Tata Cara Aqiqah Sesuai Sunnah Dan Sesuai Ajaran Islam

Tata Cara Aqiqah Sesuai Sunnah Dan Sesuai Ajaran Islam

Konten [Tampil]

Tata Cara Aqiqah Sesuai Sunnah Dan Sesuai Ajaran Islam

Tata Cara Aqiqah Sesuai Sunnah - Kelahiran anak tentu saja merupakan salah satu momen yang paling ditunggu dan membahagiakan bagi pasangan orang tua. Apalagi jika anak bisa lahir dengan sehat dan selamat. Sebagai bentuk syukur, maka orang tua disunnahkan untuk mengadakan aqiqah.

 

Pada dasarnya, aqiqah untuk anak laki – laki dan perempuan cenderung sama saja. Yang membedakan di antara keduanya adalah jumlah kambing yang dikurbankan untuk aqiqah. Aqiqah untuk anak laki – laki menggunakan dua ekor kambing, sedangkan perempuan adalah satu ekor kambing. Berikut ini adalah tata cara aqiqah untuk anak yang perlu diketahui:

 

1. Menyembelih Kambing

Hal pertama yang perlu dilakukan saat aqiqah adalah menyembelih kambing. Sebelum proses pemotongan dimulai, disunnahkan untuk membaca doa aqiqah, yang artinya:

“Dengan nama Allah serta dengan Allah, Aqiqah ini dari fulan bin fulan. Dagingnya dengan dagingnya, tulangnya dengan tulangnya. Ya Allah, jadikan aqiqah ini sebagai tanda kesetiaan kepada keluarga Muhammad SAW”

 

2. Memasak Daging Aqiqah

Ada dua pendapat mengenai daging aqiqah. Pendapat pertama mengatakan bahwa daqing aqiqah perlu dimasak dulu sebelum dibagikan kepada orang – orang sebagai sedekah. Sedangkan pendapat kedua menyarankan daging aqiqah bisa dibagikan secara mentah, sebagaimana daging kurban.

 

Akan tetapi, sebagian besar ulama sepakat bahwa pendapat yang mengatakan bahwa memasak daging aqiqah sebelum dibagikan adalah lebih utama dibandingkan dengan membagikannya secara mentah.

 

3. Memakan Sebagian Daging Aqiqah

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh al-Bayhaqi, Aisyah ra. berkata:

Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki – laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh.

 

Dari hadits tersebut jelas bahwa daging aqiqah boleh dimakan oleh keluarga, dan sebagian lainnya bisa dibagikan kepada tetangga atau fakir miskin. Tata cara ini hampir sama dengan cara pembagian daging kurban.

 

4. Mencukur Rambut dan Memberikan nama

Selanjutnya, merupakan bagian dari tata cara aqiqah untuk memotong rambut bayi dan memberikan nama. Pemberian nama bayi haruslah nama yang baik. Karena hal ini menjadi cerminan dan doa mengenai akhlak dan iman anak kepada Allah SWT. Sedangkan untuk mencukur rambut bayi pada saat aqiqah, sebagian besar ulama menganggapnya sebagai sesuatu yang Sunnah untuk dilakukan.

 

5. Mendoakan Bayi Saat Aqiqah

Tata cara aqiqah berikutnya adalah dengan mendoakan kebaikan kepada anak. Salah satu doa yang disunnahkan untuk dibacakan kepada bayi yang baru lahir memiliki arti:

Saya perlindungkan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang Perkasa, dari tiap – tiap godaan syaitan, serta tiap – tiap pandangan yang penuh kebencian.

 

Itulah tata cara aqiqah sesuai Sunnah yang bisa Anda ikuti. Sebagian besar ulama setuju bahwa waktu terbaik untuk melaksanakan aqiqah adalah pada saat bayi sudah berumur tujuh hari. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa aqiqah bisa dilaksanakan pada hari keempat belas atau hari kedua puluh satu setelah kelahiran bayi.

 

Daftar Paket Alfalah Aqiqah Jakarta

Jika Anda ingin memesan paket nasi box, ada 3 jenis layanan yang disediakna oleh Alfalah Aqiqah yaitu

 

1. Paket Reguler Aqiqah Jakarta

Untuk paket reguler ini, masakan yang dihidangkan adalah gulai kambing atau domba 50 hingga 70 porsi dan sate 200 hingga 400 tusuk. Hidangan akan dimasak dalam bentuk global dan dikirim dalam wadah kotak atau box.

Selain itu, paket ini belum termasuk nasi dan masakan lainnya seperti telur balado, capcay, sambal goreng ati, dan lain-lain.

 

2. Paket Premium Aqiqah Jakarta

Berikutnya untuk paket premium, Anda sudah memesan sepaket dengan nasi box. Jumlah yang bisa dipesan juga beragam, mulai dari 50 box hingga 150 box dengan menu yang sama. Sehingga paket premium ini menjadi paket aqiqah recomended jika tidak ingin repot memilih lauk untuk tiap nasi kotak.

Selain itu, Anda juga bisa memilih nasi yang ingin digunakan dalam tiap masakan. Alfalah Aqiqah menyediakan 2 pilihan nasi yaitu nasi putih dan nasi kebuli.

 

3. Paket Eksklusif Aqiqah Jakarta

Dan yang terakhir adalah paket eksklusif dengan media bento box. Jika Anda ingin membuat acara aqiqah yang lebih mewah dan makanan yang tidak biasa, kami sangat menyarankan untuk pesan paket eksklusif ini.

Sama seperti paket premium, Alfalah juga menyediakan 2 pilihan nasi untuk paket ini. Yaitu paket nasi putih biasa atau nasi kebuli.

 

Harga Paket Alfalah Aqiqah Jakarta

Harga paket hidangan yang disediakan oleh jasa aqiqah Jakarta terbaik dan terpercaya ini juga sangat beragam. Untuk paket reguler, Anda perlu mengeluarkan uang mulai dari 1,3 juta untuk kambing/domba betina dan 1,5 juta untuk pejantan. Harga ini belum termasuk paket nasi box-nya.

Sedangkan untuk paket premium, harganya mulai dari 2,3 juta untuk 50 box hingga 5,3 juta untuk 150 box menggunakan nasi putih. Sedangkan untuk nasi kebuli, harganya mulai dari 2,5 juta hingga 5,5 juta rupiah.


Informasi dan Pemesanan

  • WhatsApp: +62821 2292 3150
  • Telepon: +62821 2292 3150
  • Email:  alfalahaqiqahjakarta@gmail.com
  • Jl. Belimbing No. 3, Gang Puspen RT/RW 11/01, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Post a Comment

0 Comments