Labels

Labels

Ads 300 x 250

Business Hours

About

Flickr Images

Wednesday, September 16, 2020

Fungsi Pasar Valas Atau Valuta Asing Bagi Pelaku Pasar dan Negara


Valas ialah proses perdagangan mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain. Perdagangan mata uang tersebut bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan dapat dilakukan dengan melaksanakan transaksi 2 arah. Pertama dengan metode membeli terlebih dulu (open buy) setelah itu menutup dengan metode menjual (sell), ataupun dapat dilakukan dengan metode kebalikannya.



SISTEM VALAS

Sistem valas dibagi jadi 3 sistem, ialah sistem kurs bebas, sistem kurs tetap, serta sistem kurs terkendali. Berikut ini merupakan uraian masing-masing sistem valuta asing yang berlaku di suatu negara.





Sistem Kurs Bebas

Sistem kurs bebas dalam valas bisa dimaksud sebagai pembuatan kurs yang cuma berlaku pada tempat terbentuknya transaksi. Besarannya dapat berbeda tergantung pada permintaan serta penawaran mata uang dalam tempat transaksi tersebut.

Sistem Kurs Tetap

Sistem kurs tetap justru pemerintah sesuatu negara memastikan nilai kurs mata uangnya terhadap mata uang lain secara mutlak. Riset ini dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya untuk meredam pergerakan harga yang sangat fluktuatif.

Sistem Kurs Terkendali

Sistem kurs terkendali. Dalam sistem ini melibatkan pemerintah lewat bank sentralnya untuk memastikan alokasi konsumsi valuta asing yang ada di negaranya.

Sistem ini merupakan campuran 2 sistem sebelumnya, sehingga nilai tukar Valas bisa bergerak naik serta turun secara bebas dengan intervensi pemerintah untuk menghindari pergerakan yang sangat ekstrim.


FUNGSI VALAS


Alat tukar Internasional

Pasar valuta asing sangat berfungsi dalam menolong pertukaran uang. Misalnya, ketika Indonesia mengimport gandum, tentu pembayaran dilakukan dengan dollar.

Alat Pembayaran Internasional

Kaitannya dengan kerjasama negara lain. Pembayaran juga memakai dollar, misalnya ketika negara mempunyai hutang dengan negara lain, pasti saja cicilan hutang serta bunganya dibayarkan dalam wujud mata uang negara tersebut.

Alat Pengendali Kurs

Kurs ialah perbandingan antara mata uang suatu negara dengan negara lain. Tidak dipungkiri kalau tiap negara tentu mengalami penguatan ataupun pelemahan mata uang.

Memperlancar Perdagangan Internasional

Adanya pasar valuta asing, perdagangan bisa berjalan dengan mudah tanpa wajib mempermasalahkan pembayaran. Proses perdagangan uang bisa dilakukan pada bank-bank tiap negara.


PEMAIN VALAS


Bank

Bank ialah pemain valuta asing yang sangat berarti serta peranannya sangat penting. Bank menolong dalam proses pedagangan keuangan lewat pembelian maupun penjualan mata uang asing. Sarana dari bank dalam perdagangan uang dapat memperoleh keuntungan dollar trilliun.

Dunia Usaha

Pada pemain dunia usaha, valuta asing jadi salah satu kebutuhan kegiatan industri untuk melakukan pembayaran harga barang serta jasa.

Bank Sentral

Bank sentral menolong mengatur suplai uang, inflasi, ataupun suku bunga. Bank sentral hendak terus menerus memantapkan pasar serta sering kali memakai cadangan devisanya buat memperbaiki keuangan pasar.

Perusahaan Manajemen Investasi

Perusahaan manajemen investasi umumnya terdiri dari dana pensiun serta dana sumbangan yayasan. Transaksi yang dilakukan ialah salah satu metode untuk ikut investasi di luar negeri. Dengan begitu nasabah dapat memperoleh keuntungan yang besar.

Pialang Valuta Asing

Pemain valuta asing ini yakni dengan mendirikan perusahaan khusus untuk memberikan jasa perantara untuk kepentingan nasabah di pasar uang.


JENIS VALAS

Ditinjau dari jenisnya, valuta asing dibedakan jadi 2 kelompok, ialah:

Valuta asing fisik

Uang dalam wujud sesungguhnya, ialah dollar ataupun rupiah. Uang fisik tersebut juga terdiri dari uang kertas maupun uang logam. Valuta asing fisik ini mempermudah penukaran uang dalam perdagangan internasional.

