Biaya Tune up Motor Injeksi dan Karburator di Dealer Resmi

Biaya Tune up Motor Injeksi dan Karburator di Dealer Resmi

Konten [Tampil]

Biaya Tune up Motor Injeksi dan Karburator di Dealer Resmi

Bagi yang menggunakan sepeda motor dalam kesehariannya, Biaya Tune up Motor Injeksi untuk perawatan berkala tentu menjadi suatu kewajiban. Jika tidak, maka performa motor akan menurun, bahkan mengakibatkan kerusakan. Jika hal itu terjadi, biaya yang dikeluarkan bisa lebih mahal.

 

Biaya Tune up Motor

Namun, meski tidak dilakukan setiap minggu, Biaya Tune up Motor Injeksi tetap terasa menguras kantong! Idealnya, 2-3 bulan sekali untuk melakukan Tune up Motor. Kira-kira, berapa sih biaya

 

Tune up Motor yang harus dikeluarkan?

Pada awal penggunaan sepeda motor, beberapa pabrikan sepeda motor memberi Biaya Tune up Motor Injeksi yang bisa dilakukan secara gratis pada batas kilometer tertentu. Tune up Motor secara gratis ini biasanya dilakukan pada jarak tempuh 500km, 2.000km, 4.000km dan 8.000km. Tune up Motor gratis biasanya terbilang servis ringan, meliputi pengecekan dan penyetelan beberapa bagian pada sepeda motor.

 

Ganti Oli Rutin

Mengganti oli mesin merupakan hal wajib bagi pengguna sepeda motor. Mengganti oli mesin juga merupakan bagian dari Tune up Motor yang umumnya dilakukan setiap bulan. Mengganti oli berfungsi sebagai pelumas yang melapisi bagian logam, dan melindungi mesin agar tidak mudah berkarat agar mesin motor tetap dalam performa yang baik dan bebas dari gangguan.

 

Biaya penggantian oli mesin untuk sepeda motor terbilang relatif berdasarkan jenis dan volume oli. Selain itu, harga oli mesin juga bervariasi. Salah satu penyebabnya harga oli menjadi berbeda dan lebih mahal adalah pendistribusian oli dari pabrikan ke penjual/bengkel.

 

Harga oli mesin terbilang bervariasi bulai dari 40 ribuan hingga 150 ribuan, tergantung spesifikasi oli untuk mesin motor. Selain kandungan dalam oli mesin, besaran kapasitas mesin juga berpengaruh pada harga oli. Itu pun belum termasuk biaya pengerjaan di kisaran 10-15 ribuan.

 

Servis Rutin Tune Up

Selain ganti oli, servis tune up juga harus dilakukan secara rutin. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi motor. Umumnya servis tune up meliputi sejumlah komponen pada sepeda motor, seperti: mengecek tekanan ban, mengecek kondisi rantai/CVT, mengecek dan membersihkan injeksi, karburator dan radiator dibersihkan, mengecek alat ECU dan kelistrikan, pengecekan filter udara, rem hingga shock breaker. Biaya servis tune up juga bervariasi. Umumnya mulai dari 65 ribu hingga 100 ribu.

 

Di luar itu, jika terjadi masalah atau kerusakan pada sparepart, maka ada biaya untuk membeli sparepart yang diganti. Harga yang harus dibayar tentu diluar biaya servis tune up tadi. Menunda-nunda Tune up Motor yang mengakibatkan masalah pada motor adalah akar masalahnya.


Akan tetapi, disarankan agar membawa uang lebih saat akan Tune up Motor. Karena, apabila saat diservis ternyata ada kerusakan sparepart, dan memerlukan biaya yang harus diperbaiki atau diganti. Tentunya pihak bengkel motor akan memberi tahu kerusakannya terlebih dahulu, dan menanyakan kepada pemilik kendaraan untuk segera diganti atau tidak.

 

Tune up Motor bisa di lakukan lebih hemat

Untuk penggantian oli, tersedia oli X-Ten Ester Synthetic yang sesuai dengan kapasitas mesin berbagai jenis dan tipe sepeda motor. Oli X-Ten tidak hanya melumasi tapi juga menjaga performa mesin tetap stabil selama digunakan.

 

Oli X-Ten melapisi dinding mesin agar keinerjanya lebih halus dan tentunya menjaga mesin dari karat. Dengan teknologi Esterm oli X-Ten menjaga suhu mesin tetap stabil sehingga bebas dari overheat pada jarak tempuh yang jauh. Oli X-Ten dijual dengan harga mulai dari Rp 42.000 di seluruh Planet Ban dan gratis biaya ganti oli.

