Persentase Keuntungan Usaha Grosir Sekitar 10-25% dari HPP

Persentase Keuntungan Usaha Grosir Sekitar 10-25% dari HPP

Konten [Tampil]

Persentase Keuntungan Usaha Grosir Sekitar 10-25% dari HPP

Bisnis grosir atau disebut juga grosir merupakan bisnis yang sedang trend di Indonesia. Tahukah Anda, Persentase Keuntungan Usaha Grosir? Meski membutuhkan modal yang lebih besar dengan margin yang lebih kecil, bisnis ini lebih menjanjikan daripada berjualan eceran, lho!

 

Persentase Keuntungan Usaha Grosir

Penasaran? Persentase Keuntungan Usaha Grosir? Mari kita lihat lebih banyak! Perlu diketahui bahwa grosir dan distributor memiliki konsep yang sama. Namun, distributor memiliki kontrak dan kerjasama dengan pihak-pihak tertentu.

 

Sedangkan grosir bekerja sendiri tanpa aturan yang mengikat. Meski terdengar lebih mudah, bisnis grosir juga memiliki tantangan dan risiko tersendiri.

Mungkin maksud anda ini: Franchise Lotte Grosir Modal 14 Juta

Menghitung Persentase Keuntungan Usaha Grosir

Saat menjalankan bisnis, semua orang ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal. Namun pertanyaannya adalah berapa keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini?

 

Besarnya keuntungan yang bisa diperoleh setiap pengusaha sebenarnya berbeda-beda, tergantung dari margin yang ditentukan. Salah satu kunci untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal adalah dengan mencari supplier produk yang murah.

 

Dengan begitu, ketika menjual produk dengan harga di pasar, penjual tetap mendapat untung. Untuk marginnya sendiri, persentasenya bisa berbeda-beda. Tapi secara umum sekitar 10% sampai 25% dari harga dasar.

 

Jadi ketika suatu produk dibeli dengan biaya produksi sebesar Rp. 100.000, bisa dijual grosir dengan harga sekitar Rp. 110.000 menjadi Rp. 125.000. Meskipun Persentase Keuntungan Usaha Grosir ini terlihat kecil, jika dikalikan dengan jumlah produk yang tersedia, totalnya bisa sangat menguntungkan.

 

Jika dibandingkan dengan persentase keuntungan penjualan eceran memang lebih kecil. Namun, perputaran keuangan, serta produknya, menjadi lebih cepat. Dengan begitu, pengusaha bisa terus menambah stok dan mengisi tokonya dengan produk baru.

 

Dengan perhitungan di atas, dapat diketahui bahwa persentase keuntungan setiap usaha bisa berbeda. Namun secara umum, Persentase Keuntungan Usaha Grosir yang bisa diperoleh minimal 10% per produk dari harga dasar. Jika ingin untung lebih, tinggal tambahkan margin dan jumlah produk yang terjual.

Mungkin maksud anda ini: Franchise Dibawah 100 Juta

Alasan Mengapa Usaha Grosir Lebih Menguntungkan!

Dengan Persentase Keuntungan Usaha Grosir yang lebih kecil, banyak orang yang masih ragu untuk menjalankannya. Padahal banyak alasan kenapa bisnis grosir lebih ribet dan menguntungkan!

 

Nah, bagi yang belum tahu, berikut beberapa alasan kenapa bisnis grosir bisa lebih menjanjikan daripada retail:

 

1. Harga Beli Lebih Murah

Salah satu Pedagang Besar dari Persentase Keuntungan Usaha Grosir adalah harga pembelian yang lebih murah. Usahakan membeli dalam jumlah banyak sekaligus untuk mendapatkan diskon lebih banyak.

 

Hal ini tentunya tidak akan didapatkan jika Anda membeli secara satuan atau eceran. Selain lebih mahal, jumlahnya tidak sebanyak grosir. Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, maka belilah produk tersebut dalam jumlah yang banyak.

 

Meskipun lebih banyak modal yang dikeluarkan, hal ini dapat menghemat biaya lain seperti biaya pengiriman dan operasional. Namun, tetap sesuaikan dengan kapasitas dan permintaan toko.

