Perbedaan It's: It Is dan It Has - English Today

Perbedaan It's: It Is dan It Has - English Today

Konten [Tampil]

Perbedaan It's: It Is dan It Has - English Today

English Today - Tahukah kamu, bahwa selain it is, kata it’s juga mempunyai singkatan lainnya yaitu it has. Hal ini memang membingungkan terutama bagi pengguna bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Disini penggunaan dan perbedaannya akan dijelaskan.

 

Kata it’s biasanya merupakan singkatan dari it is yang berarti, secara harfiah, “ini adalah”. It is juga merupakan bagian dari simple present participle dan present continuous participle.

 

Tapi, tahukah kamu, bahwa selain it is, kata it’s juga mempunyai singkatan lainnya, lho? Yup! Kata it’s juga bisa mengacu pada it has yang merupakan present perfect participle. Lalu bagaimana cara kita membedakan apakah it’s yang dimaksud adalah simple present, present continuous, atau present perfect.

 

Hal ini memang membingungkan terutama bagi pengguna bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Tidak apa-apa, kok. Jika kamu penasaran bagaimana cara membedakan dan menggunakan kata it’s dengan baik dan benar, kamu sudah berada di halaman yang tepat!

 

Yuk, kita kembali sebentar ke pelajaran grammar bahasa Inggris. Tenang, pelajarannya akan dibuat padat dan jelas, kok. Jadi kamu tidak cepat bosan. Nah, kita bisa simpulkan yah bahwa kata it’s disini mempunyai tiga kegunaan.

 

Dalam simple present participle kata it’s digunakan untuk mendeskripsikan suatu kata sifat, benda, dan kepemilikan. Kamu bisa lihat contohnya dibawah ini:

  1. It’s a beautiful day.
  2. It’s a cat.
  3. It’s my job.

 

Jika diperhatikan dengan seksama, kata it’s diikuti oleh kata sifat (beautiful), kata benda atau noun (a cat),atau kata possessive pronoun (my …). Maka, jika it’s diikuti oleh kata sifat, kata benda, dan kata possessive pronoun maka kita bisa simpulkan bahwa it’s adalah singkatan dari it is dan bagian dari simple present participle.

 

Dalam present continuous participle, kata it is berguna untuk menjelaskan sesuatu yang sedang terjadi di saat yang sama kita membicarakannya.Yuk, kita cek contohnya dibawah ini:

  1. It’s raining.
  2. It’s burning.
  3. It’s mind-blowing.

 

Nah, disini kata it’s selalu diikuti dengan kata kerja yang ditambah -ing atau verb-ing. Kalau kalian sedang membaca artikel dan menemukan kata it’s diikuti dengan verb-ing. Itu berarti kata it is merupakan singkatan dari kata it is juga dan mengacu pada present continuous participle. Kegunaannya untuk menjelaskan situasi yang sedang terjadi saat itu.

 

Sekarang kita lihat sekali lagi, yuk, contoh kalimat-kalimat dibawah ini:

  1. It’s been raining since last night
  2. It’s grown bigger each day since last month.

 

Kata it’s disini diikuti oleh kata ‘been’ dan juga kata kerja bentuk ketiga (grown). Kamu bisa simpulkan bahwa kata it’s disini merupakan singkatan dari kata it has. Berarti, kalimat diatas merupakan bentuk dari present perfect participle. Present perfect participle digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang terjadi di masa lalu tetapi masih berlanjut sampai sekarang.

 

Mudah banget ‘kan cara membedakan kata it’s, antara it is dan it has? Kamu bisa mulai mengaplikasikan penggunaan kata it’s ini di percakapan sehari-hari atau saat kamu menulis cerita fiksi atau menulis email dalam bahasa inggris. Selamat mencoba, yah, teman-teman!