Labels

Labels

Ads 300 x 250

Business Hours

About

Flickr Images

Friday, April 12, 2019

Contoh Proposal Tugas Akhir Supply Chain Management Teknik Industri

PENGURANGAN BULLWHIP EFFECT PADA RANTAI PASOK DI LEVEL SUPLAYER DAN DISTRIBUTOR TEMBAKAU TEMANGGUNG

PROPOSAL TUGAS AKHIR

GALIH GUSTIN DEWANGGA SAKSANA
5140611078


PROGRAM STUDI
TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA

YOGYAKARTA
2018
KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkat kesehatan, kekuatan, kecerdasan, serta semanga yang tinggi beserta kekayaan yang telah dilimpahkan sehingga saya dapat menyelesaikan Proposal Penelitian ini yang berjudul “Pengurangan Bullwhip Effect Pada Rantai Pasok Di Level Suplayer Dan Distributor Tembakau Temanggung” untuk melengkapi Mata Kuliah Studi Penelitian sebagai mahasiswa di Universitas Teknologi Yogyakarta. Penulis meyadari penyelesaian Proposal Penelitian ini tidak lepas dari bantuan, partisipasi, bimbingan, serta dukungan kerjasa sama dari berbagai pihak.
Penelitian ini adalah salah satu dari mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, Program Studi Teknik Industri, Universitas Teknologi Yogyakarta sebagai salah satu syarat kelulusan yaitu Tugas Akhir (TA).
            Melalui Penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai disiplin ilmu disertai penerapannya secara nyata. Mengingat dunia kerja saat ini membutuhkan tenaga kerja yang berpengalaman bagi sebuah perusahaan.
            Untuk itu, kami menyusun dan mengajukan proposal ini guna memenuhi persyaratan Penelitian pada Tembakau Temanggung.

  
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
      Pembangunan dan kemajuan dunia industri manufaktur dan industri berbasis teknologi bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia telah berkembang dengan cepat dan kini dihadapkan pada persaingan yang tajam di era globalisasi. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang handal dan profesional di bidangnya. Peningkatan ini dapat dicapai melalui lembaga-lembaga pendidikan formal maupun informal melalui peningkatan kualitas pendidikan dan sarana serta prasarana pedukung pendidikan yang baik.
      Program Studi Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta merupakan salah satu program studi yang berusaha membentuk sarjana yang memiliki keahlian di bidang Industri dan teknologi industri serta memiliki motivasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Penelitian ini merupakan mata kuliah dengan bobot 3 SKS yang mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan pembelajaran di sebuah perusahaan berbentuk PT manufaktur maupun warehouse (logistik) supaya memiliki pengalaman pada dunia kerja secara nyata. Oleh karena itu, Saya mengajukan permohonan kepada pihak PT Pertani Yogyakarta untuk dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa melaksanakan kegiatan Penelitan di PT Pertani Yogyakarta.
1.2  Dasar Pemikiran
1.      Dengan adanya penelitian ini, diharapkan mahasiswa dapat me-ngembangkan kreativitas kemandirian mental di dunia kerja.
2.      Guna memenuhi kurikulum perkuliahan di Universitas Teknologi Yogyakarta khususnya jurusan Teknik Industri.
3.      Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
4.      Tujuan pendidikan Program Studi Teknik Industri yaitu: kepemimpinan, keahlian, kemandirian, kreativitas, berpikir ilmiah dan sikap hidup bermasyarakat.
5.      Diperlukan keselarasan antara sistem pendidikan tinggi dan dunia kerja.
6.      Syarat kelulusan mata kuliah kerja praktik di Jurusan Teknik Industri di Universitas Teknologi Yogyakarta.
1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam proses pelaksanaan Penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk memperoleh gambaran nyata tentang penerapan dari ilmu dan teori yang selama ini telah diperoleh melalu bangku kuiah dan membanding-kannya dengan kondisi nyata yang ada di lapangan.
2.      Untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang akan membuka wawasan kita sebagai mahasiswa menjadi lebih meluas mengenai disiplin ilmu yang dipelajari selama ini.
3.      Diharapkan melalui penelitian ini dapat memperkata perbendaharaan pengetahuan dan referensi data-data yang dapat digunakan untuk membantu penyusunan Laporan Penelitian nantinya.
4.      Membuat mahasiswa berpikir secara praktis dan sistematis ketika menghadapi sebuah persoalan dalam bidang industri manufaktur di lapangan yang sebenarnya.
5.      Mengenalkan dan membiasakan diri terhadap suasan kerja sebenarnya sehingga dapat membangun etos kerja yang baik.
1.4  Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Penelitian pada tanggal 30 Januari 2017 s/d 30 Maret 2017. Dan dilakukan dengan fleksibel sesuai jadwal kuliah. Adapun ketepatan waktu penyelesaian tugas tergantung dari kesepakatan mahasiswa dengan Perusahaan.
1.5  Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Penelitian dilaksanakan di PT Pertani Yogyakarta.
Jl. Arteri, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Isitimewa Yogyakarta 55282.
1.6    Aspek Kerja yang diharapkan
Aspek kerja yang diharapkan yaitu pelatihan serta pembuatan proyek yang diperlukan oleh PT Pertani Yogyakarta atau sesuai dengan kesepakatan Mahasiswa dengan Perusahaan.

