Labels

Labels

Ads 300 x 250

Business Hours

About

Flickr Images

Tuesday, February 25, 2020

Sejarah Perkembangan Flashdisk, Kekurangan Dan Kelemahan Flashdisk


FlashDisk adalah alat penyimpanan data/file dalam bentuk NAND. Di perangkat ini, embedded controller dan data penyimpanan memori yang non-volatile alias tidak akan hilang meski tidak ada daya listrik. Komponen-komponen Flashdisk lebih sederhana dan relatif lebih sedikit dibandingkan dengan hard drive. Ini karena blitz tidak memerlukan disk, motor, atau bagian lain yang berfungsi secara mekanis.


Umur flash saat ini sekitar 10 tahun (periode penggunaan normal). Kiat agar Anda menggunakan flash pada sistem operasi Windows Me/2000/XP menyarankan untuk menghapus flash dengan cara yang aman (Penghapusan Aman). Ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan tidak ditulis dari memori cache ke flash.

Pencabutan flash tiba-tiba dapat menyebabkan data yang belum ditulis rusak. Mengakhiri koneksi dengan cara yang aman akan memperpanjang umur flash drive karena koneksi baca/tulis antara komputer dan flash drive diamankan terlebih dahulu dan koneksi listrik pendek (yang dapat merusak komponen flash) dapat dicegah.


FUNGSI FLASH DISK
Fungsi Flashdisk untuk menyimpan dan memindahkan data Anda mungkin merupakan yang paling umum digunakan untuk USB flash drive. Tetapi sebenarnya ada manfaat lain dari flash disk yang dapat Anda lakukan dengan drive ini yang sangat berguna. Berikut adalah 10 cara Anda bisa mendapatkan manfaat dari USB flash drive untuk melakukan lebih dari sekadar menyimpan dan memindahkan data. Selain menyimpan data, Anda dapat menjalankan aplikasi portabel dari flash drive USB.

Misalnya, OpenOffice, yang merupakan suite kantor lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, paket gambar, dan basis data yang tersedia sebagai aplikasi portabel. Anda dapat mengunjungi alamat ini; PortableApps.com untuk melihat program apa yang dapat dijalankan melalui drive flash disk. Anda bahkan dapat menginstal semua aplikasi yang mencakup hal-hal seperti pemutar audio, game, utilitas antivirus, dan sistem menu praktis dari flash disk ini.


SEJARAH FLASH DISK
Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr. Fujio Masuoka pada tahun 1984 saat mengerjakan Toshiba sementara nama flash itu sendiri diberikan oleh rekannya, Tuan Shoji Ariizumi. Jenis chip flash NOR yang diperdagangkan diperkenalkan oleh Intel pada tahun 1988. Flash NOR adalah flash dasar yang membutuhkan waktu lama untuk dihapus dan ditulis, tetapi memberikan alamat lengkap dan jalur data, memberikan akses acak ke semua lokasi memori.

Tetapi sangat baik untuk mengganti ROM lama, di mana dimungkinkan untuk memperbarui kode program yang disimpan. Contohnya adalah flash BIOS NAND yang diumumkan oleh Toshiba pada tahun 1989, yang dapat membuat proses menghapus dan menulis lebih cepat, membutuhkan ruang kecil untuk chipper sel. Dengan peningkatan kapasitas tetapi biaya dapat dikurangi sehingga jenis flash ini cocok untuk penyimpanan sekunder.

Tidak pasti siapa yang mengembangkannya untuk pertama kalinya karena ada tiga perusahaan yang berselisih, yaitu M-Systems, Netac dan Trek 2000 Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. Ukuran data yang dapat disimpan saat itu adalah 8 MB, data terakhir pada November 2006 telah mencapai 64 GB. Tidak hanya ukurannya yang telah bertambah, tetapi bentuk dan fungsinya juga telah berubah. Ada flash drive yang menggunakan desain putar sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan penutup.

Ada juga flash drive berlapis karet yang tahan air atau dilengkapi dengan klip carabineer sehingga mudah digantung. Bahkan flash drive telah dibuat dalam bentuk model kartu kredit. Ini disebut USB ramah dompet. Ukurannya hanya 86 x 54 x 1,9 mm. Jadi, itu bisa disimpan dengan aman di dompet. Untuk masalah keamanan, flash drive saat ini harus melindungi data sehingga tidak diakses oleh orang yang bukan pemilik.


PENGEMBANGAN FLASH DISK
Perkembangan flash disk sangat cepat. Flash disk ketika pertama kali dipasarkan pada tahun 2000 hanya memiliki kapasitas 8 MB. Sekarang, pada tahun 2011, hanya 11 tahun yang lalu, kapasitas flash disk terbesar yang dipasarkan adalah 256 GB, 32.000 kali lipat dari jumlah itu. Perkembangan yang cepat ini disebabkan para peneliti telah menemukan teknologi yang semakin canggih.

Bahan yang tersedia menjadi semakin canggih, terutama setelah penemuan dan keberhasilan penggunaan logam semikonduktor. Tidak hanya disk, tetapi port USB juga terus bertambah. Port USB pertama yang diperkenalkan pada tahun 1996, USB 1.0, memiliki kecepatan transfer data maksimum 12Mbit/s. Sedangkan USB 2.0, yang dirilis pada tahun 2000, memiliki kecepatan transfer data 480 Mbit/s. 40 kali lipat dari USB 1.o. Kemudian pada 2010, dipasarkan USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 5Gbit/s, 10 kali lipat dari USB 2.0.

