Featured Post

Prinsip Dasar Analisis Teknis Saat sebelum Bemain Saham

Labels

Labels

Ads 300 x 250

Business Hours

About

Flickr Images

Sunday, December 21, 2014

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Untuk Kemajuan Bangsa





IPTEK UNTUK KEMAJUAN BANGSA

                                                                                                                       By Alex Alfandianto 
Melihat perjalanan bangsa Indonesia yang mendekati kurun waktu 68 tahun setelah kemerdekaan dan 100 tahun pada 2045 disadari masih belum melakukan lompatan yang cukup besar. Ada sejumlah bangsa yang berhasil meningkatkan kemajuan sangat pesat kurang dari setengah abad. Sebaliknya, ada sejumlah bangsa yang cenderung statis bahkan tak ada perubahan nasib dalam kurun waktu yang lama. Karena pesat atau lambatnya kemajuan suatu bangsa tergantung dari kejernihan visi bangsa tersebut serta perjuangan dan pengobanan untuk menjalankan visi. Dan untuk menwujudkan cita-cita sebuah bangsa, penguasaan ipteks sangatlah diperlukan. Saya sendiri menyebutkan bahwa ipteks adalah pilar kemerdekaan pembangunan bangsa.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Untuk Kemajuan Bangsa

Ipteks merupakan faktor determinan bagi kemajuan bangsa. Selama ini terdapat sebuah bangsa yang maju dapat dipastikan ipteks bangsa tersebut juga maju. Ipteks pada suatu bangsa diibaratkan tiga perwujudan yaitu sebagai penerobos kemajuan, mesin ekonomi, dan cahaya pencerah.
Ipteks akan menjadi  kekuatan penerobos kemajuan, hanya jika ipteks berintegrasi dengan berbagai sektor-sektorlainnya. Pembangunan ipteks harus berjalan selaras dengan sektor industri, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan. Ipteks merupakan sebuah mesin ekonomi yang penting. Makna penting tersebut bukan hanya kemajuan ipteks dalam tolok ukur ekonomi saja, melainkan dalam tolok ukur kebudayaan. Dalam perspektif ekonomi, ipteks merupakan faktor penting untuk peningkatan efisiensi produksi dan daya saing industrial. Tetapi, ipteks juga merupakan cahaya pencerah. Bangsa dengan ipteks yang maju dapat menerawang jauh ke depan, dan mewujudkan hal-hal yang sebelumnya dianggap mustahil. Itulah makna kebudayaan dari kemajuan ipteks.

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dari barat di Indonesia membawa dampak bagi kemajuan negara Indonesia. Masyarakat Indonesia mulai melakukan pergerkan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di samping itu penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia juga membawa dampak bagi semangat juang bangsa Indonesia. Mereka memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk mencari informasi-informasi terkini mengenai keadaan dunia. Oleh karena itu masyarakat Indonesia benar-benar terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Secara keseluruhan penyebab lain dari ketertinggalan Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sebagai berikut :
a.       Terbatasnya jumlah orang Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi
b.      Masyarakat Indonesia jarang terlibat langsung dalam pengembangan iptek
c.       Pemerintah Belanda dan perusahaan-perusahaan yang berada di indonesia untuk melakukan alih teknologi.
d.      Minimnya industrialisasi.
e.       Kurangnya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat indonesia sendiri.
Setelah merdeka, perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi berkembang pesat di Indonesia. Hal ini didorong dengan terbukanya akses-akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia. Kemerdekaan menciptakan keadilan dalam mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia. Mereka mempelajari sedikit demi sedikit di sekolah-sekolah yang sudah dibuka untuk semua kalangan masyarakat Indonesia. Dengan bekal pengetahuan ini kemudian masyarakat Indonesia melakukan berbagai inovasi dan eksperimen ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Pembangunan bidang iptek merupakan kesinambungan untuk perluasan dari ;
Kemampuan nasional dalam pemanfaatan, pengembangan, dan penguasaan iptek yang dibutuhkan bagi peningkatan kesejahteraan, kemajuan, peradaban, ketangguhan, dan daya saing bangsa. Terpacunya pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan menuju masyarakat      yang berkualitas, maju, mandiri, dan sejahtera yang dilandasi nilai-nilai spiritual, moral dan etik berdasarkan nilai luhur bangsa serta nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk mencapai sasaran tersebut, maka arah pembangunan iptek adalah sebagai berikut:
Pemanfaatan pengembangan dan penguasaannya dapat mempercepat proses pembaharuan.
1.      Meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
2.      Memperluas lapangan kerja.
3.      Meningkatkan kualitas harkat dan martabat bangsa serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sedangkan kebijaksanaan iptek ada 5 sektor sebagai berikut.

1.      Teknik Produksi : Yaitu keseluruhan unsur yang turut berperan dalam kegiatan manusia yang menghasilkan barang dan jasa.
2.      Sektor Teknologi : Yaitu kemampuan teknologi dan rekayasa yang mendasari kemampuan bangsa Indonesia dalam melakukan inovasi.
3.      Sektor Ilmu Pengetahuan Terapan : Yaitu Ilmu pengetahun yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.
4.      Sektor Ilmu Pengetahuan Dasar : Yaitu ilmu pengetahuan yang menjadi landasan bagi pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam, Sosial, Humaniora, dan mendukung mutu SDM.
5.      Sektor Kelembagaan Iptek L: Yaitu iptek yang diarahkan untuk meningkatkan SDM agar lebih produktif, kreatif, dan inovatif.

Kemajuan dan Manfaat IPTEK
1.    Limbah ternak untuk pupuk (kompos).
2.    Sampah dimanfaatkan menjadi gas bio yang berguna untuk keperluan memasak, penerangan, dan tenaga gerak.
3.    Dengan detoksifikasi surya yaitu sistim pengolahan air yang terkontaminasi dengan memanfaatkan panas matahari/ultraviolet sehingga menghasilkan air yang bersih.
4.    Dalam bidang komunikasi (radio,TV, telephone, handphone, internet) sehingga penggunaan waktu lebih efisien dan cepat mendapatkan informasi.

No comments:
Write komentar

Tertarik dengan konten ALCHOSILBER?
Pantau terus setiap update !