 

2. Margin yang Bebas

Menentukan margin adalah keuntungan lain dari bisnis grosir jika dibandingkan dengan distributor.

 

Dengan berdiri sendiri, pemilik usaha bisa leluasa menentukan margin yang diinginkan. Jika produk yang dijual jarang tersedia di kota atau daerah tersebut, maka tidak ada salahnya menetapkan margin yang tinggi.

 

3. Perputaran Barang dan Uang yang Lebih Cepat

Percaya atau tidak, penjualan grosir memiliki perputaran yang lebih cepat daripada penjualan eceran. Hal ini dikarenakan jumlah produk yang dijual sangat banyak. Selain itu, pembeli atau pedagang tentunya juga ingin mendapatkan harga yang lebih murah sehingga membeli dalam jumlah banyak.

 

Dengan barang terjual lebih cepat, modal yang dikeluarkan tentu akan cepat kembali. Jadi bagi yang ingin bisnisnya cepat berjalan dan segera mendapatkan kembali modalnya, bisnis grosir lebih cocok daripada eceran.

Mungkin maksud anda ini: Buka Warung Sembako Modal 5 Juta

Cara Memaksimalkan Persentase Keuntungan Usaha Grosir

Setelah mengetahui alasan mengapa bisnis ini lebih menguntungkan, saatnya mempelajari tips agar bisnis yang Anda jalankan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tidak hanya modal besar dan jumlah produk yang sama tetapi juga dibutuhkan strategi yang tepat.

 

Bagi yang ingin menjalankan bisnis grosir, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan Persentase Keuntungan Usaha Grosir:

 

1. Mencari Pemasok Terbaik

Kunci untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal adalah dengan mendapatkan supplier terbaik.

 

Yang dimaksud disini adalah yang terbaik dari segi kualitas dan tentunya harga. Dengan membeli produk dengan harga murah, penjual bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

 

Jangan berhenti mencari pemasok yang lebih baik. Jika memungkinkan, cari pemasok yang berada di luar kota dan hitung biayanya dengan biaya operasional dan pengiriman. Kalau harganya lebih murah dan kualitasnya sama, kenapa tidak ganti supplier saja?

 

Cara lain untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal adalah dengan memilih supplier yang bisa memberikan pembayaran dengan sistem tempo. Dengan cara ini, toko yang dijalankan juga bisa menjadi pemasok untuk tempat perdagangan lain tanpa harus khawatir dengan modal.

 

2. Memberikan Variasi Produk

Jika Anda ingin membuat toko grosir berbeda dari yang lain, maka pastikan untuk menyediakan berbagai macam produk. Selain kebutuhan pokok, jangan lupa untuk menyediakan barang kebutuhan sekunder yang banyak dicari pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan tetap memilih toko ini dibandingkan dengan toko lainnya.

 

3. Harga yang Bersahabat

Ketika datang ke toko kelontong, harapan setiap pembeli adalah mendapatkan harga yang murah. Oleh karena itu, pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan yang ada di pasaran.

 

Jika memungkinkan, pasang lebih murah sehingga pelanggan lebih memilih toko itu daripada yang lain.

 

Jika harganya lebih mahal, maka pastikan ada nilai lebih dari toko atau produk tersebut. Misalnya kamar yang lebih bersih, lebih rapi atau pelayanan yang responsif. Karena ketika orang datang ke toko kelontong, mereka menginginkan harga yang murah.

 

4. Layanan Ekstra

Selain harga produk yang murah, memberikan pelayanan ekstra kepada pelanggan tentunya akan memberikan nilai plus bagi bisnis tersebut.

 

Misalnya juga memberikan pelayanan yang baik seperti situs online, limit kredit, atau pengiriman barang. Layanan sederhana ini akan memudahkan pembeli untuk berbelanja dan membuat mereka senang dan kembali lagi.

 

Jika Anda ingin memberikan layanan ekstra, maka cobalah menyediakan layanan pengiriman dan belanja online. Jadi, tanpa harus ke toko, pembeli bisa berbelanja secara online dan barang bisa diantar langsung ke tempat masing-masing.

