Susunan Acara Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia

Susunan Acara Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia

Konten [Tampil]

Susunan Acara Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia

Salah satu hal Susunan Acara Workshop Pelatihan yang saya tidak suka dari menjadi guru bahasa Indonesia adalah anggapan bahwa semua guru bahasa Indonesia ahli dan terampil berbicara di depan umum. Setiap ada acara yang membutuhkan MC atau presenter, guru bahasa Indonesia pasti jadi sasaran empuk. Padahal, sebenarnya saya yang paling malas ketika diminta untuk berbicara di depan umum.

 

Pagi ini saya ditugaskan untuk menjadi tuan rumah workshop. Yang mengejutkan saya adalah bahwa Kepala Dinas telah datang. Ya ampun!

 

Akhirnya, setelah subuh, saya membuat jadwal dan teks presenter. Takut memutarbalikkan dan kehilangan kata-kata. Nah, untuk teman-teman Alchosilber yang tiba-tiba merasa tidak enak karena diminta menjadi pembawa acara atau MC dalam kegiatan formal semacam ini, mungkin contoh yang saya buat bisa menjadi bahan referensi.

 

Susunan Acara Workshop Pelatihan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat agenda adalah mendiskusikannya dengan panitia kegiatan. Jika perlu, kami meminta jadwal rinci kegiatan. Ini memudahkan kita untuk mengatur sebuah acara.

 

Contoh Susunan Acara Workshop Pelatihan

Berikut adalah contoh jadwal Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia dan Instrumen Asesmen Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Kompetensi Guru.

  1. Pembukaan
  2. Menyanyi Indonesia Raya
  3. Sambutan Kepala SMP Negeri 1 Nusa Bakti
  4. Sambutan dan Materi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal sekaligus Pembukaan Resmi Workshop
  5. Doa
  6. Istirahat
  7. Acara Utama: Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia dan Instrumen Asesmen Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Kompetensi Guru
  8. PENUTUPAN

 

Contoh Teks MC Formal Workshop Pelatihan

Setelah membuat jadwal, presenter bisa memandu program tanpa teks, bisa juga menggunakan teks presenter. Sebenarnya, jika Anda pandai, membawa jadwal sudah cukup. Namun, karena saya masih amatir, saya pikir membawa teks lengkap adalah pilihan yang tepat.

 

Berikut ini adalah contoh teks pembawa acara di pelatihan/workshop.

 

Persiapan Ketika Hendak Memulai Acara

Sebelum memulai acara, pastikan peserta sudah siap. Jika masih banyak peserta yang belum siap, presenter wajib mengkondisikan. Selain itu, penyaji juga dapat meminta peserta melakukan sesuatu untuk memperlancar jalannya kegiatan.

 

Mohon perhatian acara akan segera dimulai

Hadirin sekalian, peserta Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia dan Instrumen Asesmen Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dimohon untuk menempati tempat yang telah disediakan.

 

Hadirin yang saya hormati, atas kemeriahan acara tersebut, kami mohon dengan segala hormat untuk sementara menonaktifkan alat komunikasi yang dibawa.

 

Pembukaan Acara Workshop Pelatihan

Yang penting saat pembukaan acara adalah menyapa seluruh tamu undangan. Dalam pembukaan ini, presenter dapat menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran para peserta dan membacakan agenda. Bagian ini opsional, Anda bisa melakukannya, Anda tidak bisa.

 

Bismillahirahmanirrahim

Assalamu'alaikum, dan rahmat serta berkah Allah

Yang terhormat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, S.STP, M.Si (dan jajarannya).

Yang kami hormati Kepala SMP Negeri 1 Nusa Bakti, Esti Setyorini, S.Pd., M.Pd.

Kami menghormati Bapak Fendi Nova dan Bapak Widi Astiono sebagai nara sumber

dan para guru tamu undangan peserta workshop dengan senang hati.

 

Dengan selalu memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, izinkan Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia dan Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Kompetensi Guru berlangsung di Taman Pemancingan Ikan Sekopek Barokah pada tanggal 21 September 2021 DIMULAI.

 

Hadirin sekalian, sebelum kita memasuki acara inti, saya akan membacakan jadwal acara kita pagi ini.