 

Untuk Tune up Motor, Planet Ban menyediakan layanan Servis Rutin yang bisa dilakukan setiap 5.000KM atau sekitar 2-3 bulan sekali. Servis Rutin di Planet Ban, terfokus untuk membersihkan throttle body dan perawatan CVT atau bagian rantai pada motor manual. Selain itu, dilakukan juga pengecekan dan penyetalan ban, rem, radiator, aki, air filter, busi, ECU dan CVT/rantai motor. Untuk Servis Rutin, biayanya hanya Rp 39.000

 

Untuk servis lanjutan, ada Servis 10.000KM yang dilakukan setelah menempuh jarak 10.000KM atau sekitar 4-6 bulan. Servis 10.000KM meliputi pembersihan bagian dalam mesin dan injector dengan cairan khusus yang aman untuk mesin. Membuat mesin tetap awet dan mengembalikan tenaga serta tarikan seperti mesin baru.

 

Tidak hanya itu, pada Servis 10.000KM, dilakukan juga servis throttle body, CVT/rantai set dan pengecekan ban, rem, radiator, aki, air filter, busi, ECU. Untuk Servis 10.000KM, hanya Rp 92.000 lho. Jangan lupa, pada Servis 10.000KM, harus dengan penggantian oli X-Ten mulai dari Rp 42.000.

 

Servis tune up rutin

Selain ganti oli, servis tune up juga harus dilakukan setiap bulan secara rutin. Tujuannya adalah agar kamu dapat mengetahui kondisi motormu.

 

Biaya ini terbilang cukup murah kok, yaitu sekitar Rp75 ribu. Eits, tapi biaya itu hanya untuk periksa aja ya. Jadi ini belum termasuk kalau ada perbaikan atau penggantian spare part.

Akan tetapi, servis tune up ini umumnya paketan lho. Jadi, dengan mengeluarkan uang Rp75 ribu, kamu sudah bisa:

  1. Mengecek tekanan ban.
  2. Mengecek kondisi atau tegangan rantai.
  3. Karburator dan radiator dibersihkan.
  4. Mengecek alat ECU dan area CVT.
  5. Mengecek kondisi lampu (jauh, depan dan belakang), sen dan klakson.
  6. Saringan udara juga umumnya akan dibersihkan.

 

Jika saat diservis tune up ternyata ada yang harus diperbaiki, umumnya pihak mekanik akan bertanya terlebih dahulu ke kamu. Jadi, kamu gak perlu khawatir melihat tagihan yang meledak.

 

Akan tetapi, disarankan agar kamu membawa uang lebih saat akan Tune up Motor. Jadi, apabila ada yang harus diperbaiki, bisa langsung dikerjakan. Daripada nanti kamu harus ngantri-ngantri lagi kan.

 

Total biaya Tune up Motor di bengkel resmi

Biasanya seluruh bengkel menerapkan biaya yang berbeda tergantung kerusakan dan jenis kendaraan. 

Gratis biaya servis untuk tahun pertama

Untuk tahun pertama, umumnya pabrikan motor baik Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan lainnya akan memberikan jasa servis gratis sebanyak 4 kali di bengkel resmi. 

 

Tune up Motor gratis yakni saat jarak tempuh motor mencapai sekitar KM 500, 2.000, 4.000, dan 8.000. Namun di servis berikutnya akan dikenakan biaya, termasuk ganti oli dan penggantian spare part.

 

Biaya servis ringan

Biaya servis ringan tanpa ada komponen yang harus diganti sebenarnya sangat terjangkau.

Sebagai gambaran, berikut ini daftar biaya Tune up Motor ringan Honda di bengkel resmi Honda, AHASS. Meski harga di setiap daerah bisa berbeda, tapi bisa dibilang itu tidak akan terpaut jauh, yaitu:

  1. All Matic (Honda BeAT, Vario, Scoopy, dan Spacy): Rp100.000.
  2. All Cub (Honda Revo, Supra X, dan Blade): Rp100.000.
  3. Honda Mega Pro/Verza: Rp125.000.
  4. Honda CB150R: Rp130.000.
  5. Honda Tiger: Rp130.000.
  6. Honda Sonic: 150 Rp125.000.
  7. Honda Supra GTR: Rp125.000.
  8. Honda CBR150: Rp220.000.
  9. Honda CBR250RR: Rp220.000.
  10. Honda PCX: Rp220.000.

 

Harga di atas untuk beberapa tindakan pengecekan

  1. Bersihkan dan periksa sistem injeksi.
  2. Periksa saringan udara.
  3. Periksa/ ganti oli.
  4. Periksa kondisi busi.
  5. Periksa/ setel dan lumasi rantai roda.
  6. Periksa/ setel rem depan dan belakang.
  7. Periksa battery atau aki.
  8. Periksa lampu-lampu dan klakson.
  9. Periksa dan lumasi kabel gas.
  10. Periksa/ setel stang kemudi.
  11. Periksa/ kencangkan mur dan baut.
  12. Periksa roda dan ban.
  13. Setel klep.
  14. Periksa/ setel kopling.
  15. Periksa radiator.
  16. Periksa throttle body dan putaran mesin.
  17. Periksa sensor-sensor injeksi.
  18. Periksa saklar standar samping.

 

Biaya Tune up Motor Injeksi tidak terlalu mahal bukan? Pasalnya dengan mengeluarkan uang segitu, motormu dijamin awet dan berkendara pun jadi lebih aman dan nyaman.

ARTIKEL LAINNYA

Post a Comment

0 Comments