Apakah Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Menambah Berat Badan?

Apakah Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Menambah Berat Badan?

Konten [Tampil]

Apakah Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Menambah Berat Badan?

Hay Sahabat Alchosilber! Orang-orang sering minum susu sebelum tidur, mereka ingin tidurnya lebih nyenyak. Sebagian lainnya juga percaya bahwa minum susu sebelum tidur dapat meredakan kecemasan dan merelaksasikan tubuh sebelum tidur.

 

Minumlah Susu Agar Tidur Malam Lebih Baik

Akan tetapi, ada banyak orang yang menyangkal serangkaian properti ini. Lalu mana yang benar? Bagi Healthline, susu memang bisa membantu seseorang tidur lebih cepat. Beberapa penelitian juga telah mengkonfirmasi bahwa konsumsi produk susu, seperti susu dan keju, sebelum tidur menyebabkan tidur malam yang lebih nyenyak.

 

Baca Juga: Manfaat Susu Greenfield Organic untuk Detok Racun

 

Susu Memiliki Hormon Melatonin

Para ahli mengatakan ini karena kandungan tertentu dalam produk susu, lapor Medical Daily. Susu memiliki hormon melatonin dan asam amino triptofan. Keduanya memiliki efek positif pada mood kita, sehingga memudahkan kita untuk memasuki siklus tidur.

 

Beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa keduanya dapat mengurangi indikasi kecemasan dan tekanan mental yang biasanya lebih sering terjadi menjelang waktu tidur. Web Colossal Sleep mengatakan triptofan membantu tubuh melepaskan serotonin yang mengurangi kecemasan dan membuat tubuh lebih rileks.

 

Minum Susu Sebelum Tidur Bikin Gemuk

Sementara itu, melatonin membantu mengontrol ritme sirkadian dan mengirimkan sinyal ke otak untuk memasuki kondisi tidur. Beberapa ahli juga menyatakan bahwa minum susu sebelum tidur memiliki efek psikologis yang membantu memperkuat kemampuan tersebut.

 

Baca juga: Manfaat Susu Osamilk Penambah Berat Badan

 

Minum susu sebelum tidur membuat kita lebih tenang dan tanpa bangun ingat untuk meminumnya di malam hari, agar kita bisa merasa aman dan tidur lebih nyenyak. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak menyetujui aplikasi ini. Salah satu alasannya adalah meminum susu sebelum tidur dapat membuat kita gemuk karena mengandung lemak, protein, dan kalori selain nutrisi dan mineral.

 

Minum susu sebelum tidur menyebabkan kenaikan berat badan

Dalam Livestrong disebutkan bahwa minum susu sebelum tidur dapat mengganggu pencernaan, berdampak pada metabolisme, dan kemungkinan menyebabkan penambahan berat badan. Bersedia, namun hal tersebut tidak menurunkan perhatian minum susu sebelum tidur. Bahkan, hal itu menciptakan rutinitas baru untuk minum susu minimal 2 jam sebelum tidur agar khasiatnya sehat.

 

Jika kita minum susu di malam hari, terutama sebelum tidur, kita juga tidak perlu takut minum susu akan membuat kita semakin gemuk. Jika kita tidak ingin menambah berat badan, bisa memilih susu yang rendah lemak saja.

 

Baca juga: Susu Tiens Nutrient Calcium Powder Susu Peninggi Badan

 

Minum susu di malam hari meningkatkan kualitas tidur

Minum susu di malam hari saja dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya, kandungan triptofan pada susu justru bisa membuat tubuh mengeluarkan hormon melatonin. Hormon melatonin membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

 

Pakar kesehatan sendiri menganjurkan agar kita minum susu sebelum tidur jika kita sulit tidur. Dengan melakukannya, kita juga terbebas dari masalah tidak bisa tidur, serta dapat menjauhi konsumsi obat tidur yang tidak sehat dan berakibat fatal.