Labels

Labels

Ads 300 x 250

Business Hours

About

Flickr Images

Wednesday, July 8, 2020

Review Aplikasi IDN App dari segi Rating, Favorable dan Critical


IDN App - Media massa saat ini sudah memahami kebutuhan pembaca, penyampaian berita secara elektronik yang dikemas sangat menarik. Mengolah sumber peristiwa lalu disampaikan kepada khalayak yang menggunakan alat komunikasi mekanis.


Media mengambil peranan penting, sehingga dinamika masyarakat berkembang sangat pesat. Masyarakat sekarang butuh asupan publik yang terarah, akurat dan terpercaya. Hal ini disampaikan karena kebutuhan masyarakat terhadap berita sangat tinggi.

Adapun aspek yang dibutuhkan agar berita yang disebarkan ke media menjadi menarik, seperti (1) verbal vokal pada pendengaran video dan televisi, (2) verbal visual pada media cetak dan media online, (3) audio pada radi dan tape recorder.

Pada kesempatan ini, alchosilber.com akan memberikan sebuah review media massa dari aspek verbal visual atau media multi-platform online. Yakni, Aplikasi Berita Terlengkap IDN App. Aplikasi IDN App ini merupakan besutan dari Portal Berita IDN Times yang menyajikan artikel-artikel menginspirasi.


Review Aplikasi IDN App dari segi Rating, Favorable dan Critical


Siapa sangka, saat ini perubahan sangat revolusioner, perkembangan yang secara kooperatif dengan melihat kebutuhan masyarakat. Sebut saja IDN Times, portal berita yang sudah merasakan pahitnya sepak terjang media massa yang kini sudah memiliki Aplikasi Baca Berita, yaitu IDN App.

Aplikasi Berita IDN App ini sudah bisa didownload atau diinstal melalui Playstore dan Appstore. Tujuan utama IDN Times mengembangkan aplikasi berita adalah untuk memenuhui kebutuhan konsumen atau pembaca. Problem solving yang diambil sangat menginspirasi, karena pada zaman nan modern seperti ini sudah tidak diragukan lagi untuk mengembangkan Aplikasi Berita Terkini.




Banyak alasan membuktikan, bahwa IDN App ini patut dibanggakan, secara tidak langsung, saya pun sudah menginstalnya. Tentu dengan alasan yang nyata bukan? Kenapa saya menginstalnya? Pertama, saya suka dengan berita terkini dari IDN App, kedua saya akan mereview aplikasi IDN App ini dengan sudut pandang yang luas, serta hanya untuk versi Android (Playstore). Jadi, mari kita lihat informasi yang ada di Aplikasi IDN App ini.


Informasi IDN App

IDN App adalah media multi-platform online generasi Millennials. Aplikasi berita terkini dari IDN dapat diakses 24 jam non stop, kurang lebih 1.440 menit, 86.400 detik sehari, jadi segera instal aplikasi berita dari IDN, agar tidak  ketinggalan berita terbaru dan terupdate. Diklaim sudah lebih dari 38 juta pembaca perbulan.

Visi IDN App ini sangat menginsipirasi, yaitu ingin menjadi suara generasi Millennials, tentu bisa menerapkan perubahan positif bagi masyarakat Indonesia. Bahkan niche yang digarap oleh IDN ini sangat banyak sekali, seperti: informasi news, bisnis ekonomi, otomotif, sport, sepak bola, travel, teknologi, life, hype, health, food, science, men, quiz, fiction, opinion, dan community.

Tentang IDN App
  • Category: News & Magazines
  • Initial Release Date: Oct 26, 2015
  • Last Updated Time: May 6, 2020
  • Version: 6.1.8
  • Size: 11.0 mb
  • Company HQ: Indonesia
  • Content Rating: Everyone 10+
  • Requirement: 5.0 and up
  • Contains Ads: No
  • Package name: com.idntimes.idntimes
  • Publisher website: http://www.idntimes.com/

Version IDN App
  • 1.07 rilis pada 26 Oktober 2015
  • 1.5.1 rilis pada 7 Desember 2016
  • 2.0.7 rilis pada 24 Oktober 2017
  • 5.3.2 rilis pada 25 Oktober 2018
  • 6.0.4 rilis pada 19 Desember 2019
  • 6.1.8 rilis pada 6 Mei 2020 (current release)


Kelebihan Versi 6.1.8
  • Sekarang bisa mengubah dan menghapus jawaban yang sudah dibuat di Tanya Jawab IDN
  • Melihat list pertanyaan dan jawaban Tanya Jawab IDN di menu Profile
  • Melihat public profile user lainnya dengan tipe konten artikel dan Tanya Jawab dari user tersebut
  • Kamu bisa simpan artikel favoritmu di bookmark tanpa batas
  • Konten di IDN juga bisa kamu bagikan ke Instagram Story
  • Tampilan banner yang baru untuk memudahkan kamu menerima info tentang Challenge atau kompetisi


 Rating IDN App

Review Aplikasi IDN App dari segi Rating, Favorable dan Critical


Berdasarkan rating kumulatifnya (08 Juli 2020), Aplikasi IDN ini sudah mendapatkan sebanyak 2,375 total rating kumulatif dengan rata-rata rating kumulatif 4.32. Adapun yang memberikan ulasan bintang 5 sebanyak 1.689 (71.12%), bintang 4 sebanyak 273 (11,49%), bintang 3 sebanyak 131 (5,51%), bintang 2 sebanyak 40 (1,68%) dan bintang 1 sebanyak 242 (10,19%). Maka, saya menyimpulkan aplikasi IDN App sangat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat.


