Labels

Labels

Ads 300 x 250

Business Hours

About

Flickr Images

Wednesday, June 24, 2020

Beberapa Fakta Unik dan Menarik Tentang Negara Lithuania


Inilah Negara Lithuania,  dikenal sebagai Negara Laut Baltik, yang letak geografisnya berada di tengah-tengah Eropa. Dengan populasi 4.250.000 jiwa dan kepadatan penduduk 5/km2.

Negara Lithuania diapit oleh 3 Negara, sebelah utara berbatasan Lativa, sebelah selatan berbatasan Belarus dan sebelah barat berbatasan dengan Polandia.








Fakta Unik #1: Sejarah Lithuania

Nama Lithuania pertama kali ditemukan dalam surat Annal of Quedlinburg pada tahun 1009. Pada abad ke-12 M menyebutkan bahwan Lithuania pernah diserang oleh Bangsa Rus.

Pada suatu waktu antara tahun 1180 dan 1183 M, situasi mulai berubah, orang Lithuania mulai mengorganisir penyerbuan militer. Penyerbuan militer yang tiba-tiba ini menandai konsolidasi negeri Lithuania.

Pengakuan formal dan pendirian sebuah hierarki di antara pihak-pihak yang menyepakati kesepakatan itu menandai kemunculan sebuah negara Lithuania.

Akta Kemerdekaan Lituania ditandatangani, memproklamasikan kemerdekaan pada 16 Februari 1918. Kemerdekaan tampaknya hanya sementara, karena Lithuania diduduki oleh Uni Soviet di 1940 selama Perang Dunia II.

Lithuania diizinkan untuk mengadakan pemilihan demokratis, dianggap sebagai Pemulihan Hari Kemerdekaan. Lithuania akhirnya mengakui kemerdekaannya pada 11 Maret 1990.


Fakta Unik #2: Bahasa Lithuania

bahasa Lithuania lebih tua dibandingkan bahasa Yunani, Latin, Jerman, Celtik, atau Slav. Bahasa Lithuania termasuk kelompok Indo-Eropa dan dekat dengan bahasa Sanskrit.

Banyak ahli filologi sepakat bahwa bahasa Lithuania adalah bahasa yang paling kuno dari seluruh bahasa yang masih ada. Menurut bahasa pribumi, negara Lithuania dinamakan Lietuva.


Fakta Unik #3: Hari Besar Lithuania

Hari-hari besar Lithuania meliputi Tahun Baru (1 Januari), Restorasi Negara Lithuania (16 Februari) Hari Ibu (Minggu pertama bulan Mei).

Peringatan Penobatan Pangeran Agung Mindaugas dari Lithuania (6 Juli), Hari Nasional Harapan dan Berkabung yang dikenal dengan Hari Sepenuh Jiwa (All Souls Day/1 November) dan Natal (25-26 Desember).


Fakta Unik #4: Situs Taman Nasional Lithuania

Taman Nasional Aukštaitija, dibangun pada tahun 1974 dan merupakan taman nasional yang tertua di Lithuania. 70% dari areanya ditutupi oleh hutan. 80% dari hutannya terdiri dari pohon pinus, yang diantaranya ada yang sudah berusia 200 tahun. Di dalam hutan terdapat 126 danau.

Taman Nasional Bersejarah Trakai adalah taman nasional di Lithuania. Taman ini dibuat pada tahun 1992 untuk mengenang kota bersejarah Trakai, letanya sekitar 25 km sebelah barat kota Vilnius.






Situs arkeologis Kernave merupakan pemukiman manusia berusia 10 ribu tahun pemukiman manusia di wilayah tersebut. Pada tahun 2004, taman ini terdaftar sebagai UNESCO World Heritage.

Kota Tua Vilnius adalah salah satu kota tua peninggalan zaman pertangahan terbesar yang masih ada di Eropa Utara. Kota ini meliputi 74 bagian yang terdiri dari 70 jalan setapak dan bangunan peninggalan tahun 1487 dengan total area seluas 1.497.000 meter persegi. Pada tahun 1994 kota Tua Vilnius terdaftar dalam UNESCO World Heritage.


Fakta Unik #6: Situs Ziarah Rohani Lithuania

patung Perkūnas, yaitu dewa halilintar yang banyak terdapat di kota tersebut. Kaunas memiliki 5 gereja Katolik dan katedral besar.

Lithuania mempunyai sejarah pagan yang kaya dan merupakan refleksi dari kebudayaan kunonya. Situs-situs pagan menarik adalah Taman Pohon Oak Pagan (Pagan Oak Tree Park) di Dukstai, Hill of (bukit penyihir) di Juodkrante, dan Bukit Salib (Hill of Crosses) di Šiauliai.

Bukit Salib menjadi tempat ziarah keagamaan. Tradisi meninggalkan salib bermula sejak setelah pemberontakan melawan rezim tsar Russia yang lengser pada tahun 1831.


Fakta Unik #7: Komoditas Lithuania

Orang Lithuania sangat terobsesi dengan lebah madu. Mereka juga menyukai renda.
Pembuatan vodka dari jagung pertama kali ditemukan oleh orang Lithuania.

Lithuania adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki aroma parfum resmi, yang dinamakan Wewangian Lithuania (Scent of Lithuania).


Fakta Unik #8: Seni dan Budaya Lithuania

Kita bisa tahu akar musik Lithuania dengan menyaksikan Festival Internasional Musik Rakyat (26-29 Mei) atau Festival Jazz International (13-16 Oktober).

Diantara group musik terkenal dari Lithuania, yaitu Frank Fitts, Wplfsome, BA, Abudu, dan Colours of Bubbles.






Seni dan musik lithuania kontemporer dapat dikenali melalui komposer seperti Mikalojus Konstantinas Ciurlionis, yang mengombinasikan Romantisisme dengan Simbolisme.


Beberapa Fakta Unik dan Menarik Tentang Negara Lithuania


No comments:
Write komentar

Tertarik dengan konten ALCHOSILBER?
Pantau terus setiap update !