Pidato Pernikahan Bahasa Jawa Krama Inggil Yang Sederhana

Pidato Pernikahan Bahasa Jawa Krama Inggil Yang Sederhana

Konten [Tampil]

Pidato Pernikahan Bahasa Jawa Krama Inggil Yang Sederhana

Pidato Pernikahan Bahasa Jawa Krama Inggil Yang Sederhana. Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia, suku jawa tidak hanya mendiami Pulau Jawa saja atau tepatnya di Jawa Tengah dan Di Jawa Timur, namun juga tersebar di seluruh pelosok tanah air, dari sabang sampai meroke bahkan suku Jawa juga merupakan salah satu suku terbesar di Negara Suriname, yang sangat jauh jaraknya dari Indonesia.

 

Suku Jawa dikenal sangat memegang teguh budaya, walau mereka sudah merantau di luar negeri berpuluh-puluh tahun sekalipun, itulah salah satu kehebatan orang Jawa.

 

Karena sangat teguhnya memegang budaya tersebut maka salah satu hal yang paling sakrar dalam kehidupan manusiapun tidak luput dari kebiasaan budaya tersebut salah satunya adalah pernikahan.

 

pernikahan terlebih yang menikah adalah orang jawa dengan orang jawa, atau orang jawa dengan sunda atau sumatera maka biasanya terkadang diselenggarakan dengan adat Jawa. Adat Jawa ini sangatlah kental dan berbeda dengan adat suku manapun di dunia ini

 

Teks MC Pernikahan Bahasa Jawa Kromo Inggil Sederhana.

Bahasa Jawa seperti kita ketahui memiliki tingkatan tersendiri, mulai dari bahasa kasar(ngoko), biasa dan kromo inggil . dan kromo inggil sendiri dikenal sebagai bahasa yang paling halus dan tentu selain digunakan di wilayah keraton, juga digunakan dalam upacara-upacara adat yang salah satunya adalah pernikahan.

 

Blog alchosilber telah menshare teks mc pernikahan bahasa sunda, teks mc pernikahan bahasa indonesia dan teks pernikahan mc modern, serta ada juga yang berbahasa asing. Kali ini blog alchosilber akan berbagi Teks MC Pernikahan Bahasa Jawa Kromo Inggil Sederhana, sengaja dibuatkan kromo inggil yang sederhana agar mudah dipelajari dan difahami.

 

Selain berbagi kumpulan MC Bahasa Jawa dalam hal budaya Jawa, blog ini juga akan berbagi kumpulan pidato bahasa jawa, semua bisa anda simak pada link-link yang sudah tersedia di blog ini. Silahkan tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan.

 

Persiapan MC Pernikahan Adat Jawa

Adapun yang harus dipersiapkan sebelumnya sebelum memulai pembacaan susunan acara, jika anda sebagai MC anda terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan pihak keluarga, ada beberapa hal yang harus anda ketahui diantaranya:

 

Nama mempelai pria dan wanita

  1. Nama orang tua mempelai pria dan wanita
  2. Alamat dari mempelai pria, Jika keluarga mempelai pria adalah bukan orang Jawa perlu dipertimbangkan kembali menggunakan teks MC bahasa Jawa
  3. Susunan upacara pernikahan adat jawa yang dikehendaki oleh keluarga
  4. Kapan acara akad akan dimulai (perkiraan jamnya)
  5. Siapa saja tamu yang diundang, khususnya tamu kehormatan yang mungkin perlu disebutkan namanya
  6. Acara setelah acara walimah selasai, seperti acara hiburan dll, pastikan anda mengetahui siapa yang akan jadi pembawa acaranya, jika anda berlanjut menjadi MC maka harus dipersiapkan juga
  7. Harus koordinasi dengan bagian soundsistem
  8. Harus mengetahui siapa di keluarga yang menjadi ketua panitia atau IO

 

Contoh Teks MC Pernikahan Adat Jawa

Untuk contoh teks MC Pernikahan adat Jawa bisa anda baca di tampilan dibawah ini, anda bisa mencatatnya ulang di kertas atau dibuku. untuk mendownloadnya silahkan klik di menu download yang tersedia.

 

Semoga contoh Teks MC Pernikahan Bahasa Jawa Kromo Inggil Sederhana dari blog alchosilber ini bisa bermanfaat jangan lupa di jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

ARTIKEL LAINNYA

Post a Comment

0 Comments