Prinsip Kerja Mesin Bubut Pada Home Industry untuk Memotong

Prinsip Kerja Mesin Bubut Pada Home Industry untuk Memotong

Konten [Tampil]

Mesin bubut adalah suatu mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Prinsip kerja mesin bubut sendiri menurut buku general machinist theory (2011) merupakan suatu proses pemakanan benda kerja untuk mendapatkan bentuk dan ukuran dengan menggerakan pahat baik sejajar maupun tegak lurus sumbu putar dari benda kerja. Sedangkan mesin bubut turret adalah mesin bubut yang digunakan untuk memproduksi benda yang identik dalam jumlah yang sedikit.

 

Prinsip kerja mesin bubut

Mesin bubut adalah mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Mesin bubut sendiri pada proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara menggerakan pahat ke arah secara sejajar dengan sumbu putar benda kerja dengan kondisi benda kerja yang sedang berputar.

 

Jadi Prinsip Kerja Mesin Bubut adalah benda kerja berputar, sedangkan pahat bubut bergerak secara memanjang dan melintang. Dari proses pemakanan dihasilkan sayatan atau pengurangan dimensi benda kerja dan bentuk benda kerja yang umumnya simetris.

 

Jenis-jenis mesin bubut berdasarkan dimensinya

1. Mesin bubut ringan

Ukuran mesin ini relatif kecil dan sederhana dengan panjang mesin umumnya tidak lebih dari 1200 mm diperuntukkan untuk pekerjaan membubut objek yang berukuran kecil dan ringan.

 

Mesin bubut ringan ini bisa diletakkan di ruangan yang tidak terlalu besar dan cukup mudah dijangkau dengan tidak melupakan keamanannya karena ukurannya yang lebih kecil dari ukuran mesin bubut lainnya, sehingga sangat cocok untuk latihan dan industri rumah tangga.

 

Mesin bubut ini bisa dibawa atau di angkat oleh satu orang karena memilki berat yang ringan dan ukuran yang mini. Mesini ini biasa kita jumpai di beberapa sekolah mesin yang di gunakan untuk latihan dan pembelajaran.

 

2. Mesin bubut sedang (medium lathe)

Mesin bubut sedang digunakan untuk pekerjaan yang memiliki banyak variasi dan membutuhkan ketelitian mesin bubut jenis ini dapat membubut material dengan diameter sampai dengan 200 mm dan panjang 100 mm mesin bubut sedang memiliki konstruksi yang lebih detail dan dilengkapi dengan peralatan khusus.

 

Tidak hanya untuk menghasilkan perkakas, mesin bubut sedang juga dapat digunakan untuk memperbaiki perkakas dan cocok digunakan sebagai peralatan pelatihan di sekolah.

 

3. Mesin bubut standard

Jenis mesin bubut ini merupakan standar dalam pembuatan mesin bubut pada umumnya memiliki komponen yang sama seperti pada mesin bubut ringan dan sedang namun dilengkapi dengan keran pendingin, lampu kerja, bak penampung beram, dan rem, namun mesin bubut standar memiliki ukuran yang besar dan lebih berat. Mesin bubut standar ini paling banyak digunakan di home industry.

 

4. Mesin bubut meja panjang

Mesin ini yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan panjang dan besar, bahan roda gigi dan lainnya. Mesin bubut ini biasa digunakan oleh industri.

 

Jenis dan prinsip kerja mesin bubut

1. Mesin bubut centre lathe

Mesin bubut ini menggunakan poros spindle yang memiliki chuck berahang pada satu sisinya sebagai alat cengkram material. Mesin bubut centre lathe paling banyak digunakan pada industri karena dirancang untuk berbagai macam bentuk.

 

2. Mesin bubut sabuk

Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi yang digerakkan sabuk atau puli pada poros spindel. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.

 

3. Mesin bubut vertical turning and boring milling

Mesin bubut vertikal ini sama seperti prinsip kerja mesin bubut pada umumnya namun perbedaannya posisi pahatnya berada pada posisi vertikal. Mesin biasanya bekerja otomatis, yang tidak dilakukan secara otomatis hanyalah pemasangan proses pemasangan benda kerja, setting benda kerja dan proses menyalurkan produk-produk yang telah dikerjakan. Maka dari itu satu pekerja dapat mengawasi beberapa buah mesi.

 

4. Mesin bubut facing lathe

Mesin bubut ini digunakan untuk membubut benda kerja memiliki piringan yang besar. Benda-benda kerjanya dikencangkan dengan cakar-cakar yang dapat disetting pada sebuah pelat penyeting yang besar, tidak terdapat kepala lepas.

 

5. Mesin bubut turret

Mesin bubut turret adalah mesin bubut yang memiliki kemampuan untuk mengerjakan material secara identik sama. Maksud identik disini adalah mesin bekerja sesuai dengan urutan kerja yang telah diatur oleh operator mesin sehingga sangat cocok untuk produksi material secara masal di industri kecil maupun besar.

 

6. Mesin bubut turret jenis sadel

Mempunyai turret yang dipasangkan langsung pada sadel yang bergerak maju mundur dengan turret.

 

7. Mesin bubut vertikal

Sebuah mesin yang mirip frais pengebor vertikal, tetapi Prinsip Kerja Mesin Bubut memiliki karakteristik pengaturan turret untuk memegang pahat terdiri atas pencekam atau meja putar dalam kedudukan horizontal, dengan turret yang dipasangkan di atas rel penyilang sebagai tambahan, terdapat paling tidak satu kepala samping yang dilengkapi dengan turret bujur sangkar untuk memegang pahat.

Sumber: digilib.polban.ac.id

Post a Comment

0 Comments