Pentingnya SEO Lokal untuk Bisnis, Lebih Unggul Dari Kompetitor

Pentingnya SEO Lokal untuk Bisnis, Lebih Unggul Dari Kompetitor

Konten [Tampil]

Pentingnya SEO Lokal untuk Bisnis, Lebih Unggul Dari Kompetitor

Semua pemilik bisnis pasti setuju bahwa menjalankan sebuah usaha tidaklah mudah. Meskipun permintaan dan kebutuhan konsumen setiap harinya kian meningkat, persaingan di dalam industri pun semakin ketat. Tak heran jika banyak bisnis atau usaha kecil yang gulung tikar karena tidak dapat bersaing dengan kompetitor mereka di era digital seperti saat ini.

 

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus tahu bahwa menjalankan usaha tidak hanya sekedar membuat produk atau usaha dan memasarkannya di website, menunggu calon pelanggan untuk datang dengan sendirinya. Kamu juga butuh online presence atau visibilitas yang lebih besar di dunia online.

 

Semakin populer bisnismu di dunia online, maka semakin banyak pula pelanggan yang berkunjung ke website, media sosial, atau bahkan toko offline untuk mengenal bisnismu lebih jauh atau bahkan melakukan konversi.

 

Nah, salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan online presence ini adalah melalui SEO lokal.

 

Apa Itu SEO Lokal?

Sederhananya, SEO lokal adalah sebuah strategi atau metode dalam marketing yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas bisnismu di pencarian lokal di Google.

 

Jadi, bisnis apa pun yang memiliki lokasi fisik atau berada dalam area geografis tertentu dapat memanfaatkan SEO lokal untuk mendapatkan lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.

 

Misalnya, kamu sedang mencari restoran Jepang terbaik. Lalu, kamu tentu mencari informasi melalui Google dengan mengetik kata kunci "restoran Jepang terbaik" di kotak pencarian. Di hasil pencarian teratas, kamu akan menemukan daftar restoran, lengkap dengan kontak yang bisa kamu hubungi atau bahkan menu yang bisa kamu nikmati.

Pentingnya SEO Lokal untuk Bisnis, Lebih Unggul Dari Kompetitor


Hasil teratas tersebut bukanlah restoran Jepang terbaik di dunia atau bahkan di Indonesia. Biasanya, restoran-restoran tersebut adalah restoran lokal di kotamu yang dekat dengan tempat kamu berada sekarang. Itulah yang disebut kekuatan SEO lokal.

 

Setelah kita tahu definisi dari SEO lokal itu sendiri, sekarang muncul pertanyaan baru, "seberapa penting SEO lokal untuk bisnis?"

 

Mengapa Bisnis Perlu SEO Lokal?

Jawabannya cukup sederhana: untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan online. Maka dari itu, SEO lokal dapat menjadi strategi kunci bagi bisnis di beberapa macam industri, terutama untuk bisnis dan usaha kecil yang sedang gencar-gencarnya menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan mereka.

 

Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa alasan yang menunjukkan bahwa SEO lokal dapat berperan sangat penting bagi pertumbuhan bisnismu.

 

Membantu Pelanggan Menemukan Bisnismu Dengan lebih Mudah

Lebih dari 72% konsumen yang menelusuri bisnis lokal cenderung akan mengunjungi bisnis atau tokol tersebut. Alasannya sudah cukup jelas; karena mereka mendapatkan semua informasi yang mereka cari -- mulai dari jam operasional, alamat yang detail, foto, alamat website, bahkan jam tersibuk pun tercantum dalam Google.

 

Jadi, jika mereka menemukan bisnis atau tokomu di mesin pencarian atau di Google Maps, semakin banyak peluang yang kamu mendapatkan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

 

Cara Pemasaran Yang Terjangkau

Banyak bisnis yang menggunakan strategi iklan online dengan membuat video animasi dan memasangnya sebagai iklan di sosial media. Cara ini mungkin terdengar mainstream, namun ternyata memerlukan budget yang tidak sedikit.

 

Disisi lain, apapun yang berhubungan dengan SEO selalu terdengar rumit. Namun, meski butuh usaha untuk memasukkan informasi bisnismu di direktori online, kamu bisa melakukannya dengan gratis.

 

Kamu bisa menggunakan Google My Business maupun Facebook. Inilah yang menjadikan SEO lokal sebagai salah satu strategi pemasaran jitu dengan biaya yang jauh lebih hemat.

 

Meningkatkan Kunjungan Website Bisnismu

Jika bisnis atau usahamu berada dihasil pencarian teratas mesin pencarian, semakin banyak pelanggan yang akan mengklik dan mengunjungi websitemu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hal ini dapat menaikkan jumlah traffic ke website kamu. Nah, semakin banyak traffic website yang kamu dapatkan, maka akan semakin besar kesempatan kamu untuk mengedukasi calon pelanggan tentang bisnismu hingga mengkonversi mereka menjadi pelanggan.

 

Mendapatkan Ulasan atau Testimoni dari Pelanggan

Jika bisnismu tidak memiliki testimoni atau ulasan, calon pelanggan cenderung lebih berhati-hati dan ragu-ragu untuk mengunjungi toko atau mencoba produk yang kamu jual.

 

Di sini, SEO lokal memudahkan para pelanggan yang sudah mencoba atau membeli produkmu untuk memberi ulasan mengenai pengalaman atau pemikiran mereka tentang produk atau layanan yang telah kamu berikan.

 

Ulasan inilah yang kemudian akan membuat calon pelanggan lebih mudah memutuskan apakah bisnismu layak untuk dikunjungi atau tidak.

 

Lebih Menjangkau Para Pengguna Ponsel

Di era digital seperti saat ini, sebagian besar calon konsumen menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Oleh sebab itulah, kebanyakan dari pencarian lokal di Google dilakukan melalui ponsel.

 

Dengan semakin banyaknya penelusuran yang dilakukan di seluler daripada sebelumnya, itu artinya memanfaatkan SEO lokal adalah suatu keharusan bagi bisnis yang ingin bersaing di era digital.

 

Akhir Kata

Dari penjelasan diatas, kita dapat melihat bahwa SEO lokal dapat menjadi sebuah alat yang tidak hanya membantu bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru, tapi juga efektif untuk membangun online presence.

 

Maka dari itu, untuk dapat bertahan dan bersaing dengan bisnis-bisnis lain disekitarmu, sangatlah penting untuk memahami SEO lokal lebih dalam dan mengaplikasikannya untuk bisnismu.

 

Author Bio: Andre Oentoro, CEO dan Founder Videos.ID

Post a Comment

0 Comments