10 Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako Biar Tidak Rugi

10 Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako Biar Tidak Rugi

Konten [Tampil]
10 Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako Biar Tidak Rugi

Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako sangat penting untuk dilakukan. Hal ini agar perbandingan harga beli Anda dari supplier berbanding lurus dengan perhitungan keuntungan yang Anda dapatkan. Ini juga dilakukan oleh penjual makanan, yang mereka lakukan menentukan harga barang pokok untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

 

Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako

Lalu bagaimana Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako? Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa Anda gunakan sebagai pengetahuan untuk menentukan harga jual sembako. Sebelum menentukan harga jual, Anda pasti harus memperhatikan biaya pembelian bahan makanan Anda di perusahaan besar tersebut.

 

Beli kebutuhan dasar Anda di perusahaan besar. Ternyata, tidak hanya atau, tidak hanya itu, itu yang harus Anda perhatikan. Ada hal lain yang harus Anda ketahui dalam Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako. Apa saja cara-caranya? Berikut penjelasannya:

 

1. Cari Pusat Distributor Sembako Termurah

Pilih pusat distributor atau agen sembako yang menawarkan harga sembako termurah. Dengan harga yang relatif murah akan membantu Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako, akan membantu menentukan harga jual sembako anda.

 

Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menentukan harga jual yang murah jika Anda mendapatkan pusat sembako termurah, atau distributor. Hal ini tentu saja membuat peluang keuntungan yang besar bagi Anda.

 

2. Membeli Dengan Stok Banyak

Dalam hal ini, cobalah berbelanja bahan makanan dengan kapasitas besar, seperti grosir. Hal ini agar Anda mendapatkan potongan harga.

 

Banyak distributor pusat menjual kebutuhan pokok dengan menawarkan persyaratan jumlah pembelian di setiap pembelian.

 

Dengan begitu, Anda bisa menentukan harga untuk Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako, menjual sembako ke konsumen dan mendapatkan konsumen serta mendapatkan keuntungan yang cukup.

 

3. Menggunakan Presentase Laba Rendah (Tidak Lebih Dari 10%)

Tidak disarankan untuk menetapkan harga tinggi pada bahan makanan Anda. Nah, cara ini bisa dijadikan salah satu cara untuk Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako. Dengan mengambil keuntungan 10% dari harga pembelian anda di pusat distributor grosir.

 

Melalui penentuan harga ini, toko kelontong Anda akan terkesan lebih murah dibandingkan toko lain. Sehingga tingkat penjualan sembako Anda akan meningkat.

 

4. Menentukan Harga Jual Tanggung

Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako ini. Selesai bagi Anda yang mengalami banyak persaingan. Akan ada banyak penjual kelontong yang menawarkan harga murah yang sama dengan toko Anda.

 

Dalam situasi ini, Anda dapat menentukan harga jual. Misalnya, toko pesaing Anda menawarkan harga Rp. 4.000, Anda bisa menawarkan harga Rp. 3.900.

 

Hanya sekitar sedikit, namun angka nominal di depannya menjadi daya tarik yang menarik yaitu harga tawar sembako anda lebih murah dan sembako anda lebih murah. Tapi kamu ah.

 

Namun Anda juga harus memperhatikan harga beli Anda, sebelum menentukan harga tanggung jawab. Dengan tujuan agar Anda tetap mendapatkan keuntungan meski dengan harga yang dikenakan.

 

5. Mentukan Harga Jual Melalui Bonus

Bonus merupakan salah satu cara berjualan yang menarik perhatian pihak luar. Ketika Anda mengalami tingkat penjualan yang rendah, Anda dapat melakukan hal ini dengan tujuan untuk meningkatkan kembali persentase penjualan Anda. Anda dapat menentukan harga jual dengan melakukan bonus seperti. Beli 5 sachet gratis 1 sachet.

