Fungsi Spektrofotometer, Banyak yang Tidak Tahu Alat Ini!

Fungsi Spektrofotometer, Banyak yang Tidak Tahu Alat Ini!

Konten [Tampil]

Fungsi Spektrofotometer, Banyak yang Tidak Tahu Alat Ini!

Adanya teknologi yang semakin berkembang dan maju, memungkinkan banyak sekali ditemukan berbagai alat canggih yang bisa memudahkan pekerjaan manusia. Diantaranya dengan hadirnya berbagai peralatan laboratorium yang canggih, salah satunya Fungsi Spektrofotometer.

 

Fungsi Spektrofotometer

Dengan adanya peralatan canggih di laboratorium tentu akan semakin memudahkan Anda dalam mengidentifikasi senyawa yang terkandung dalam suatu zat tertentu. Salah satu alat yang banyak digunakan oleh para petugas di laboratorium adalah spektrofotometer. Yuk simak ulasan selengkapnya agar Anda lebih memahami fungsi spektrofotometer ini!

Baca juga: Cara Penggunaan Gas Detector Yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi Spektrofotometer dan Cara Penggunaannya

Jika Anda belum tahu apa fungsi beserta penggunaan dari salah satu alat lab spektrofotometer, berikut ini adalah informasinya yang lebih lengkap!

 

Apa Itu Spektrofotometer

Seperti yang dilanbahwa spektrofotometer adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengukur dan membaca, bahkan untuk menganalisa sebuah senyawa tertentu. Kandungan senyawa tersebut terkandung pada suatu zat.

 

Baik dari segi kuantitatif dan segi kualitatif.

Jenis alat tersebut telah banyak dipakai pada berbagai bidang. Seperti, industri kimia, farmasi, hingga di bidang medis. Selain itu, spektrofotometer telah dilengkapi dengan sinar UV, yang bermanfaat untuk mengukur bahan yang  terbaca dengan panjang gelombang di bawah 400 nanometer.

 

Jadi intinya, alat tersebut merupakan gabungan dari spektrometer dan fotometer. Dimana spektrometer tersebut akan memberi hasil sinar spektrum dengan panjang gelombang tertentu saat digunakan. Sementara fotometer digunakan sebagai pengukur intensitas cahaya, yang berhasil ditransmisikan atau diabsorbsikan.

 

Fungsi dan Manfaat Spektrofotometer

Pada umumnya, jenis peralatan laboratorium spektrofotometer digunakan untuk melakukan analisa, ataupun menghitung seberapa besar konsentrasi senyawa yang terdapat pada sebuah sampel. Contohnya, jika Anda ingin mengetahui seberapa besar konsentrasi nikel yang terkandung pada sampel air limbah yang ada di laut.

 

Namun dalam dunia medis alat, Fungsi spektrofotometer sebagai pengukuran konsentrasi beberapa molekul penting. Seperti DNA, protein hingga kultur sel bakteri. Karena penggunaan jenis alat tersebut, hasil perolehan analisa dan perhitungannya terbilang cukup akurat.

 

Jadi, hasil pengukuran dari alat tersebut menunjukkan angka yang bisa terbaca dan dicatat oleh detector, yang nantinya bisa divisualisasikan dalam bentuk grafik atau angka digital.

 

Cara Penggunaan Spektrofotometer

Nah, untuk penggunaan alat tersebut, harus mengikuti panduan yang sudah ditentukan oleh ahlinya. Karena dalam menggunakannya, tidak boleh sembarangan. Namun  jika spektrofotometer digunakan secara asal, maka bisa memungkinkan hasil analisa yang diperoleh tidak bisa akurat. Bahkan bisa merusak alat tersebut.

 

Tahap pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menetapkan atau menentukan sampel senyawa yang akan dianalisa lebih dulu. Setelah menyiapkan sampel yang akan dianalisis, maka selanjutnya, tentukan senyawa apa yang akan dinilai dari sampel tersebut, misalnya kandungan protein atau zat lainnya.

 

Nah, itulah ulasan mengenai fungsi spektrofotometer beserta cara penggunaannya, yang wajib Anda ketahui. Semoga  ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi Anda, dan terima kasih. 

Post a Comment

0 Comments