Manfaat Daun Kelor Untuk Mata dan Untuk Pengobatan Katarak

Manfaat Daun Kelor Untuk Mata dan Untuk Pengobatan Katarak

Konten [Tampil]

Manfaat Daun Kelor Untuk Mata dan Untuk Pengobatan Katarak

Daun kelor dikenal dengan berbagai khasiatnya untuk kesehatan kulit, mempercepat penyembuhan luka, menurunkan berat badan, gula darah, dan masih banyak lagi. Namun, tanaman yang tumbuh di beberapa bagian Afrika, Amerika Selatan, dan Asia ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata, lho!

 

Daun kelor telah digunakan sebagai obat sejak zaman dahulu, dan masih digunakan sebagai obat alami hingga saat ini. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kelor membawa banyak sifat bermanfaat seperti antijamur, antivirus, antidepresan, dan sifat anti-inflamasi. Salah satu penelitian tentang manfaat kesehatan mata adalah terkait dengan katarak.

 

Daun Kelor Untuk Pengobatan Katarak

Pengaburan lensa alami mata, atau dikenal sebagai katarak, adalah salah satu penyebab paling umum gangguan penglihatan di Amerika. Tidak hanya di AS, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menganggap katarak sebagai penyebab utama kedua gangguan penglihatan dalam skala global.

 

Seseorang bisa terkena katarak karena beberapa faktor, seperti penuaan, diabetes, hipertensi, dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Studi terbaru menunjukkan bahwa stres oksidatif akibat ketidakseimbangan antara antioksidan dan oksigen juga merupakan penyebab utama kerusakan sel di mata yang mengarah pada pembentukan katarak.

 

Kemampuan Daun Kelor Untuk Mencegah Katarak

Oleh karena itu, fungsi antioksidan penting untuk kesehatan mata. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine mempelajari kemampuan daun kelor untuk mencegah katarak menggunakan ekstrak batang untuk mengevaluasi efeknya pada lensa mata tikus yang terpapar stres oksidatif.

 

Kandungan senyawa antioksidan kuat yang tinggi pada daun kelor menjadikan tanaman ini cocok untuk diteliti. Studi ini menemukan bahwa ekstrak kelor yang dipelajari dapat membantu mengurangi stres oksidatif (yang menyebabkan pembentukan katarak) dengan meningkatkan sistem antioksidan endogen di mata.

 

Meski begitu, masih banyak penelitian dan pengujian yang perlu dilakukan untuk memasukkan tanaman ini sebagai obat penyembuh katarak. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, pastikan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ekstrak kelor untuk pengobatan penyakit tertentu.

 

Inilah 5 manfaat daun kelor untuk kesehatan

1. Mengatasi Penglihatan pada Mata

Manfaat daun kelor yang terakhir adalah untuk penglihatan. Daun hijau ini memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan kesehatan mata. Mungkin bagi sebagian orang akan terasa asing dengan manfaat daun kelor ini. Karena banyak orang yang hanya menganggap kelor bermanfaat untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak.

 

Bahkan, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ternyata daun kelor dapat membantu menyehatkan mata. Tidak hanya sehat untuk mata, ternyata daun kelor juga dapat mencegah pelebaran pembuluh darah retina, menebalkan membran kapiler, dan menghambat kerusakan retina.

 

2. Kaya Akan Antioksidan

Meski kecil, nyatanya daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat membantu tubuh mencegah berbagai penyakit kronis yang bisa berbahaya. Hal ini karena kandungan antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang tinggi.

 

Radikal bebas yang tinggi sendiri dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung. Untuk itu tak ada salahnya jika daun kelor dijadikan lalapan untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

 

3. Mengatasi Infeksi Bakteri

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah dapat mengatasi infeksi. Bakteri yang masuk ke dalam tubuh, dapat mengganggu kesehatan tubuh. Bahkan tak jarang membawa berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh. Seperti disebutkan di atas, daun kelor juga dipercaya sebagai tanaman yang mengandung senyawa antimikroba.

 

Mengkonsumsi ekstrak daun kelor dipercaya dapat membantu meredakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, kandungan antimikroba yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu menghancurkan bakteri, terutama bakteri gram positif.

 

4. Baik untuk Anak yang Malnutrisi

Khasiat daun kelor yang sudah banyak dikenal masyarakat adalah kemampuannya membantu menambah berat badan pada anak kurang gizi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, orang tua bisa menambahkan bubuk kelor ke dalam menu makanan anaknya selama dua bulan secara rutin.

 

Meski begitu, jangan sering-sering memberikan olahan daun kepada anak-anak. Orang tua harus memperhatikan efek samping yang akan terjadi di kemudian hari. Untuk itu, tidak ada salahnya jika orang tua mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter.

 

5. Membantu Mengatasi Kanker

Siapa sangka jika si kecil ini ternyata memiliki kemampuan memperlambat pertumbuhan kanker? Seperti yang kita ketahui, kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang masih terus diteliti obat untuk mengobatinya. Penyakit ini juga menyerang berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua bisa terkena kanker.

 

Manfaat daun kelor yang ditawarkan dalam hal ini adalah kemampuannya dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Maka tidak heran jika daun kelor bermanfaat untuk membantu pengobatan kemoterapi dengan lebih efektif.

 

Itulah lima manfaat daun kelor yang harus Anda ketahui. Dengan berbagai manfaat kesehatan tersebut, jangan ragu untuk mulai mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Anda bisa menambahkan daun kelor ke dalam menu harian Anda agar bisa merasakan manfaatnya.

ARTIKEL LAINNYA

Post a Comment

0 Comments