Mesin Palletizing Robot, Si Robot Industri Pengangkut Kotak Box

Mesin Palletizing Robot, Si Robot Industri Pengangkut Kotak Box

Konten [Tampil]

Mesin Palletizing Robot, Si Robot Industri Pengangkut Kotak Box

Mesin Palletizing Robot - Banyak perusahaan mencari cara untuk meningkatkan produktifitas dalam hal pengepakan barang secara cepat dan tepat, maka dari itu mereka pasti mencari cara untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya mereka bisa menggunakan dengan sistem robot.

 

Selain itu dengan menggunakan mesin dengan sistem robot, perusahaan tersebut bisa menghemat waktu dan biaya dalam sebuah produksi dalam dunia industri pengepakan barang, Maka dari itu, perusahaan harus menggunakan mesin robot yang dapat mempercepat laju produksi di sektor mesin pengepakan. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa menggunakan Mesin Palletizing Robot untuk mencapai tujuan ini.

 

Apakah Anda pernah melihat mesin palletizing robot? alat ini sudah digunakan oleh beberapa macam perusahaan besar yang ada di Indonesia. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan mesin ini karena  waktu dan biaya dipastikan lebih hemat dibandingkan dengan mesin palletizing manual.

 

Maka dari itu, mari kita pelajari bersama seperti apakah mesin palletizing robot itu. Serta, apa saja keunggulan dari mesin ini, dan sebagainya.

 

Apa itu Mesin palletizing Robot?

Mesin Palletizing Robot adalah mesin robot industri yang digunakan dalam proses pengepakan barang di mana mesin dilengkapi dengan alat yang digunakan untuk menggerakan barang dari satu tempat ke tempat lain. Mesin pengepakan barang ini bergerak dengan implantasi kaki robot yang di tanam di lantai. Jadi posisi mesin tidak berubah.

 

Biasanya mesin ini digunakan di sektor makanan, minuman, medis dan lainnya. Peralatan ini juga digunakan untuk berbagai wadah, termasuk karton, kotak plastik atau kayu, fasad dan kotak.

 

Komponen Paletizer Penting

Mesin ini dilengkapi dengan 3 komponen untuk menunjang kinerja mesin agar bekerja secara cepat dan tepay. 3 komponen tersebut antara lain manipulator, kontroler, dan power. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Manipulator ini adalah komponen mesin dalam bentuk lengan yang dapat bergerak, berputar dan meraih barang.
  2. Kontroler merupakan alat dengan fungsi untuk memberikan kontrol gerakan terhadap mesin robot
  3. Power adalah sumber tenaga bagi manipulator dan kontroler dengan daya yang berfungsi tepat.

 

Tipe-Tipe Mesin Palletizer Robot

Mesin palletizing Robot hadir dengan tiga jenis mesin, tergantung pada jenis bisnis itu sendiri. Jenis mesin tersebut antara lain bag palletizing, box paletisasi dan pail palletizing.

 

1. Bag Palltizing

Tas palletizing adalah robot palletizing yang dirancang untuk mengangkat barang dengan wadah berbentuk seperti tas.

 

2. Box palletizing

Box Paletisasi adalah mesin paletisasi yang mengangkat barang dalam kotak atau karton. Dalam satu kali beroperasi, mesin ini dapat mengangkat beberapa kotak secara sekaligus.

 

3. Pail Palletizing

Pail Palletizing adalah mesin paletisasi yang dapat mengangkat barang yang ada di dalam wadah dalam bentuk ember. Cat air atau zat cair lainnya dapat menjadi contoh.

 

Keuntungan Dari Paletizer Robot

Berikut beberapa keuntungan menggunakan mesin palletizing robot dari pada menggunakan mesin palletizing manual adalah sebagai berikut:

 

1. Laju Produksi Menjadi Maksimal

Mesin robot ini dirancang untuk bekerja lebih cepat dan lebih tepat untuk menumpuk setiap baris dan kolom dengan setiap jumlah kotak.

 

2. Pekerjaan para Karyawan Menjadi lebih Ringan

Selama bekerja, mesin ini dapat membantu pekerja untuk  tidak mengangkat barang dengan beban yang berat. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kenyamanan pekerja. Pekerja yang sehat akan menjadi lebih produktif dan kooperatif.

 

3. Biaya Operasinal Menjadi Berkurang

Mesin ini dapat dengan mudah mengangkat benda besar, dan kecepatannya membantu mempersingkat waktu yang diperlukan untuk melakukan beberapa tugas pekerja. Jadi Anda bisa mengurangi jumlah pekerja yang Anda butuhkan. Selain itu, mesin ini bisa mengurangi penggunaan asuransi kesehatan bagi pekerja yang mengalami cedera akibat pekerjaan yang terlalu berat.

 

4. Mengurangi Kerusakan Produk

Dibandingkan dengan sistem manual yang terkadang mempunyai resiko lebih tinggi dalam kerusakan produk, menggunakan robot sistem lebih aman untuk produk. Sistem robot membutuhkan penanganan yang cermat dari semua bagian. Anda dapat meminimalkan kerusakan produk. Produk berkualitas tinggi membantu kami menjual produk berkualitas lebih tinggi.

 

5. Program Mesin yang Sangat Mudah

Dengan sistem paletisasi robotik ini, relatif mudah bagi pengguna untuk memprogram, karena mesin ini dapat bekerja secara otomatis.

 

Setelah membaca artikel diatas, diharapkan anda mengetahui apa itu mesin palletizer robot berserta dengan jenis dan keunggulannya. Semoga hal tersebut bisa memberi pengetahuan baru bagi anda tentang cara meningkatkan dari segi kecepatan, efektifitas, dan juga dari segi biaya dalam hal pengepakan barang untuk sebuah perusahaan. Anda bisa menggunakan mesin palletizing robot untuk mencapai tujuan tersebut.

 

Terima kasih dan semoga bermanfaat!!

Post a Comment

0 Comments