirkan Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri, apa dan bagaimana bisnis itu akan dijalankan? Berapa banyak modal yang Anda butuhkan di masa depan dan bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan modal ini?

 

Semua hal tersebut merupakan bagian dari rencana bisnis, sehingga perlu dipikirkan dan diselesaikan satu per satu dengan baik sejak awal.

 

7. Kenali pasar yang akan dituju

Di negara mana Anda akan melakukan bisnis dan bagaimana Anda akan melakukannya? Ini adalah pertanyaan penting lainnya yang harus dijawab, sebelum akhirnya memikirkan Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri. Anda harus melihat kondisi negara tujuan bisnis dan melihat peluang bisnis di sana.

 

Hal ini tentunya akan berkaitan dengan budaya masyarakat di tanah air, termasuk kebiasaan berbelanja mereka. Lihat dulu kebutuhan masyarakat di sana, agar ada gambaran produk apa yang cocok untuk dikembangkan.

 

Jangan lupa untuk melihat persaingan pasar di negara tersebut, karena ini juga akan menentukan kesuksesan bisnis. Perhitungkan peluang bisnis dengan baik, serta risikonya, agar dapat melihat prospek bisnis dengan baik.

 

8. Lakukan branding di dalam negeri

Jika kedua langkah di atas sudah dilakukan dengan baik, maka Anda bisa mulai membangun bisnis. Bukan di luar negeri, Anda perlu memulai bisnis ini di dalam negeri terlebih dahulu.

 

Kembangkan bisnis di tanah air Anda terlebih dahulu, di mana Anda membuatnya dikenal luas oleh masyarakat. Lakukan branding dengan cara yang benar. Anda perlu menjaga kualitas produk dan melakukan promosi secara maksimal untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

 

Bangun branding Anda dengan serius, agar Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri positif dan bisa membantu Anda membangun bisnis di luar negeri dengan lebih mudah.

 

9. Jalankan bisnis dengan profesional dan fokus

Selama proses pengembangan bisnis dalam negeri, pastikan Anda membangun bisnis ini secara profesional. Jangan terlena, agar Anda tetap memiliki semangat untuk mengembangkannya secara maksimal. Ingat, tujuan Anda adalah memulai bisnis yang sukses di luar negeri, jadi tetaplah fokus pada hal itu.

 

10. Cari dan bangun mitra kerja di luar negeri 

Ketika bisnis telah berkembang dengan baik, maka mulailah mencari mitra bisnis di luar negeri. Anda dapat melakukannya dengan banyak cara, mulai dari menghadiri pameran profesional hingga bergabung dengan komunitas pengusaha.

 

Temukan mitra bisnis yang tepat dan dapat bekerja sama dengan baik, sehingga Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri yang menjadi tujuan untuk memulai usaha di luar negeri dapat segera dilaksanakan.

 

Bangun Bisnis di Luar Negeri dengan Langkah Tepat

Syarat Membuka Usaha di Luar Negeri bukan lagi hal yang sulit dilakukan, mengingat masih banyak peluang yang bisa dimanfaatkan.

 

Hal ini bisa dimulai dengan menjalankan bisnis di dalam negeri terlebih dahulu, dimana branding bisa dilakukan secara maksimal. Bangun bisnis dengan cara yang benar sejak awal, sehingga Anda dapat memulai bisnis dengan sukses di luar negeri.

 

Sumber: liputan6.com, entrepreneur.bisnis.com, and cermati.com