Makna Sebutan Saham Blue Chip Yang Harus Kamu Ketahui

Makna Sebutan Saham Blue Chip Yang Harus Kamu Ketahui

Konten [Tampil]

Ini Makna Sebutan Saham Blue Chip Yang Harus Kamu Tahu. Arti Istilah Saham Blue Chip Kala kalian membaca ulasan tentang saham, kalian dapat jadi pernah menjumpai istilah saham blue chip. Dapat jadi kalian bimbang, blue- chip ini sebetulnya industri apa sih. Mari kita bersama- sama menelusuri, industri apakah si blue- chip ini. Untuk kamus Oxford- American: Blue chipbdenoting companies or their shares considered to be reliable investment.


Dalam bahasa Indonesia blue- chip kira- kira artinya: saham terpercaya maupun berkapitalisasi besar yang dikira bagaikan investasi yang relatif aman. Kalian bisa lihat jika definisi ini tidak spesial. Industri gimana yang bisa diucap terpercaya? Seberapa besar berkapitalisasi besar suatu industri biar ia dapat dikategorikan blue- chip? Terus terang, tidak ada patokan dan angka yang jelas buat ini.

Di Bursa Akibat Indonesia, saham- saham yang biasa dikategorikan blue- Chip ialah perusahaan- perusahaan besar yang dikenal segenap masyarakat. Sebagian di antara lain:

1.    Astra International( ASII)
2.    Bank Mandiri( BMRI)
3.    Bank BRI( BBRI)
4.    International Nickel( INCO)
5.    Indofood Sukses Makmur( INDF)
6.    Industri Gas Negera( PGAS)
7.    Industri Tambang Batu Bara( PTBA)
8.    Unilever( UNVR)

Kebanyakan industri blue- chip di Bursa Akibat Indonesia ialah BUMN, namun tidak segala BUMN masuk tipe blue- chip.

1.    Indofarma( INAF)
2.    Kimia Farma( KAEF)
3.    Kertas Basuki Rahmat( KBRI)

Ialah BUMN namun pasar tidak menyangka perusahaaan- perusahaan tersebut bagaikan blue- chip. Gimana dengan Bumi Resources( BUMI)? Apakah ia layak dikategorikan blue- chip? Bila ditelaah dari kapitalisasi pasar, BUMI sepatutnya tercantum blue- chip. Dilihat dari volume dan aktivitas transaksi saham tersebut yang cukup ramai, BUMI pula sepatutnya dikategorikan blue- chip. Namun saya merasa ada sebagian pemain saham Indonesia yang tidak setuju dengan pendapat ini.

Jadi, saya memutuskan jika tipe BUMI ialah semi blue- chip. Intinya, kala berdialog tentang saham blue- chip, kalian harus terlebih dahulu menyamakan asumsi. Yang kalian anggap blue- chip belum tentu dikira blue- chip oleh pialang saham kalian. Yang diucap blue- chip oleh seorang analis saham, belum tentu dikira blue- chip oleh analis lain.

Makna Sebutan Saham Blue Chip Yang Harus Kamu Ketahui