 

Berikan diskon khusus atau gratis ongkos kirim bagi yang berbelanja di atas nominal tertentu. Walaupun Persentase Keuntungan Usaha Grosir tidak terlalu besar, namun usaha ini cukup menjanjikan jika dijalankan dengan baik. Jika dibandingkan dengan bisnis retail, persentasenya memang lebih kecil dan tidak terlihat murahan.

 

Namun untuk mendapatkan Persentase Keuntungan Usaha Grosir yang maksimal, maka pastikan untuk membuat toko yang berbeda dari yang lain. Selain itu, cobalah mencari pemasok terbaik dengan menawarkan produk berkualitas dan harga yang ramah kantong.

 

Strategi Memulai Usaha Grosir untuk Pemula

Ingin memulai bisnis grosir di rumah? Anda bisa mulai segera. Sebelum memulai, ketahui dulu strategi memulai bisnis grosir yang tepat untuk pemula. Lihat di bawah ini!

 

1. Survei harga pasar

Sebelum memulai bisnis grosir, Anda perlu mengetahui harga pasar dari produk yang ingin Anda jual. Jangan sampai salah harga. Salah menentukan harga pasar bisa membuat pelanggan mengecek toko sebelah dan tidak kembali lagi karena memberikan harga yang terlalu tinggi.

 

Tidak ada salahnya menjual barang lebih murah dari kompetitor. Tapi pastikan harganya masih masuk akal. Jangan sampai Anda menanggung kerugian karena salah menetapkan harga.


2. Maksimalkan varian produk

Varian produk di toko Anda belum lengkap? Mari kita coba untuk segera menyelesaikannya. Karena semakin lengkap produk grosir yang Anda jual, semakin banyak pelanggan yang akan dimiliki bisnis grosir Anda.

 

Supaya varian kamu lebih beragam, coba survei beberapa produk dari toko lain lebih sering.

 

Selanjutnya juga menambah varian jika ada masukan dari pelanggan. Menjadikan toko grosir sebagai one-stop shopping tentunya akan membuat pelanggan Anda enggan meninggalkan toko grosir Anda untuk mencari yang lain.

 

3. Layani pelanggan dengan baik

Sudah mendapat pelanggan? Saatnya memberikan pelayanan terbaik untuk mereka. Pastikan Anda memberikan senyum tulus kepada pelanggan. Jangan biarkan obrolan Anda dengan pelanggan menyebar ke media sosial karena Anda terlalu ketus dalam menangani obrolan dengan mereka.

 

Jika Anda melayani mereka secara online, pastikan Anda menanggapi pertanyaan pelanggan dengan cepat dan selalu siap menjawab pertanyaan. Memberikan emoticon di akhir obrolan mungkin bisa menjadi solusi obrolan ramah Anda.

 

4. Diskon untuk pelanggan setia

Produk grosir pasti murah. Bagaimana jika barang murah diberi diskon? Hmm… seru banget kan? Anda juga bisa melakukan strategi memberikan diskon. Strategi ini tentunya dapat meningkatkan penjualan.

 

Berapa banyak diskon yang bisa Anda berikan? Anda bisa memberikan diskon 10%-20% yang cukup untuk membawa konsumen ke toko grosir Anda.

 

5. Tambahkan fitur layanan antar

Jika Anda menjalankan toko grosir online, menambahkan fitur layanan pengiriman ke bisnis Anda bisa sangat membantu, lho. Layanan ini tentunya dapat memudahkan pelanggan untuk memesan barang dan bisa Anda dapatkan di rumah.

 

Tidak memiliki kendaraan untuk menyediakan layanan pengiriman di dekat toko? Anda juga dapat mengajukan kerjasama dengan layanan pengiriman online. Dengan layanan ini, tentu saja bisnis Anda bisa lebih menguntungkan!

 

Akhir Kata

Nah, itulah alasan yang bisa Anda dapatkan saat mendirikan toko grosir. Selain Persentase Keuntungan Usaha Grosir, juga telah disediakan trik yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis grosir dan meningkatkan uang tunai lebih optimal. Sekarang adalah waktu Anda untuk memutuskan! Kapan Anda ingin mulai membangunnya?

 

Sumber: bangizaltoy.com dan blog.qasir.id