Diagram Blog, Diagram Alir Sederhana, Diagram Indtrumentasi Teknik Kimia

Diagram Blog, Diagram Alir Sederhana, Diagram Indtrumentasi Teknik Kimia

Konten [Tampil]
KIMIA TEKNIK 1

Diagram Blog, Diagram Alir Sederhana, Diagram Indtrumentasi Teknik Kimia



 
                                                    2. DIAGRAM ALIR SEDERHANA
Diagram Blog, Diagram Alir Sederhana, Diagram Indtrumentasi Teknik Kimia


                                               3. DIAGRAM  ALIR (FLOW DIAGRAM)
Diagram Blog, Diagram Alir Sederhana, Diagram Indtrumentasi Teknik Kimia


                                             4. DIAGRAM PIPA DAN INSTRUMENTASI
Diagram Blog, Diagram Alir Sederhana, Diagram Indtrumentasi Teknik Kimia

 Teknik Kimia dan Profesi
Indonesia, sebagai negara berkembang yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah, benar-benar merupakan sentra industri yang amat diminati oleh kalangan penanam modal. Para penanam modal baik dalam negeri maupun luar negeri secara terus menerus merencanakan industri di Indonesia. Industrialisasi tentunya mendapat dukungan dari pemerintah, karena pembangunan industri merupakan salah satu tujuan pembangunan nasional yang telah dicanangkan. Dilain pihak, industrialisasi menuntut adanya penguasaan teknologi yang harus dimiliki oleh generasi muda sebagai modal dasar dalam menyongsong era globalisasi mendatang. Bidang industri yang terbesar adalah industri kimia yang secara khusus membutuhkan dalam jumlah tak terbatas tenaga-tenaga ahli yang menguasai teknologi kimia. Teknik kimia adalah disiplin ilmu teknik yang merupakan wahana pengembangan dan penguasaan teknologi kimia di dalam industri.

Seirama dengan tujuan dari suatu rekayasa, teknik kimia juga bertujuan untuk memanfaatkan gaya dari alam untuk kegunaan dan kemudahan gaya dari alam untuk kegunaan dan kemudahan (use and convenience) manusia. Keunikan dari teknik kimia dibanding ilmu teknik yang lain adalah pada dibutuhkannya pengertian kimia disamping fisika dan matematika.

Definisi dari Teknik Kimia dapat dijabarkan sebagai berikut :
Ilmu teknik yang mempelajari masalah-masalah atau kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan produksi barang-barang yang berguna secara ekonomis, dengan langkah-langkah yang melibatkan peristiwa kimia dan /atau fisis.
Definisi ini memiliki cakrawala yang luas, bahwa sebenarnya dalam teknik kimia tak ada batasan penggunaan ilmu pengetahuan, dari ilmu teoritis yang digunakan dalam pekerjaan penelitian sampai ilmu terapan yang digunakan dalam pengelolaan produksi.

Teknologi kimia mencakup semua aspek yang terlibat di dalam proses industri kimia baik aspek rekayasa, ekonomi maupun sosial. Aspek rekayasa yang menjadi porsi utama dalam teknik kimia meliputi analisa dan sintesa proses, perancangan dan operasi alat proses serta pengendalian proses dan alat proses. Analisa permodalan dan biaya produksi merupakan aspek ekonomi yang merupakan bagian tak terpisahkan dari ilmu teknik.

 Prospek Teknik Kimia
Telah disebutkan bahwa, industri kimia, sekarang dan masa depan selalu membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi sarjana-sarjana teknik kimia. Jenis industri kimia beraneka ragam dan berkembang tanpa batas, hal ini dapat dilihat pada semua yang ada disekeliling kita.

Bidang pertanian memerlukan pupuk dan insektisida. Bahan konstruksi memerlukan semen, logam, kaca dan plastik. Bahan sandang banyak yang telah menggunakan serat-serat sintetis dan telah diwarnai dengan pewarna/dye. Transportasi memerlukan bahan bakar, karet alam dan sintesis, cat, dll. Komunikasi tertulis menggunakan kertas dan tinta. Sulit bagi kita untuk menyebutkan barang/bahan yang tidak tersentuh oleh teknologi kimia. Barangkali tak ada seorangpun yang mau hidup di dunia tanpa sarjana teknik kimia !

Pengertian industri kimia (Chemical Process Industry) tidak hanya terbatas pada industri yang dalam suatu langkah prosesnya terdapat reaksi kimia, tetapi juga termasuk di dalamnya industri-industri yang menghasilkan produk-produk kimia melalui proses fisika misalnya pemisahan/fraksinasi minyak nabati, pencampuran/mixing dan pengkristalan dalam pembuatan margarine, dan sebagainya.