Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Garam 3 Kali Sehari

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Garam 3 Kali Sehari

Konten [Tampil]

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Garam 3 Kali Sehari

Tartar harus dihilangkan untuk menghindari masalah mulut. Bagaimana Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Garam? Karang gigi adalah plak yang mengeras dan terbentuk akibat kotoran yang menempel pada gigi. Bagi yang takut ke dokter, ada berbagai cara menghilangkan karang gigi.

 

Plak gigi adalah lapisan lembut dan lengket yang berada di bagian luar gigi di sepanjang gusi. Anda bisa mencegah munculnya plak ini dengan menerapkan kebersihan gigi. Namun jika tidak, plak ini akan berubah menjadi zat berwarna kuning kecoklatan dan keras yang disebut karang gigi.

 

Cara Membersihkan Karang Gigi

Tartar adalah tanda kebersihan mulut yang buruk. Akibatnya bisa bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gusi. Agar karang gigi Anda tidak bertambah parah dan menyebar ke masalah kesehatan lainnya, yuk segera cari tahu cara menghilangkannya.

 

Untuk Anda, Alchosilber telah merangkum 3 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Garam dari berbagai sumber. Cari tahu dan segera praktekkan, ya!

 

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Garam

Di dalam mulut kita, sebenarnya terdapat banyak sekali bakteri. Mereka mendapatkan makanan dari sisa makanan di sela-sela gigi. Dalam prosesnya, mereka mengubah makanan menjadi produk asam yang memiliki efek demineralisasi pada email gigi.

 

Nah, ketika Anda tidak rajin membersihkan mulut, bakteri akan tumbuh menutupi gigi dan gusi Anda. Lapisan ini biasanya ada di garis gusi dan dikenal sebagai plak. Ketika mengeras dan berubah menjadi kuning kecoklatan, plak disebut karang gigi.

 

Flossing

Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan dengan flossing atau flossing. Secara etika, benang yang digunakan bukan sembarang benang, melainkan benang khusus gigi.

 

Dengan teknik yang tepat, flossing dapat menghilangkan plak dan partikel makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Agar penumpukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi tidak terjadi, sangat disarankan untuk menggunakan flossing setiap hari.

 

Sikat Gigi Elektrik

Cara menghilangkan karang gigi sebenarnya bisa dilakukan dengan menyikat gigi menggunakan sikat gigi elektrik. Bulu sikatnya bisa berputar sekaligus maju mundur sehingga bisa membersihkan gigi secara maksimal. Namun, perhatikan tekanan yang diberikan sikat gigi Anda. Terlalu banyak tekanan justru dapat mengikis lapisan luar gigi.

 

Pasta Gigi Berfluoride

Silakan periksa gigi Anda, apakah mengandung fluoride? Pasta gigi berfluoride dapat mengontrol pertumbuhan karang gigi dan membantu merusak enamel pada gigi. Beberapa pasta gigi dengan fluoride juga mengandung triclosan, yang melawan bakteri dalam plak.

 

Berikut cara membersihkan karang gigi dengan garam seperti dirangkum dari berbagai sumber:

 

Baking Soda

Baking soda dikatakan mampu menghilangkan dan membersihkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Cara menggunakannya, jadikan baking soda menjadi pasta gigi. Kemudian tambahkan sedikit garam.

 

Garam Dapur

Cara membersihkan karang gigi dengan garam secara alami. Caranya adalah dengan memasukkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah diaduk dan dicampur, berkumurlah dengan air ini, terutama di area karang gigi selama 1 menit dan 3 kali sehari.

 

Kulit Jeruk

Cara lain untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan kulit jeruk. Kulit jeruk dikatakan efektif menghilangkan karang gigi pada gigi. Hal ini karena kandungan asam pada jeruk.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan bagian dalam kulit jeruk ke gigi yang tar. Gosok selama 2-3 menit lalu bilas.

 

Cengkeh

Cengkih bisa menghilangkan karang gigi. Caranya adalah tumbuk cengkeh menjadi bubuk dan oleskan pada karang gigi yang membandel.

 

Stroberi

Stroberi dipercaya dapat menghilangkan karang gigi. Hal ini karena stroberi mengandung vitamin C yang efektif menghilangkan karang gigi. Makan stroberi untuk menghilangkan karang gigi.

 

Biji Wijen

Biji wijen dikatakan mampu menghilangkan karang gigi. Caranya ambil sesendok biji wijen lalu masukkan ke dalam mulut dan kunyah tapi jangan ditelan. Kemudian sikat gigi Anda dengan pasta.

 

Lidah Buaya

Cara membersihkan karang gigi dengan lidah buaya. Campurkan 1 sdt gel lidah buaya, 4 sdt gliserin nabati, 10 tetes minyak esensial lemon, dan 4 sendok makan soda kue dalam 1 cangkir air dan buat pasta. Sikat gigi Anda dengan pasta ini sekali sehari. Ulangi kegiatan ini setiap 3-4 hari sekali.

 

Sumber: m.detik.com dan rssatyanegara.com

ARTIKEL LAINNYA