Jenis Mesin CNC untuk Membuat Lekukan dan Plasma Cutting

Jenis Mesin CNC untuk Membuat Lekukan dan Plasma Cutting

Konten [Tampil]

Jenis Mesin CNC untuk Membuat Lekukan dan Plasma Cutting

Dahulu, kegiatan produksi pada industri menggunakan Jenis Mesin CNC yang notabene dioperasikan oleh tenaga manusia yang disebut operator. Namun, resiko human eror dan besarnya cost yang harus dikeluarkan membuat pelaku industri harus mencari cara yang lebih efektif untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat human eror dan menghemat cost tanpa mengganggu proses produksi.

 

Jenis Mesin CNC

Belum lagi besarnya material yang digunakan pada proses produksi, sehingga membuat industri tersebut harus menambah lebih banyak orang untuk mengerjakan proses tersebut. Jenis Mesin CNC (Computer Numerical Control) telah secara masif digunakan dalam dunia manufaktur.

 

CNC sendiri merupakan sistem permesinan yang dikendalikan dengan komputer, perangkat ini memungkinkan pabrik untuk mengotomatisasikan kerja manufaktur yang biasanya dilakukan manual. Pemanfaatan mesin ini berdampak signifikan karena mempertinggi tingkat produktivitas, minim limbah, dan mengurangi tingkat kegagalan proses produksi.

 

Perkembangan teknologi saat ini bukan hanya mempengaruhi industri komunikasi dan komputer saja tapi juga mempengaruhi industri manufaktur. Efeknya, saat ini banyak mesin industri skala besar yang dibuat dengan sistem otomatis. Salah satu jenis mesin otomatis yang paling banyak digunakan adalah mesin CNC (Computer Numerical Control).

 

Prinsip Kerja Mesin CNC

Sebenarnya, prinsip kerja dari mesin CNC ini hanya memindahkan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi otomatis. Cukup dengan memasukan data pengerjaan seperti panjang, lebar, dan bentuk yang akan diproses kemudian sistem komputer yang terhubung pada mesin akan bekerja secara otomatis.

 

Secara garis besar alurnya yaitu: membuat drawing - Programming - Memasukan program pengerjaan (drilling, boring, milling, etc) - proses manufaktur berjalan secara otomatis

 

Kelebihan Mesin CNC:

  1. Meminimalisir terjadinya human eror
  2. Hemat pengeluaran
  3. Lebih tahan lama dibanding mesin manual
  4. Mengurangi sampah produksi atau scrap
  5. Tingkat keakuratan lebih tinggi

 

Jenis Mesin CNC

  1. Mesin Milling CNC 5 Axis
  2. Mesin Bubut CNC
  3. Mesin CNC Plasma Cutting
  4. Mesin Frais CNC
  5. Mesin Pembuat Lekukan

 

Kebanyakan mesin cnc saat ini hanya dapat mengerjakan material dengan ukuran yang terbatas atau tidak terlalu besar. Tapi, jika Anda sedang mencari mesin CNC untuk pengerjaan material yang ukurannya besar tidak perlu bingung, karena Testindo menjual mesin CNC dengan panjang kurang lebih 8 meter untuk mengerjakan berbagai proses industri seperti drilling, milling, boring, dan lainnya.

 

Penutup

Itulah jenis mesin CNC yang paling umum digunakan dalam industri khususnya manufaktur. Terdapat banyak jenis lain yang jarang digunakan misalnya mesin CNC Penekuk, Laser Cutter, Pick and Place, dan Tube Bending. 

 

Gambar diatas adalah bentuk mesin CNC yang dijual oleh PT Testindo. Jika Anda berminat, silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0813 9929 1909Email: sales@tesindo.com

 

Sumber: testindo.com

Post a Comment

0 Comments