Menurut sejarah perkembangan flash, ada empat entitas flash disk atau USB flash drive, yaitu Dov Moran dari M-Systems, Pua Khein Seng Phison Electronics, Technology Tracks, dan Netac Technology. Dari keempat entitas, flash disk terus dimodifikasi baik dalam bentuk maupun fungsinya hingga akhirnya flash tersebut dikomersialkan ke masyarakat umum.

Produk flash drive komersial pertama dipasarkan oleh Trek Technology dan IBM pada tahun 2000. Trek Technology memasarkan flash drive dengan nama Thumb drive sementara IBM memasarkan flash drive di Amerika Utara yang disebut DiskOnKey. Alat penyimpanan data memiliki kapasitas 8 Mb. Dengan kata lain, lima kali lebih besar dari kapasitas penyimpanan disket pada waktu itu.

Dalam perkembangan selanjutnya, flash disk menggunakan serial transfer data standar (bus) yang mampu mentransfer data dengan frekuensi clock 480 Mb per detik. Generasi berikutnya dapat mentransfer data dengan kecepatan yang bervariasi, seperti "180X" atau 180 x 150 KB/s. Bahkan beberapa flash USB dapat mentransfer hingga 5 GB per detik sejak mengadopsi USB 3.0.


KOMPONEN ATAU FITUR YANG ADA PADA FLASH DISK:

      Koneksi USB
      Perangkat kontrol penyimpanan massal USB
      Poin Percobaan
      Chip memori flash
      Crystal Oscillator
      LED
      Sakelar proteksi
      Ruang kosong untuk chip memori flash kedua


KEUNTUNGAN FLASHDISK:
      Flash drive USB yang Sangat Praktis sangat praktis (portable). Dibandingkan dengan disket, drive zip, dan CD, drive USB jauh lebih mudah dalam hal portabilitas. Itu bisa digantung di leher, bahkan dimasukkan ke dalam saku. Dan flashnya mudah dibawa karena bentuknya yang mungil. Dengan kapasitasnya yang besar, tidak peduli data apa yang disimpan, itu sudah cukup untuk disimpan.

      Mudah Terhubung ke Komputer, karena port USB adalah konsep universal, membuat drive kecil ini memudahkan Anda untuk mentransfer dokumen atau file dari satu komputer ke komputer lain. Jika Anda memiliki file yang terkait dengan pekerjaan atau studi, Anda dapat menyimpan file ke USB dan memindahkannya ke komputer kantor atau komputer apa pun. Apa pun jenis komputer yang Anda gunakan, asalkan komputer memiliki port USB, Anda dapat mengakses file di komputer

      Baik untuk mencadangkan data, drive USB memiliki kemampuan luar biasa untuk penyimpanan data karena kapasitas penyimpanan data hingga beberapa gigabyte. Dengan kemampuan memorinya yang besar, menjadikan USB pilihan yang bagus untuk membuat cadangan file penting, foto, atau file berharga lainnya.
      Kapasitas Memori Lebih Besar. Sebagai perbandingan, flash drive memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada CD. CD mampu menampung 700MB sementara flash drive, meskipun ukurannya kecil, memiliki kapasitas yang lebih besar (hingga gigabytes) untuk menampung data dalam jumlah besar dan setiap tahun kapasitas ini meningkat. Kemampuan memori yang besar ini menjadikan USB pilihan yang tepat untuk memindahkan, mentransfer, mencadangkan, atau mengakses banyak file.

      Menggunakan Kekuatan Komputer. Tidak seperti hard drive portabel, USB tidak memerlukan sumber daya yang terpisah. USB dapat beroperasi dengan daya yang dihasilkan oleh komputer.

      Lebih Tahan Lama, Jika alat penyimpanan sebelumnya rentan terhadap kerusakan, goresan, debu atau pada dasarnya 'memar', mereka peka terhadap paparan eksternal. USB flash drive jauh lebih tahan lama dan tidak khawatir tentang goresan atau jatuh ke tanah, dan dapat menahan paparan yang jauh lebih banyak daripada perangkat sebelumnya.

      Mudah beradaptasi dengan berbagai operasi sistem komputer, dengan konsep plug and play, flash dapat langsung digunakan tanpa perlu menginstal flash drive di komputer.

      Keamanan data lebih terlindungi daripada menggunakan disket karena penyimpanan disk, selain ancaman virus, dalam kondisi lembab rentan terhadap serangan jamur.


KEKURANGAN FLASHDISK:
      Karena bentuknya yang kecil, sehingga cenderung menghilang
      Penyimpanan yang dapat dilepas, sehingga data rentan terhadap kerusakan
      Masa penyimpanan data singkat, flash disk juga memiliki masa penyimpanan data yang pendek, biasanya, daya tahan data pada rata-rata flash drive adalah 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori flash yang digunakan tidak tahan lama.


Sejarah Perkembangan Flashdisk, Kekurangan Dan Kelemahan Flashdisk


No comments:
Write komentar

Tertarik dengan konten ALCHOSILBER?
Pantau terus setiap update !