Valuta asing non-fisik

Bukan uang sesungguhnya, namun mempunyai nilai mata uang, seperti cek, wesel, ataupun internatioal money





Dilihat dari bentuknya, mata valuta asing biasanya dijual belikan dalam wujud:
  1. Mata uang asing
  2. Saldo kredit
  3. Surat-surat wesel luar negeri
  4. Hak-hak penerimaan pembayaran



KELEBIHAN VALAS


Transaksi 24-Jam

Tidak seperti transaksi di pasar modal, pasar valas berjalan 24 jam satu hari sepanjang 5 hari dalam seminggu. Berikut ini merupakan perkiraan jadwal pasar valas bersumber pada waktu lokal New York:
  1. Pasar valas New York buka pada jam 08: 00;
  2. Pasar valas Jepang dibuka pada jam 19: 00;
  3. Singapore serta Hongkong dibuka pada jam 21: 00;
  4. Pasar Eropa dibuka di Frankfurt pada jam 02: 00 serta satu jam setelah itu pasar London dibuka;
  5. Pasar valas Australia diawali pada jam 18: 00.


Likuiditas

Banyaknya broker/dealer dalam pasar valas menjadikan pasar valas jadi sangat likuid sekaligus dapat menjadikan harga jadi lebih normal. Dengan begitu, trader dapat membuka ataupun menutup posisi pada fair market price.

Rendahnya Biaya Transaksi

Bayaran transaksi di pasar valas secara online tidak terdapat, tetapi cuma dikenakan bayaran yang jumlahnya lumayan beragam salah satu contohnya merupakan bayaran pada saat penarikan dana dari account forex.

Keuntungan dari Kenaikan serta Penurunan Harga

Para trader bisa menarik keuntungan dari kenaikan harga ialah selisih antara harga beli (ask/offer) dengan harga jual/harga penutupan (bid) pada pesanan beli (buying order). Sebaliknya pada pesanan jual (selling order), keuntungan didapat dari selisih antara harga jual (bid) dengan harga beli/penutupan (ask/offer).

Marjin Perdagangan

Perdagangan dengan marjin bisa membuat energi beli investor melebihi jumlah modal yang dimiliki.

Two way opportunities

Kamu bisa menciptakan keuntungan 2 arah, ketika market naik ataupun juga ketika market turun. Hal ini tidak berlaku untuk investasi tipe lain (1 way opportunity), sebagai contoh: saham.

Fungsi Leverage

Dengan modal relatif kecil kamu bisa menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar. Contoh: tanpa leverage kamu hanya akan memperoleh$0. 01/point dengan modal$100. Tetapi dengan leverage 1: 100 maka kamu bisa menghasilkan$1/point dengan modal yang sama($100).


KELEMAHAN PASAR VALAS

Tidak hanya ada keuntungan, perdagangan valas pula memiliki sebagian resiko, yang antara lain sebagai berikut:

Resiko Kurs Pertukaran (Exchange Rate Risk)

Resiko ini mencuat sebagai akibat dari naik-turunnya nilai tukar (kurs) valas.

Resiko Negara Asal

Resiko ini timbul dari akibat campur tangan pemerintah yang mata uangnya di perdagangkan di pasar valas contohnya seperti intervensi bank sentral di negara tersebut dengan menaikkan tingkat suku bunga, melepas obligasi pemerintah, pembelian valuta asing secara besar-besaran oleh pemerintah serta sebagainya.


KURS VALAS DALAM RUPIAH (IDR)

Kurs ialah harga ataupun nilai mata uang sesuatu negara yang diukur dengan mata uang luar negeri ketika berbelanja ataupun membeli barang di luar negeri. Intinya, kurs ialah nilai tukar. Sebaliknya valuta asing ialah nilai mata uang negara lain.

Jadi, kurs valuta asing ialah rasio nilai antara mata uang dalam negeri dengan mata uang yang lain ataupun dengan kata lain kurs menampilkan perbandingan nilai antara 2 mata uang yang berbeda.






KESIMPULAN

Seperti itu tadi uraian singkat tentang valas ataupun yang disebut valuta asing beserta dengan gunanya untuk bisnis Kamu. Buat Kamu yang memiliki bisnis serta suka bertransaksi memakai mata uang asing Kamu harus mengenali apa itu valas serta fungsinya.


Fungsi Pasar Valas Atau Valuta Asing Bagi Pelaku Pasar dan Negara


No comments:
Write komentar

Tertarik dengan konten ALCHOSILBER?
Pantau terus setiap update !