Paragraf Naratif, Contoh Paragraf Naratif Singkat dan Strukturnya

Paragraf Naratif, Contoh Paragraf Naratif Singkat dan Strukturnya

Konten [Tampil]

Paragraf Naratif, Contoh Paragraf Naratif Singkat dan Strukturnya

Paragraf naratif merupakan salah satu jenis paragraf yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), narasi adalah penuturan suatu kejadian dan cerita atau gambaran tentang suatu kejadian atau peristiwa. Paragraf naratif adalah paragraf yang berisi uraian tentang suatu cerita tentang sesuatu.

 

Paragraf Naratif

Paragraf naratif menggambarkan suatu peristiwa atau peristiwa, baik fiksi maupun nonfiksi. Narasi sering digunakan dalam penyajian berita, jurnal penelitian ilmiah, buku ilmiah, hingga karya sastra seperti novel dan cerpen.

 

Dilansir dari Thought Co, sebuah narasi dapat berupa penjelasan dan analisis serangkaian ide, argumen yang mencoba membujuk pembaca ke pasang surut tertentu, atau deskripsi tertulis tentang pengalaman visual.

 

Anda tentu sering membaca berbagai teks (wacana). Di antara teks-teks yang Anda baca, tentu ada jenis-jenis teks naratif atau narrative, deskriptif atau deskripsi, eksposisi atau eksposisi, dan persuasif atau persuasif.

 

Semua jenis teks memiliki karakteristik yang berbeda. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan narrative text atau paragraf. Lalu apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan teks naratif? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak penjelasan berikut ini.

 

Pengertian Paragraf Naratif

Sebelum mengetahui pengertian paragraf naratif, ada baiknya kita terlebih dahulu memperjelas definisi kata “narasi” dan apa perbedaannya dengan kata “narasi”.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Narasi adalah 1) penuturan suatu cerita atau peristiwa; 2) cerita atau gambaran tentang suatu peristiwa atau peristiwa atau cerita. Sedangkan naratif adalah naratif atau menggambarkan (explain).

Ciri-Ciri Paragraf Naratif

Untuk membedakan paragraf naratif dengan jenis paragraf lainnya, khususnya paragraf deskriptif, berikut beberapa unsur pokok yang terdapat dalam teks naratif.

  1. Ada unsur aksi atau action.
  2. Ada unsur time series dan informasi.
  3. Ada sudut pandang penulis.
  4. Menggunakan urutan waktu dan tempat yang berhubungan secara kausal.
  5. Ada unsur karakter yang digambarkan dengan memiliki watak atau watak yang jelas.
  6. Ada seperangkat tempat, waktu, dan suasana.
  7. Memiliki alur atau plot.
  8. Termasuk jenis tulisan ilmiah atau nonfiksi atau biografi, autobiografi, sejarah, silsilah.
  9. Termasuk jenis tulisan fiksi atau fantasi (cerpen, novel, roman).
  10. Tidak memiliki kalimat utama (semua kalimat adalah detail).
  11. Bertujuan untuk memberitahu.

 

Jenis Paragraf Narasi

Berdasarkan sifatnya, esai atau paragraf naratif dibedakan menjadi dua, yaitu paragraf naratif sugestif dan paragraf naratif ekspositori. Berikut ini adalah pengertian dari kedua jenis paragraf naratif tersebut.

 

Paragraf Narasi Sugestif (imajinatif/fiksi)

Paragraf yang menggambarkan rangkaian tindakan sedemikian rupa dengan tujuan merangsang imajinasi/imajinasi pembaca. Contohnya termasuk cerita pendek, novel, dan roman.

 

Paragraf Narasi Ekspositori (faktual/nonfiksi)

Paragraf yang menggambarkan rangkaian tindakan secara informatif dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan. Contohnya adalah biografi, otobiografi, dan laporan perjalanan.

 

Struktur Paragraf Narasi

Struktur karangan narasi dapat dilihat dari cara pengarang menceritakan tokoh-tokohnya dalam bentuk alur atau plot. Ada dua macam struktur paragraf naratif berdasarkan alur atau alurnya, yaitu:

 

Struktur paragraf naratif kronologis

  1. Acara awal
  2. Acara inti
  3. Acara terakhir.

 

Struktur paragraf narasi kilas balik

  1. Acara inti atau akhir (sekarang)
  2. Peristiwa awal (masa lalu)

 

Yuk kita simak Contoh Paragraf Naratif Singkat di bawah ini!

Contoh Paragraf Naratif Singkat 1

Pendidikan merupakan hal yang esensial dalam kehidupan manusia. Pendidikan membuat seseorang memiliki bekal untuk menjalani hidup dan mewujudkan impiannya. Pendidikan bukan hanya tentang materi ilmiah tetapi mencakup tata krama, etika kerja, hingga cara bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Selain menjadi bekal kehidupan pribadi, pendidikan juga menjadi bekal bagi generasi penerus bangsa. Pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang baik pula sehingga negara dapat lebih maju karenanya. Oleh karena itu, sangat penting bagi semua generasi muda untuk mendapatkan pendidikan yang layak untuk masa depan mereka sendiri serta masa depan negara.