 

6. Menentukan Laba Sebesar 25% sembako tertentu

Tidak semua sembako selalu laris di pasaran dan selalu dicari oleh kebanyakan orang. Ada beberapa jenis sembako, sembako apa saja yang pembelinya sedikit tapi sangat membutuhkan bar, mereka membutuhkan barang kebutuhan pokok tersebut untuk kebutuhan pokok kebutuhannya.

 

Contohnya gula rendah kalori, tepung sagu, jagung, dan sejenisnya. Melalui produk ini, Anda bisa mengambil untung 25%.

 

Hal ini tidak akan ditolak oleh pembeli, mengingat sembako sangat penting baginya. Jadi Anda akan mendapatkan Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako yang baik jika Anda menjual makanan jenis ini.

 

Nah... Kali ini saya mencoba berbagi informasi tentang 10 Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako walaupun terlihat sederhana tapi setidaknya cara penentuan harga jual ini bisa menjadi dasar anda dalam menentukan harga jual harga toko kelontong yang kompetitif.

 

Bagaimana Anda tertarik dengan cara itu? Langsung saja simak baik-baik 10 strategi penentuan harga jual toko sembako berikut ini.

 

7. Harga yang Disarankan

Jika produsen mencantumkan harga yang direkomendasikan dikemas atau melalui iklan di media, cobalah untuk mengikuti harga yang direkomendasikan, jika tidak, pembeli mungkin akan protes dan menganggap harganya terlalu mahal. Misalnya Big Cola Rp. 3000 Masako Rp. 500 Downy Rp. 1000 Rapika Rp. 500 Mamypoko M/L Rp.2000.

 

8. Harga mengikuti Pecahan Rupiah

Misalnya 500,1000,1500,2000,2500 dan seterusnya. Menerapkan harga ini dapat membantu meningkatkan jumlah penjualan.

 

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan gambaran ketika seseorang membeli suatu barang dengan niat untuk membeli satu, tetapi karena uang kembalian bisa/pas untuk membeli yang lain, mereka akhirnya membeli 2 atau pembeli membawa Rp. 5000 secara tunai karena harga barang tersebut adalah Rp. 1000, jadi mereka akhirnya membeli 5.

 

Untuk lebih jelasnya saya ambil contoh aplikasi kecap Bango 70 ml dengan modal Rp. 2250, harga jual Rp. 2500.

 

9. Harga Untuk Barang yang cepat laku dikisaran 10%

Jika Anda baru saja membuka toko, tentu tidak tahu barang apa saja yang laris manis. Dalam hal ini, Anda harus bereksperimen dengan Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako terhadap barang-barang apa saja yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar toko Anda.

 

Sembako Per satuan

Misal Per Kilo untung Rp 500 per liter Rp 500, gas 3 kg per tabung Rp 1000.

 

Barang yang lakunya Lama 20-25 %

Misalnya harga obat dan sandal.

 

Alat tulis Minimal 25%

Misalnya, buku catatan, buku bergambar, kertas folio, pulpen, pensil, lem kertas, dan penghapus.

 

Barang kardusan diKisaran Rp.1000

Misalnya kacamata Aqua, dan kacamata Monair.

 

Minuman dingin minimal 25%

Jika Anda menggunakan etalase. Contohnya adalah The Bottle, Coca Cola, Aqua, Granita, Ale-ale, Tea Rio, Ultra Milk, dan The Box.

 

10. Harga Tanggung

Strategi ini digunakan terutama untuk menghadapi persaingan yang ketat. Syaratnya kamu harus tahu dulu berapa harga termurah di pasaran atau berapa perkiraan harga termurah di pasaran.

 

Jika harga Anda bisa di bawah harga termurah di pasaran (istilahnya Entry Price) Silahkan melamar. Namun jika tidak bisa atau tidak bisa memasukan harga bisa menerapkan harga diatas yang paling murah dipasaran tapi selisihnya sedikit.

