Biaya Tune up Motor Yamaha untuk Jenis Motor Bebek Matic

Biaya Tune up Motor Yamaha untuk Jenis Motor Bebek Matic

Konten [Tampil]

Biaya Tune up Motor Yamaha untuk Jenis Motor Bebek Matic

Tidak dipungkiri Biaya Tune up Motor Yamaha sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Selain angkutan umum, kendaraan inilah yang selalu digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengantarnya beraktivitas. Dikarenakan setiap hari digunakan, tentu harus dilakukan perawatan rutin agar kondisi motor tetap dalam keadaan prima.

 

Biaya Tune up Motor Yamaha

Sebaliknya, bila jarang diservis, maka performa motor akan menurun bahkan akan cepat rusak. Kerusakan yang dibiarkan akan merembet kemana-mana dan malah menambah biaya lebih mahal lagi.  Untuk mengantisipasinya, perlu dilakukan servis secara berkala.

 

Nah, untuk Anda yang masih belum tau berapa Biaya Tune up Motor Yamaha, berikut ini perkiraannya.

 

Gratis Servis Pertama di Bengkel Resmi

Anda yang pernah atau bahkan baru pertama kali membeli motor baru, tentu sudah memahami jika ada gratis servis pertama di bengkel resmi Yamaha. Tidak hanya satu, biasanya akan mendapatkan empat kali servis gratis sesuai dengan jarak tempuh, yaitu sekitar KM 500, 2.000, 4.000, dan 8.000. Sedangkan untuk servis berikutnya dikenakan biaya sebagaimana seharusnya, termasuk pergantian oli dan suku cadang.

 

Biaya Servis Motor Yamaha Servis Tune Up Rutin

Perawatan pertama yang harus dilakukan secara rutin adalah servis turn up. Mengapa servis ini terbilang wajib dikarenakan kondisi motor yang tidak selalu dalam keadaan baik.

 

Ada beberapa cakupan yang meliputi servis ini, seperti pengecekan tekanan ban, mengecek kondisi atau tegangan rantai, mengecek dan membersihkan injeksi, karburator dan radiator dibersihkan, mengecek alat ECU dan kelistrikan, membersihkan saringan udara, dan masih banyak lagi.

 

Umumnya Biaya Tune up Motor Yamaha sekitar Rp 65 ribu hingga Rp 100 ribu untuk jenis motor bebek dan matik, seperti supra, jupiter, mio beat, fino, vario, freego, scoopy dan lain-lain. Untuk jenis motor sport sekitar Rp 75 ribu hingga 220 ribu, antara lain seperti Vixion, CB150R, Satria FU, Ninja dan lainnya.

 

Untuk masalah biaya dilansir dari kompas.com, servis tune up pada umumnya sekitar Rp 65ribu hingga Rp 100ribu untuk jenis motor bebek dan matic, di antaranya seperti Supra, Jupiter, Mio, Beat, Fino, Vario, Freego, Scoopy, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jenis motor sport sekitar Rp 75 ribu hingga 220 ribu, di antaranya seperti Vixion, CB150R, Satria Fu, Ninja, dan lain sebagainya.

 

Pastikan juga untuk membawa uang lebih saat servis. Karena bukan tidak mungkin perbaikan tambahan seperti pergantian suku cadang, atau biaya tambahan lainnya bisa muncul. Tentunya pihak bengkel motor akan memberi tahu kerusakannya terlebih dahulu, dan menanyakan kepada pemilik kendaraan untuk segera diganti atau tidak.

 

Ganti Oli

Setelah servis tune up, Anda juga dianjurkan untuk selalu  mengecek kondisi oli dan menggantinya. Ini wajib dilakukan secara rutin supaya mesin motor dalam performa yang baik dan terbebas dari gangguan. Sebab, oli memiliki fungsi sebagai pelumas melapisi bagian logam, dan melindungi mesin agar tidak mudah berkarat.

