Kata Baku Cinderamata, Cenderamata atau Cinderamata? Cek KBBI

Kata Baku Cinderamata, Cenderamata atau Cinderamata? Cek KBBI

Konten [Tampil]

Kata Baku Cinderamata, Cenderamata atau Cinderamata? Cek KBBI

Manakah yang benar, cenderamata atau cinderamata?
Manakah yang merupakan kata baku, cinderamata atau cenderamata?



Kata Baku Cinderamata

Kata cenderamata atau cinderamata memiliki arti kenangan atau oleh-oleh. Mungkin tidak ada yang memperdebatkan artinya. Lalu bagaimana dengan cara penulisan cenderamata yang benar? Manakah yang benar dari kedua kata tersebut? Pada tulisan kali ini kita akan membahasnya dengan rinci.

Sebelum menentukan mana kata yang benar, maka kita harus terlebih dahulu menentukan kata dasar yang benar, cendera atau cindera dan mata.

Manakah yang benar, cendera atau cindera?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata yang benar adalah cendera, bukan cindera. Kata cindera tidak ditemukan dalam KBBI.


Arti kata cendera menurut KBBI

Nyenyak (tidur). Misalnya Rani tidur dengan cendera.

Kekasih atau belahan jiwa.

 

Yang Benar adalah cendera.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kata yang benar adalah cenderamata, bukan cinderamata.

Bagaimanakan penulisan kata cenderamata yang benar?

Apakah dipisah atau disambung?
Cara menuliskan cenderamata adalah?

Kata cenderamata yang benar digunakan dengan disambung.
Cenderamata, bukan cendera mata.

Penulisan kata cenderamata disambung karena kata ini akan memiliki perubahan arti apabila dipisah. Cendera (nyenyak) dan mata.

 

Ternyata dari cinderamata, cindramata maupun cenderamata tidak ada yang baku, yang paling baku adalah cendera mata. Cendera mata /cêndêra mata/ dalam KBBI memiliki dua arti yaitu (1) pemberian (sebagai kenang-kenangan, sebagai pertanda ingat, dan sebagainya) atau tanda mata; (2) kekasih atau jantung hati.

 

Kata cenderawasih juga harus ditulis dengan cenderawasih bukan cendrawasih, karena berasal dari akar kata yang sama. Cenderawasih sendiri berasal dari gabungan kata चन्द्र | candra | bulan dan vasi | hidup.

 

Kata cendera berasal dari bahasa Sanskerta चन्द्र | candra yang berarti bulan. Kata ini diserap dan berubah maknanya dalam bahasa Melayu dan Indonesia menjadi kekasih hati. Dalam bahasa Jawa, kata candra masih ada dan maknanya tidak berubah.

 

Mungkin kamu sering menemukan kata "cenderamata" atau "cinderamata",  tapi di sisi lain mungkin juga kamu sering menemukan kata tersebut penulisannya dipisah, yaitu "cendera mata" atau "cindera mata", Sebenarnya yang mana penulisan yang benar dan baku? Dipisah apa disambung, menggunakan spasi atau tidak? Ini Jawabannya:


Penulisan yang benar, yang tercantum di KBBI adalah cendera, bukan cindera. Cenderamata artinya suvenir, kenang-kenangan, atau oleh-oleh.

 

Penulisannya disambung, atau digabung, atau tanpa spasi. Jadi yang benar adalah cenderamata, bukan cinderamata, bukan juga cendera mata.

Berikut contohnya dalam kalimat

Ibu baru pulang dari Jakarta dan membawa cenderamata.

Cenderamata yang kudapat dari pesta pernikahannya sungguh menarik..

Itulah cara penulisan kata "cenderamata" yang benar dan baku, beserta pengertian dan contoh kalimatnya.

ARTIKEL LAINNYA

Post a Comment

0 Comments