Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Seminar Online atau Webinar

Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Seminar Online atau Webinar

Konten [Tampil]

SeminarOnline atau Webinar sudah kerap dilakukan di Indonesia dan lagi naik daun ke seluruh susunan masyarakat, imbas dari Pandemi Global ini.

Event Organizer banyak menggunakan Seminar Online atau Webinar untuk tetap berinteraksi dengan semua peserta ataupun audien yang berada jauh dari lokasi kegiatan event tersebut di mana tentu tidak dapat bertemu secara langsung karena terhalang oleh jarak serta keterbatasan waktu dan karena adanya konsep baru yaitu new normal.

 

Seminar Online atau Webinar di Indonesia ialah suatu wadah yang terdiri dari Seminar Online, presentasi, pengajaran maupun workshop yang mana dilakukan dengan cara online dengan laptop atau smartphone.


Baca juga: Teks Moderator Seminar Dan Contoh Paragraf Teks Seminar Singkat 


Pada Seminar Online atau Webinar ini diibaratkan seperti pertemuan atau meeting secara bertatap muka langsung lewat media internet yang bisa digunakan oleh banyak orang, tidak cuma satu ataupun 2 orang tetapi beberapa orang dengan lokasi yang berbeda- beda.

 

Lewat Seminar Online atau Webinar ini Kamu akan bisa silih berinteraksi dengan memanfaatkan video ataupun gambar bahkan melalui pesan singkat.

 

Saat sebelum Kamu mendaftarkan diri mengikuti Seminar Online pasti ada sebagian hal yang perlu dipersiapkan dan ketahui. Melalui artikel ini akan diuraikan tentang perlengkapan yang diperlukan, manfaat dan juga langkah saat sebelum mengikuti Seminar Online atau Webinar.

 

 

ALAT YANG PERLU DISIAPKAN

Laptop/Smartphone

Laptop/Smartphone merupakan hal yang paling penting saat mengikuti seminar online atau Webinar karena tanpa alat Laptop sudah pasti tidak bisa mengikuti Seminar Online.

 

Browser

Browser adalah aplikasi dalam laptop yang perlu kamu unduh agar dapat bergabung dalam suatu Seminar Online atau Webinar guna mengakses Seminar Online dengan lancar.

 

Koneksi Internet

Kecepatan Internet akan mempengaruhi kenyamanan selama mengikuti Seminar Online atau Webinar. Dengan koneksi internet yang stabil dan cepat tentu akan membuat lebih nyaman selama mengikuti Seminar Online.

 

Hal ini dikarenakan dalam Seminar Online menuntut kamu untuk melakukan streaming yang membutuhkan kecepatan internet yang stabil. Jika koneksi internet tidak stabil atau lemot maka akan membuat streaming menjadi patah-patah buffering.

 

Headset/Earphone

Apabila kamu ingin mendengar suara saat Seminar Online berlangsung dengan jelas, tambahan alat seperti headset atau speaker aktif bisa menjadi pilihan. Pastikan headset dan earphone dalam kondisi baik yang dapat digunakan.

 

Email yang Aktif

Pada saat registrasi atau pendaftaran pasti kamu akan diminta untuk konfirmasi dengan melalui email, jadi pastikan email yang digunakan untuk mendaftar Seminar Online masih aktif dan tidak lupa dengan passwordnya.

 

Baca juga: Contoh Teks Atau Naskah Seminar Nasional Untuk Pembawa Acara MC  


TIPS SEBELUM MENGIKUTI SEMINAR ONLINE ATAU WEBINAR

  1. Pastikan sudah melakukan pendaftaran Seminar Online atau Webinar yang akan kamu ikuti. Biasanya akan diminta untuk mengisi data pribadi secara lengkap melalui formulir website dari penyelenggara Seminar Online.
  2. Setelah melakukan pendaftaran maka kamu perlu menentukan Seminar Online yang ingin kamu ikuti, lalu melakukan pembayaran. Konfirmasi melakukan konfirmasi dengan mengunjungi alamat website Seminar Online atau Webinar tersebut.
  3. Lalu catat tanggal dan waktu pelaksanaan Seminar Online atau Webinar. Kalau perlu kamu dapat memasukkan dalam Google kalender di smartphone secara otomatis.
  4. Pada hari Seminar Online dilaksanakan, usahakan untuk disiplin tepat waktu dan menunggu sebelum Seminar Online dimulai agar tidak ketinggalan materi saat Seminar berlangsung.

 

MANFAAT MENGIKUTI SEMINAR ONLINE ATAU WEBINAR

Sebelum mengikuti Seminar Online atau Webinar, kamu juga perlu mengetahui manfaat Seminar Online atau Webinar, yaitu:

 

Flexible

Dengan mengikuti Seminar Online atau Webinar di mana selama memiliki koneksi Internet, kamu bisa melakukan Seminar Online atau Webinar.

 

Hemat Biaya

Kamu tidak dituntut wajib hadir di tempat Seminar Online, maka tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan akomodasi yang mahal, apabila lokasi Seminar Online berada jauh di luar kota.

 

Dapat belajar langsung

Seminar Online atau Webinar dilakukan oleh pembicara yang ahli dalam bidangnya dan kamu dapat memutar ulang video Seminar Online tersebut. Apabila kamu akan mempraktikkan apa yang sudah dipaparkan dalam Seminar Online sehingga mendapatkan ilmu sekaligus belajar langsung secara trial and error.

 

Dapat berinteraksi dengan orang banyak

Meski tidak bertemu langsung, kamu dapat berinteraksi dengan mereka meskipun hanya bertatap muka di dunia maya dan juga apabila tidak menyukai interaksi tatap muka, kamu bisa berkomunikasi dengan orang baru melalui chat room di aplikasi seminar online tersebut.

 

Baca juga: Contoh Teks atau Naskah Moderator Seminar Online atau Webinar 


KESIMPULAN

Apa yang bias kita simpulkan dari persiapan yang dibutuhkan untuk Webinar ini:

 

 

Alat untuk mengikuti Seminar Online atau Webinar yaitu;

  1. Seperangkat laptop/smartphone
  2. Aplikasi browser
  3. Koneksi Internet
  4. Headset/Earphone
  5. Email yang aktif

 

Persiapan sebelum mengikuti Seminar Online

  1. Lakukan pendaftaran secara online di formulir website
  2. Lakukan pembayaran dan konfirmasi melalui email
  3. Catat waktu dan tanggal Seminar Online atau Webinar
  4. Mengikuti Seminar Online online dengan seksama

 

Manfaat Seminar Online atau Webinar

  1. Waktu yang Fleksibel
  2. Murah dan Hemat Biaya
  3. Dapat belajar langsung dan bias di playback
  4. Berinteraksi dengan orang-orang baru

 

 

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengikut Seminar Online atau Webinar. Coba kamu teliti lagi apakah persiapan kamu sudah sesuai dengan tips yang saya paparkan?

 

Apabila tips ini bermanfaat untuk silahkan share artikel ini di sosial media yang kamu miliki, agar orang lain juga merasakan manfaatnya sama seperti kamu.


Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Seminar Online atau Webinar



Post a Comment

0 Comments