Ucapan Tasyakuran Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Ucapan Tasyakuran Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Konten [Tampil]

Ucapan Tasyakuran Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Ucapan Tasyakuran Aqiqah - Kata aqiqah berasal dari Bahasa Arab “Al - Qat’u” yang artinya memotong. Terdapat pula yang menyebutkan bahwa aqiqah adalah nama rambut bayi yang baru lahir.

 

Tetapi secara istilah, aqiqah adalah sebuah tradisi menyembelih hewan ternak dan pencukuran rambut bayi pada hari ketujuh setelah buah hati terlahir ke muka bumi. Dimana upacara berikut bertujuan untuk menunjukan rasa bahagia dan juga syukur kepada Allah karena telah dikaruniai momongan.

 

Akan tetapi, pengurbanan hewan ternak seperti kambing dan domba tersebut tidaklah wajib, Mom. Ini dikarenakan penyembelihan hewan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jalan lainnya adalah dengan menggelar aqiqah melalui acara pengajian sederhana. Meskipun tak terlalu mewah, namun makna dari acaranya tetap terasa.

 

Hukum aqiqah

Tadi telah dijelaskan di atas bahwa pengurbanan kambing dan domba saat aqiqah bersifat tidak wajib. Lantas, bagaimana dengan hukum aqiqah itu sendiri? Apakah wajib untuk dilaksanakan? Ini jawabannya.

 

Berdasarkan mayoritas ulama besar seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad, hukum aqiqah adalah sunnah muakad atau sunnah yang diutamakan. Artinya yaitu aqiqah sangat dianjurkan pada mereka yang berkecukupan hartanya, namun boleh ditiadakan bagi mereka yang kurang mampu.

 

Bahkan, upacara berikut bisa dilakukan ketika anak telah mencapai usia baligh. Tetapi caranya sedikit berbeda yakni orang tua hanya perlu memberikan uang kepada putra atau putrinya lalu sang anak lah yang akan membeli hewan sembelihan.

 

Ucapan Tasyakuran Aqiqah

Sebagai seorang muslim, ada banyak hal yang harus dan bisa dilakukan. Baik melaksanakan kewajiban ataupun turut melakukan sunnah rasul. Diantaranya ibadah aqiqah. Ini berkaitan dengan kehadiran buah hati dalam keluarga muslim. Setiap orang tua yang dikaruniai anak memiliki kewajiban untuk melakukan aqiqah terhadap buah hati. Agama Islam secara jalas membahas perihal ini.


Contoh Ucapan Tasyakuran Aqiqah Anak Perempuan

Apabila anda sedang atau akan melaksanakan acara aqiqah, anda pasti akan mengundang rekan, kerabat, atau tetangga. Berikut beberapa Ucapan Tasyakuran Aqiqah yang bisa dijadikan referensi. Umumnya, kartu ucapan ini diletakkan pada kotak nasi atau bingkisan untuk para tamu yang hadir. Hal ini sebagai tanda ucapan terima kasih dan pengenalan dari nama anak yang di-aqiqahkan.

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT. Berkat rahmat dan karunianya, kini hadir anak perempuan pertama kami yang diberi nama :



Aisyah Khadijah Abdullah (Aisyah)

Lahir     : Bima, 28 Oktober 2018

 

Semoga Aisyah menjadi putri yang sholihah. Tumbuh dalam ketakwaan kepada Allah SWT. Menjadi pribadi yang cerdas, mencintai Al-Qur’an dan ilmu, serta senantiasa menebarkan kebaikan dan manfaat di kehidupan di dunia.

 

Kami yang berbahagia

Rahman & Iman

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

 

Contoh Ucapan Tasyakuran Aqiqah Lengkap

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah. Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, sehingga kami masih diberi kesempatan untuk merawat seorang putri cantik bernama Naila Farah Nazimah. Naila merupakan putri kedua kami yang akan diaqiqahkan. Semoga Naila bisa menjadi anak yang sholihah dan mampu meneruskan perjuangan dalam menebar islam dan ilmu. Semoga Naila bisa menjadi generasi qur’ani dan turut serta dalam membangun peradaban yang baik di kemudian hari.



Ya Allah..

Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu. Engkau jadikan segumpal darah dari setitik benih. Engkau jadikan segumpal daging, tulang belulang, dan Engkau tiuprah ruh kepadanya. Sehingga hadirlah putri cantik nan sholihah untuk melengkapi kebahagiaan di keluarga kami. Insya Allah, aa yang akan menjadi penguat dan penghibur dalam keluarga kecil kami. Dalam suka dan duka. Di saat kondisi senang dan sedih.



Ya Allah..

Jadikan ia seorang insan yang selalu dekat dan patuh kepadaMu. Ia yang senantiasa bersih hatinya, santun perilakunya, dan berbakti di atas agamanya. Jadikan ia insan yang mampu membahagiakan orang tua dan orang-orang di sekelilingnya atas izinMu.



Ya Allah..

Hanya kepadaMu lah kami berserah diri. Hanya kepada Engkau kami meminta. Kuatkan dan mampukan kami dalam mendidiknya. Ingatkan kami jika kami lalai. Sesungguhnya, semua adalah titipanmu. Bantulah kami dalam merawat dan mendidiknya. Aamiin..

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Contoh Ucapan Tasyakuran Aqiqah Anak Laki-Laki

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT, pemilik segalanya. Dengan memohon rahmat dan ridhoNya, kami sekeluarga bermaksud untuk mengundang bapak/ibu/saudara untuk hadir dalam acara tasyakuran aqiqah putra pertama kami atas nama :


Muhammad Fairuz Nadhir Amrullah

Insya Allah tasyakuran aqiqah akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Ahad, 20 Januari 2019
Waktu : 09.00 WITA – selesai
Alamat : Jl. Kancoa Rida No. 28, Tegal Sari, Rato, Sila Bima



Besar harapan kami agar bapak/ibu/saudara turut hadir dalam acara tasyakuran aqiqah ini. Merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi kami sekeluarga. Atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Keluarga yang Berbahagia

Abdullah Rahmat Yusuf & Fatimah Azzahra Abdullah

 

Kesimpulan

Itu tadi informasi lengkap mengenai aqiqah mulai dari pengertian, hukum, tata cara, doa, hingga contoh Ucapan Tasyakuran Aqiqah.

 

Perlu diingat, syukuran aqiqah memang merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Namun demikian, Mom tak perlu memaksa diri untuk melakukan perayaan yang mewah.

 

Sesuaikan saja dengan kemampuan finansial Mom sekeluarga. Sebab tujuan aqiqah yang paling utama adalah mengucap syukur atas kelahiran anak sekaligus mendoakannya. Semoga bermanfaat!

 

Sumber: Karimaaqiqah.com

Post a Comment

0 Comments