 

Perlu diingat pula penggunaan oli juga harus disesuaikan dengan jenis motor dan anjuran pabrikan. Konsultasi perlu dilakukan dengan mekanik bengkel untuk mengetahui jenis oli yang tepat. Untuk biaya ganti oli, umumnya sekitar Rp 45ribu hingga Rp 150ribu per-liter. Hal ini bergantung atas merek oli dan atau varian beserta tipe motor yang digunakan.

 

Kampas Rem

Rem merupakan salah satu sparepart yang penting harus selalu dipantau kualitasnya setiap bulan, karena menyangkut keselamatan saat berkendara. Akan tetapi, mekanik biasanya akan memberitahukan apakah kampas rem motor tersebut perlu diganti atau tidak.

Terdapat dua jenis kampas rem motor dengan harga yang berbeda juga, yakni, kampas rem cakram yang harganya sekitar Rp 45ribu hingga Rp 62ribu dan kampas rem tromol harganya sekitar Rp 35ribu hingga Rp 52ribu. Sudah termasuk biaya jasa pemasangan.

 

Spare part Lainnya

Untuk yang terakhir, biaya servis motor dari beberapa spare part yang usianya tidak bisa bertahan lama, dan tidak bisa diprediksi secara pasti. Karena kondisinya yang tergantung penggunaan, maka perlu dicek secara rutin. Seperti sparepart pada motor matik yakni Roller yang harganya berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 35ribu. Selain itu, V belt yang harganya sekitar Rp 75ribu sampai Rp 150ribu.

 

Servis Motor di Bengkel Resmi Yamaha

Jika Anda tidak terlalu memahami spare part yang bagus, lebih baik Anda membawa motor ke bengkel resmi saja. Hal ini dikarenakan ada beberapa keuntungan jika Anda servis motor di bengkel resmi. Berikut ini ulasannya.

 

Memiliki Montir Berpengalaman

Bisa dibilang montir yang bekerja pada bengkel resmi adalah montir yang berpengalaman dan memiliki SOP yang baik. Sebab, untuk bekerja di bengkel resmi, montir akan melalui berbagai tes. Tidak hanya tes saja, montir-montir juga akan Diberikan pelatihan yang membuat pekerjaannya bisa sesuai dengan standarisasi pabrik.

 

Spare Part Lengkap dan Original

Bila di bengkel biasa Anda kesulitan untuk mencari spare part, hal itu tidak akan terjadi jika Anda servis motor di bengkel resmi. Hampir bisa dipastikan suku cadang di bengkel resmi akan selalu ada. Jikapun habis, pastinya akan di re-stock dalam waktu yang tidak lama. Jadi Anda tidak perlu khawatir motormu akan diakal dan dipaksain tanpa suku cadang yang sesuai.

 

Sesuai Standar Pabrikan Motor

Mengenai kualitas pengerjaan sudah tidak perlu diragunakan lagi jika Anda servis motor di bengkel resmi. Sebab, setiap pabrikan motor resmi sudah memiliki SOP dan harus diikuti oleh seluruh montir. Jadi proses pengerjaannya sudah sesuai dengan standar pabrikan dan berkualitas.

 

Ruang Tunggu yang Lebih Nyaman

Tidak hanya motor Anda yang mendapatkan servis terbaik, tetapi Anda juga akan diberikan pelayanan yang nyaman. Biasanya, di bengkel resmi akan disediakan ruang tunggu ber-AC dan wi fi untuk para pelanggan dan beberapa snack serta minuman yang bisa disantap secara gratis. Selain itu, juga terdapat beberapa tontonan yang mampu mengatasi rasa bosan Anda saat menuggu servis selesai.

 

Itulah beberapa trik dan juga kisaran Biaya Tune up Motor Yamaha yang harus Anda keluarkan setiap bulannya untuk servis motor. Semoga artikel bermanfaat ya!