1.7    Manfaat
1.      Bagi Institusi Penelitian
a.       Menjalin hubungan kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia industi manufaktur/perusahaan oleh kalangan akademis.
b.      Institusi Peneliti dapat memanfaatkan tenaga peneliti sesuai dengan kebutuhan di unit kerjanya.
c.       Institusi Peneliti dapat mendapatkan alternative calon karyawan yang telah dikenal mutu, dedikasi dan kredibilitasnya.
d.      Membina hubungan baik antara lembaga perguruan tinggi Universitas Teknologi Yogyakarta dengan PT Pertani Yogyakarta.
2.      Bagi Universitas Teknologi Yogyakarta
a.     Memperkenalkan manusia dengan dunia usaha.
b.    Mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing.
e.       Membina hubungan baik antara lembaga perguruan tinggi Universitas Teknologi Yogyakarta dengan PT Pertani Yogyakarta.
c.     Sebagai evaluasi untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.
3.      Bagi Mahasiswa
a.       Untuk merealisasikan ilmu  yang didapat dibangku kuliah.
b.      Melatih rasa tanggung jawab dan mentalitas mahasiswa dalam bekerja.
c.       Sebagai pembanding antara Ilmu yang dimiliki Mahasiswa dengan kebutuhan dunia kerja.

BAB II
SYARAT DAN TEMPAT PELAKSANAAN PENELITIAN

2.1       Pengertian Penelitian
Penelitian adalah sebuah mata kuliah yang ada di dalam kurikulum Strata 1 Program Studi Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta. Penelitian mempunyai jumlah SKS yaitu 3. Tujuan dari Penelitian adalah memberikan pengalaman kerja nyata kepada mahasiswa. Diharapkan dengan melaksanakan penelitian, mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman kerja berupa pengetahuan tentang lingkungan kerja, proses bisnis, proses sistem manufaktur, SOP Perusahaan, Holding Cost, Purchasing, Inventory, Logistik, Job Order sampai penggunaan teknologi dalam lantai produksi disebuah Perusahaan.
Selama Penelitian, mahasiswa juga dapat menerapkan ilmu yang telah didapat selama proses perkuliahan yang sesuai dengan tugas yang diberikan perusahaan. Didalam Penelitian ini mahasiswa diwajibkan untuk memberikan perbaikan atau usulan dan mengembangkan sebuah sistem yang masih berkaitan dengan bidang Teknik Industri. Waktu pelaksanaan Penelitian adalah kurang lebih selama satu semester sesuai kecukupan data yang diteliti dan fleksibel, tetapi akan disesuikan dengan jadwal kuliah di kampus ketika masih mengambil mata kuliah lain selain Penelitian. Tempat pelaksanaan Penelitian adalah sebuah organisasi kerja (memiliki badan hukum Perseroan Terbatas/Perguruan Tinggi/Organisasi Pemerintah dengan lingkup minimal kota, kabupaten) yang memiliki departemen Produksi Manufaktur.
2.2              Syarat Pelaksanaan Penelitian
Telah menempuh 110 SKS dan tanda tangan SEMINAR KERJA PRAKTIK minimal 7 tanda tangan dari dosen penguji.
2.3              Prosedur Pelaksanaan Penelitian
1.      Pembimbing lapangan memberikan penjelasan tugas kepada mahasiswi apa yang harus dikerjakan selama Penelitian berlangsung.
2.      Mahasiswa mengerjakan tugas yang diberikan, serta mengisi log book perhari selama waktu pelaksanaan Penelitian.
3.      Pembimbing lapangan memeriksa dan menandatangani log book diakhir hari kerja, setiap hari, selama waktu Penelitian berlangsung.
4.      Mahasiswa membuat laporan Penelitian dengan bimbingan pembimbing lapangan serta dosen pembimbing.
5.      Selama proses pengerjaan laporan mahasiswa berkonsultasi dengan pembimbing lapangan serta dosen pembimbing.
  
BAB III
PENUTUP

            Demikianlah proposal ini kami susun sebagai permohonan pengajuan Penelitian di PT Pertani Yogyakarta. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan dengan harapan proses Penelitian ini dapat terealisasikan dengan baik.

No comments:
Write komentar

Tertarik dengan konten ALCHOSILBER?
Pantau terus setiap update !