Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Napun Gete, Kabupaten Sikka, NTT

Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Napun Gete, Kabupaten Sikka, NTT

Konten [Tampil]

Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Napun Gete, Kabupaten Sikka, NTT

NTT, 23 Februari 2021 - Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Napun Gete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, melalu channel Youtube Sekretariat Presiden, Tampak di lokasi Bendungan Napun Gete, ada Pak Joko Widodo, Pak Basuki Menteri PUPR, Pak Viktor Bungtilu Laiskodat Gubernur Nusa Tenggara Timur dan Pak Fansiskus Roberto Diogo,S.Sos Bupati Sikka dan Pak Pratikno Sekretariat Negara.

 

Dalam kunjungannya, Pak Jokowi menyempatkan diri untuk melihat kondisi Bendungan Napun Gete didampingi Pak Basuki Menteri PUPR. Dalam pembincangannya Pak Jokowi selalu mengapresiasi hasil dan kinerja Menteri PUPR, unutk Indonesia Maju dalam pembangunan di Indonesia.

 

Spesifikasi Bendungan Napun Gete

Bendungan Napun Gete mempunyai kapasitas tampung 11,52 juta meter kubik dengan luas genangan 99,78 ha, Bendungan Napun Gete memiliki manfaat untuk penyediaan air irigasi 11,300 ha air baku 0,212 meter kubik per detik dan memiliki potensi potensi pembangkit listrik Tenaga air sebesar 0,11 megawatt, biaya pembangunan Bendungan Napun Gete sebesar 880 milyar dengan masa pelaksanaan tahun 2016-2021.

 

Kegunaan Bendungan Napun Gete

  1. Mengaliri listrik sebesar 0,11 megawatt
  2. Mengaliri air untuk pertanian dan persawahan
  3. Mengendalikan banjir hulu dan hilir
  4. Sebagai tempat pariwisata terbaru

 

Sambutan selamat Datang Bapak Bupati Sikka:

Kembang melati jangan dipindahkan, biarkan tumbuh bedahan-dahan.

Selamat datang kami ucapkan, semoga berkah berkelimpahan.

Yang saya hormati Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak H. IR Joko Widodo.

Dari hati yang tulus dan aperesiasi setinggi-tingginya, kabupayen sikka akan giat meningkatkan indek penanaman pertanain dengan 3 kali panen setiap tahun, untuk menopang ketahahan pangan nasional dan mengembangkan agroindustry kawasan dengan teknologi android yang dikembangkan oleh petani millennial.

 

Kabupaten sikka mengadopsi solo techno site dengan pendidikan vokasi untuk menjadi gerbang export hasil bumi sikka. Kabuate sikka selalu mendokan bapak Presiden dan Ibu Presiden untuk tetap sehat yang prima dan dan selalu beraktivitas dengan semangat untuk Indonesia.

 

Sambutan saya akhiri dsenga sebuah pantun

Jari lentik mengayun sampan, sampan diayu parahu melintang

Sudah ganteng tambahlah tampan, bapak Jokowi jadi bintang.

 

Sambutan Bapak Presiden Joko Widodo

Salam,

Selamat sore, salam sejahtera bagi kita semuanya.

Salam Hormat (Jajaran Presiden dan Peserta yang hadir di Kabupaten Sikka)

 

Saya tidak bisa menghitung berapa kali dating ke NTT, selalu yang diminta adalah bendungan, yang diminta adalah waduk dan permintaan itu adalah betul. Jangan minta yang lain-lain. Karena kunci kemakmuran di NTT adlaah air. Begitu ada air, semua bisa ditanam bisa tumbuh, buahnya diambil, daunnya bisa diambil untuk peternakan, Karena di NTT bagus untuk sektor peternakan

 

Dan tadi pagi Pak Gubernur menuyampaikan bahwa di Kabupaten Sumba Tengah, dulunya banyak export sapi ke hongkong, kenapa berhenti? Karena kecukupan airnya kurang, sehingga di NTT dalam proses dibangun itu ada tujuh bendungan, sekarang patur berysukur di Kabupaten Sikka juga seduah selesai, Alhamdulillah, ini patut kita syukuri, tinggal 4 bendungan lagi dalam proses.

 

Tadi pagi pak Gubernur, minta tambahan 2 bendungan lagi, padahal di semua provinsi palingan banyak adalah 2, tapi di sini sangat dibutuhkan, seperti napuun gete. Ini lompatan yang tidak kecil, tapi hasil produktivitas bener-bener di maksimalkan. Limbah pertanian bisa dipakai untuk makan ternak.

Kalau nanti satu per satu bendungan selesai, saya meyakini untuk produktif, tidak lama lagi NTT akan makmur dan tidak menjadi provinsi yang kategori masih pada kondisi yang kurang.

Kita lihat nanti, kalau bendungan sudah selesai, tadi pagi juga, di kabupaten Sumba Tengah minta bendungan dan waduk atau embung lagi. Menurut Pak Jokowi inilah permintaan yang bener jangan minta yang lain-lain.

 

Dan nanti akan kita lihat lumbung pangan di Kabupaten Sumba Tengah untuk menarik air dari Bendungan Rotiklot untuk masuk, agar dimanfaatkan untuk pangan lagi, inilah adalah masa depan yang kita inginkan. Yang minus menjadi semuanya surplus, karena di Sumba Tengah, setahun baru panen satu kali, dengan air agar menaikan panen 2 kali padi dan jagung, ini lompatan produktivitas yang bagus.

 

Detik-Detik Jokowi Meresmikan Bendungan Napun Gete

“Hari ini saya resmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur”.

 

Terimakasih

Salam Sejatera

 

Prosesi penekanna tombol sirene dan Penandatanganan Prasasti

Post a Comment

0 Comments