 

Acara diawali dengan Pembukaan

  1. Kemudian dilanjutkan dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  2. Sambutan Selanjutnya dari Kepala SMP Negeri 1 Nusa Bakti
  3. Acara Selanjutnya Penyambutan dan Materi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal sekaligus Pembukaan Workshop secara Resmi
  4. Doa berikutnya
  5. Kemudian istirahat
  6. Acara inti baru adalah Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia dan Instrumen Asesmen Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Teacher
  7. Dan yang terakhir TUTUP

 

Inti Acara Workshop Pelatihan

Pada acara ini, MC membawakan acara sesuai dengan susunan yang telah dibuat.

Agar acara berjalan dengan lancar dan juga bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir, mari kita awali acara ini bersama-sama dengan membaca Bismillah. Bismillahirahmanirrahim

Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Penonton diminta untuk berdiri.

Tuan dan nyonya, silakan duduk kembali

Selanjutnya kami mengundang Kepala SMP Negeri 1 Nusa Bakti Ibu Esti Setyorini untuk memberikan sambutan. Kami menyambut Ibu Esti.

Demikian sambutan dari Kepala SMP Negeri 1 Nusa Bakti. Terima kasih kepada Ibu Esti Setyorini atas sambutannya.

 

Selanjutnya kami mengundang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Bapak Wahyu Yusuf Akhmadi untuk memberikan sambutan sekaligus membuka workshop. Kami menyambut Pak Wahyu.

Terima kasih Pak Wahyu Yusuf atas sambutan dan pembukaan acara pagi ini.

 

Hadirin sekalian, "Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia dan Instrumen Asesmen Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMP Negeri 1 Nusa Bakti Tahun 2021" telah resmi diumumkan.

 

Hadirin yang saya hormati, demi kelancaran acara, marilah kita panjatkan doa yang akan dipimpin oleh Bapak Taufik Jamzuri. Kami menyambut Pak Taufiq.

Terima kasih Pak Taufiq. Semoga Tuhan Yang Maha Penyayang menjawab doa-doa kita.

 

Sambil mempersiapkan Workshop, mari kita istirahat sejenak. Kami menyambut tamu yang senang menikmati jajanan yang tersedia.

 

***

 

Hadirin yang kami hormati, acara akan dilanjutkan kembali.

Inilah inti acara yang kita tunggu bersama, Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia dan Instrumen Asesmen Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Kami menyerahkan acara sepenuhnya kepada pembicara.

 

Penutup Acara Workshop Pelatihan

Di penghujung acara, pembawa acara mengucapkan terima kasih atas selesainya rangkaian acara dan mohon maaf atas kekurangannya

Hadirin sekalian, tuan dan nyonya, hari pertama lokakarya akhirnya telah selesai. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita.

Saya Alex Alfandianto atas nama panitia sekali lagi mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya dalam acara ini.

 

Jika ada kesalahan dan banyak kekurangan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirnya... Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

Penutup Workshop Pelatihan

Semoga teks mc diatas bermanfaat ya! Karena kita tidak tahu kapan giliran kita menjadi tuan rumah atau moderator, jadi bersiaplah. Suka atau tidak suka, kita memang harus mulai belajar public speaking.

 

Jadwal Susunan Acara Workshop Pelatihan

Seminar dan Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia

 

Nusa Bakti, 21-23 September 2021

07.00 - 08.00 Registrasi Peserta

08.00 - 08.15 Pembukaan / Lagu Indonesia Raya

08.15 - 08.30 Sambutan Ketua Panitia

08.30 - 09.00 Sambutan dan Materi Organisasi Ketua cabang Kota

09.00 - 09.15 Pembukaan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Nusa Bakti

09.15 - 09.30 Persembahan Tari Sambutan

09.30 - 10.30 Seminar

-

Pertama “Workshop Pelatihan Kurikulum Bahasa Indonesia” Oleh Bapak Bahtera Tri

10.30 -10.45 Coffee Break

10.45 -12.15 Seminar

 

Kedua “Instrumen Penilaian Berorientasi Hots” Oleh  Ahmad Syakib, SKM,S.Ft

12.15 - 13.15 ISHOMA

14.45 Seminar

 

15.10 Pengumuman dari Panitia

15.30 Penutup dan Doa

 

 

Selesai.

ARTIKEL LAINNYA