 

Contoh Paragraf Naratif Singkat 2

Islandia adalah negara seluas 103.000 kilometer yang terletak di barat laut Eropa. Islandia menduduki peringkat kedua negara paling bahagia di dunia, padahal biaya hidup di Islandia jauh lebih mahal dibanding negara Eropa lainnya. Ini karena Islandia adalah negara teraman di dunia.

 

Di Islandia, kejahatan jarang terjadi, meskipun negara itu tidak memiliki armada militer. Faktor lain yang membuat Islandia menjadi negara yang makmur dan bahagia adalah sistem pendidikannya yang sangat baik.

 

Semua sekolah negeri di Islandia tidak memungut biaya untuk siswanya, hanya biaya pendaftaran yang relatif murah. Sehingga siapa pun dapat bersekolah dan memiliki kesempatan yang sama di Islandia. Satu lagi fakta menarik dari Islandia, yaitu sama sekali tidak ada nyamuk di Islandia.

 

Contoh Paragraf Naratif Singkat 3

Pada tanggal 26 Desember 2004, gempa bumi berkekuatan 9,3 Skala Richter mengguncang Samudera Hindia dengan kedalaman hanya sekitar 10 kilometer. Gempa tersebut berasal dari pergerakan lempeng samudera dan berlangsung selama 10 menit tanpa henti. Gempa bumi mengakibatkan pergerakan kolom air yang sangat besar menghasilkan gelombang laut setinggi 100 kaki yang disebut Tsunami.

 

Gelombang tsunami menghantam wilayah terdekat, yakni Kota Banda Aceh dengan kecepatan 360 kilometer per jam. Gelombang kuat merenggut 320.000 nyawa dengan lebih banyak lagi yang terluka.

 

Tsunami melanda kota tersebut, menghancurkan segala macam infrastruktur dengan kerugian yang diperkirakan mencapai puluhan triliun rupiah. Besarnya gelombang membuat tsunami Aceh tercatat sebagai bencana tsunami paling mematikan dalam sejarah manusia.

 

Contoh Paragraf Naratif Singkat 4

Buku tersebut menceritakan tentang dewa Apollo yang kuat dan cantik yang diubah menjadi manusia fana tanpa kekuatan ilahi oleh ayahnya sendiri, Zeus. Ia dibuang ke dunia manusia dalam wujud remaja berjerawat dengan perut buncit tanpa modal sedikitpun untuk bertahan hidup. Pertama kali dia bangun di bumi, Apollo telah dikeroyok oleh preman-preman kecil.

 

Yang lebih menyedihkan adalah dia dibantu oleh putri setengah dewa yang aneh. Kehidupan dewanya yang agung berubah menjadi pesuruh demigod. apa yang terjadi pada Apollo selanjutnya akan mengejutkan Anda, tertawa, dan juga menyadari bahwa tidak buruk menjadi manusia.

 

Contoh Paragraf Naratif Singkat 5

Budi adalah seorang guru honorer di sebuah SMA di kota besar. Dia tidak menikah, tinggal dengan ibu yang sakit, dan seorang adik perempuan yang masih kuliah. Gajinya sebagai guru honorer hanya mampu memberi makan sekali sehari untuk ibu dan adiknya. Namun, Budi tidak pernah tanggung-tanggung dalam menjalankan perannya sebagai guru.

 

Ia dikenal sebagai guru yang menyenangkan namun tegas, ia juga tidak keberatan membantu siswanya belajar di luar jam sekolah. Pada hari ulang tahunnya dia mengajar di kelas seperti biasa. Tetapi seorang siswa maju dan meletakkan kantong kertas cokelat di mejanya. Ketika ditanya apa yang ada di dalam tas, tidak ada satupun siswa yang menjawab.

 

Budi membuka tas yang ternyata berisi uang. Saat ditanya maksud dari uang tersebut, salah satu siswa menjawab bahwa uang tersebut sengaja dikumpulkan oleh teman sekelasnya. Karena Budi adalah guru yang sangat baik, mereka mau membantu biaya pengobatan ibunya.

 

Penutup

Hadiah uang tersebut diberikan sebagai bentuk rasa terima kasih dan rasa hormat dari para siswa atas cinta dan ajaran yang telah diberikan Budi selama ini. Mendengar alasan paragraf naratif itu, Budi sangat terharu dan memeluk anak didiknya itu. Tak disangka ketulusan hatinya melahirkan kebaikan di hati murid-muridnya.

 

Sumber: Kompas

Post a Comment

0 Comments