App Store Rankings

App Store Ranking ini berdasarkan Rank History selama 90 hari dari 10 April 2020 hingga 8 Juli 2020 dengan setup Countries Indonesia.

Download Ranks

Review Aplikasi IDN App dari segi Rating, Favorable dan Critical


Pada 8 juli 2020 ada sekitar 46 download pada pukul 14.28 WIB, download ranks ini bisa bertambah lagi karena sifatnya kumulatif.


Usage & Engagement

Pada pembahasan Usage & Engagement ini saya menampilkan kritik dan saran positif agar lebih baik lagi, tentunya berdasarkan analisis rating aplikasi IND App. Karena pada pembahasan engagement ini lebih ke interaksi antara User Interface dan User Experience.

Review Rating Over Time

Kriteria Favorable

Review Aplikasi IDN App dari segi Rating, Favorable dan Critical


Pada Kriteria Favorable ini sudah banyak memberikan bintang 5 dan 4, serta kritik dan saran yang sifatnya membangun, sekitar 141 favorable review (kumulatif), baik bintang 5 sebanyak 118 (83,69%) dan bintang 4 sebanyak 23 (16,31%).


Review Aplikasi IDN App dari segi Rating, Favorable dan Critical


Pada ulasan ini saya ambil dalam waktu 90 hari dari 10 Aprill 2020 hingga 08 Juli 2020.


Kriteria Critical

Review Aplikasi IDN App dari segi Rating, Favorable dan Critical


Pada Kriteria Critical ini banyak memberikan bintang 1 dan 2 serta kritik dan saran yang sifatnya membangun, sekitar 63 critical review (kumulatif), baik bintang 1 sebanyak 47 (74,60%) dan bintang 2 sebanyak 16 (25,40%).


Review Aplikasi IDN App dari segi Rating, Favorable dan Critical


Pada ulasan ini saya ambil dalam waktu 90 hari dari 10 Aprill 2020 hingga 08 Juli 2020. Sehingga diperoleh kesimpulan dari Interaksi atau Engagement ini, saya menyimpulkan bahwa Aplikasi IDN App ini sangat diterima masyarakat, karena review favorable (141 review) lebih mendominasi ketimbang review critical (63 review), data ini bersifat kumulatif.


User Acquisition

Pada user acquisition ini, memperlihatkan serangkaian pengelolaan prospek pengguna yang dihasilkan dari aplikasi IDN App. Adapun beberapa apsek yang harus diperhatikan layaknya sebuah ulasan analisis perkembangan pasar. Di bawah ada dua aspek yang saya ulas, yaitu aspek Keyword Analisis dan Keyword Rank yang ada di dalam Playstore tetapi tidak untuk Appstore.


Keyword Analisis

Review Aplikasi IDN App dari segi Rating, Favorable dan Critical


Dari bulan April hingga Juli 2020, ada beberapa user mengakses keyword yang dioptimisasi menggunakan teknik ASO (Apps Store Optimization), sebanyak 12 keyword yang diakses untuk mencari Aplikasi Berita Terkini, seperti keyword; artikel, berita, brrita, bwrita, hercules, idn, idn play, idn times, line today, news, newsi dan (huruf Thailand).

Maksud dari kumpulan keyword yang diakses adalah ketika user mengetikkan keyword tersebut, maka aplikasi IDN App juga tampil di hasil pencarian pada Playstore. Jadi, kesimpulannya dari keyword analisis ini sudah sangat bagus teknik yang digunakan oleh ASO Spesialisnya.


Keyword Rank

Review Aplikasi IDN App dari segi Rating, Favorable dan Critical


Pada keyword Rank ini, menggambarkan ketika user mencari keyword-keyword pada gambar di atas, sudah sangat jelas posisi ranking yang diperoleh dari beberapa keyword dari bulan April-Juli 2020 (kumulatif).

Adapun posisi keyword di ranking pertama ada; idn, dilanjutkan lagi posisi kedua hingga kebawah ada; news, idn times, berita, newsi, artikel, line today, bwrita, brrita, (huruf Thailand), hercules dan idn play.

Kesimpulannya, bahwa keyword yang disisipkan pada aplikasi IDN App sudah menguasai tingkat index yang bagus pada playstore, salam sukses untuk ASO Spesialis IDN App.


Kesimpulan

Kesimpulan dari review ini adalah Pembaca atau User puas dengan Aplikasi IDN App, sebanyak 71,12% memberikan bintang 5 (kumulatif). Lalu, untuk tingkat pencarian di playstore juga menunjukkan poin positif, karena dengan keyword idn sudah berada pada ranking 1.

No comments:
Write komentar

Tertarik dengan konten ALCHOSILBER?
Pantau terus setiap update !