 

Patokannya antara Rp. 100-300. Dengan strategi ini, Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako yang bisa didapatkan adalah jika harga anda dibawah harga pasar akan terkesan lebih murah walaupun sebenarnya sedikit berbeda atau jika diatas pasar harga tidak terkesan mahal.

 

Sebagai contoh; harga beras paling murah di pasaran 6500 sedangkan modal beras per liter 6000 berarti anda bisa menerapkan harga dibawah pasaran Misal Rp. 6400 atau Rp. 6300 padahal selisihnya Rp. 100/200 kesannya harga murah (apalagi kalau nomor depannya beda, misal 7000 sama 6900).

 

Contoh lainnya adalah harga Simas Palmia yang paling murah yaitu Rp. 3500. Karena mungkin saja agen langganan anda mahal atau anda membelinya secara eceran, jadi bisa jadi harga tersebut sebenarnya adalah harga modal dari agen tersebut, agar harga anda tidak terkesan mahal anda bisa memberikan harga Rp. 3700 atau Rp. 3800.

 

Mainan 50-100%.

Ukuran keberhasilan. Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako ini adalah dengan semakin banyaknya jumlah pembeli dan jumlah barang yang terjual atau bisa juga banyak pembeli yang sudah membeli barang tersebut kemudian membeli barang yang sama lagi dan tidak ada yang komplain harga terlalu tinggi.

 

Strategi ini fleksibel, tidak harus seperti itu, Anda dapat mengubahnya sesuai dengan kondisi toko kelontong Anda dan mempertimbangkan faktor lokasi yang strategis atau tidak karena Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako dasar Baca lebih lanjut: Bagaimana untuk menentukan lokasi yang strategis untuk toko Anda

 

Untuk memudahkan Anda dalam menentukan keuntungan berdasarkan persentase, saya berikan rumus sederhana yang bisa Anda terapkan.

 

Rumus untuk Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako didasarkan pada persentase;

PK=M x P /100

PK=Mengambil keuntungan dalam Rupiah

M=Modal

P = Persentase yang diinginkan

 

Contoh;

Harga Modal Kecap Bango 70 ml Rp. 1250 Anda ingin mengambil keuntungan 20%.

 

Berapa keuntungan yang saya ambil?

Berapa harga jualnya?

Dengan menggunakan rumus diatas berarti 1250x20/100=Rp.250

Artinya harga jualnya adalah Rp. 1250 + Rp. 250 = Rp. 1500

 

Akhir Kata

Semoga informasi mengenai 10 Cara Mengambil Keuntungan Jual Sembako dapat membantu Anda dalam mencapai kesuksesan bisnis toko kelontong Anda. Semoga beruntung.

 

Berapa mengambil keuntungan jualan sembako?

Untuk barang-barang yang sekiranya palig dibutuhkan, kamu bisa mengambil keuntungan kira kira hingga 10% dari harga modal. Untuk barang yang sekiranya akan habis lebih lama kamu bisa tentukan keuntungan 20%-25% dari harga modal. Penentuan 20%-25% ini bisa kamu terapkan untuk produk obat, sandal, atau alat tulis.

 

Berapa modal untuk membuka toko sembako?

Total modal barang yang kamu butuhkan adalah sekitar Rp2 juta. Gabungkan dengan modal stok barang yang berkisar sekitar Rp3 juta, jadi modal usaha warung sembako kamu adalah Rp5 juta.

 

Apakah usaha warung sembako menjanjikan?

Usaha toko sembako adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan cukup banyak dijalankan pengusaha kecil saat ini. Sembako seperti beras, minyak, gula, dan bahan makanan lainnya merupakan kebutuhan penting bagi manusia.

 

Bagaimana cara mencari keuntungan?

Keuntungan = Harga Penjualan (HJ) - Harga Pembelian (HB)

Jika harga penjualan lebih kecil daripada harga pembelian, maka akan terjadi kerugian.

 

Sumber: findira.com dan cara.mediakompilasi.com