Kawasan Industri Di Bekasi Cikarang Terbesar SeASIA Tenggara

Kawasan Industri Di Bekasi Cikarang Terbesar SeASIA Tenggara

Konten [Tampil]

Kawasan Industri Di Bekasi Cikarang Terbesar SeASIA Tenggara

Menjadi kawasan dengan julukan Kawasan Industri Terbesar di Asia Tenggara, apakah warga Bekasi sudah sejahtera? Saya tidak punya ide. Sebelumnya, pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi berada di Kota Bekasi, yang karena pemekaran daerah kini menjadi kota otonom. merupakan kota industri terbesar di Asia Tenggara.

 

Kota Industri Terbesar SeAsia Tenggara

Jumlah dan luas kawasan industri di Indonesia terus melonjak dan siap menampung investor asing. Menurut data Kementerian Perindustrian hingga akhir tahun 2020 telah dibangun 121 kawasan industri yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Kawasan Industri adalah kawasan pemusatan kegiatan industri pengolahan yang dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan fasilitas penunjang lainnya yang disediakan dan dikelola oleh Perusahaan Kawasan Industri. Untuk membangun kawasan industri, pengelola kawasan dapat mengajukan izin tetap dan memprosesnya di Kementerian Perindustrian.

 

Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 45 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemberian Izin Usaha Kawasan Industri dan Izin Perluasan Kawasan Industri Dalam Rangka Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

 

Untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif di dalam negeri, Pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk menarik investor, seperti pemberian insentif fiskal dan nonfiskal, serta fasilitasi perizinan usaha.

 

Kawasan Industri Adalah Kabupaten Bekasi

Salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki kawasan industri adalah Kabupaten Bekasi. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, Kabupaten Bekasi memiliki 10 (sepuluh) kawasan industri yang dibangun dengan luas 9.496 hektar.

 

Kesepuluh kawasan industri tersebut adalah Kawasan Industri Jababeka dengan luas lahan 2.267 Ha, Kawasan Industri MM2100 BFIE dengan luas lahan 1.700 Ha, Greenland International Industrial Center (GIIC) seluas 1.700 Ha, Kawasan Industri Lippo Cikarang dengan luas lahan 1.645 Ha, dan MM2100 Industrial MMID Town dengan luas tanah 805 Ha.

 

Bekasi International Industrial Estate

Berikutnya adalah Kawasan Industri Marunda Center dengan luas tanah 600 Ha, Kawasan Industri Jakarta Timur dengan luas tanah 320 Ha, Kawasan Industri Terintegrasi China Indonesia dengan luas tanah 205 Ha, Kawasan Industri Bekasi International dengan luas tanah seluas 200 Ha, dan terakhir Kawasan Industri Gobel dengan luas lahan 54 ha.

 

Area Industri Cikarang Bekasi

Cikarang berkembang dan dikenal sebagai kawasan industri karena kegiatan industri paling menonjol di daerah ini. Hal ini terlihat dari banyaknya kawasan industri yang tersebar, mulai dari Cikarang Barat (Cibitung) hingga Cikarang Selatan.

 

Beberapa kompleks industri di Cikarang antara lain; MM2100 Cikarang Barat, Kota Jababeka, Bekasi International Industrial Estate (BIIE) atau Hyundai Industrial Park, East Jakarta Industrial Park (EJIP) dan Delta Silicon Industrial Park.

 

Banyak perusahaan yang berkembang di Cikarang berasal dari luar negeri seperti dari Singapura, Inggris, Jerman, Korea, Jepang, China, Malaysia, Taiwan, dan negara-negara Timur Tengah.

  1. Bekasi International Industrial Estate (Manajemen: PT. Hyundai Inti Development)
  2. China Indonesia Integrated Industrial Estate (Pengelolaan: PT. China Indonesia Integrated Industrial Estate)
  3. Greenland International Industrial Center (GIIC) (Manajemen: PT. Puradelta Lestari, Tbk)
  4. Kawasan Industri Jababeka (Manajemen: PT. Jababeka Infrastruktur)
  5. Kawasan Industri Jakarta Timur (Pengelolaan: PT. Kawasan Industri Jakarta Timur)
  6. Kawasan Industri Lippo Cikarang (Manajemen: PT. Lippo Cikarang Tbk)
  7. MM2100 Industrial Town BFIE (Manajemen: PT. Bekasi Fajar Industrial Estate)
  8. MM2100 Industrial Town MMID (Manajemen: PT. Megalopolis Manunggal Ind. Dev)