5 Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia Yang Cepat

5 Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia Yang Cepat

Konten [Tampil]
5 Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia Yang Cepat

Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia cukup mudah. Anda dapat memilih dari sejumlah penyedia layanan transaksi internasional. Nah itulah beberapa Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia.

 

Amerika merupakan salah satu negara tujuan favorit bagi para pekerja atau masyarakat Indonesia. Jumlah warga negara Indonesia yang tinggal atau bekerja sementara di Amerika Serikat cukup besar.

 

Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia

Sebagai pelajar atau pekerja Indonesia di luar negeri terkadang kita membutuhkan Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia dalam waktu yang cepat. Tentu saja kita bisa menggunakan Bank, namun terkadang biaya transfernya sangat besar dan memakan waktu yang cukup lama.

 

Misalnya, menggunakan bank di Amerika, saya perlu menelepon bank saya untuk membuka transfer luar negeri. Benar-benar tidak efisien! walaupun ada juga yang otomatis buka, tapi biaya bulanannya lumayan mahal. Di sini saya menulis prosedur lain.

 

Salah satu cara yang saya gunakan selama 5 tahun di Jepang adalah menggunakan Kyodai dan berbagai macam pengiriman uang.

 

Biayanya cukup murah tetapi membutuhkan waktu dan menggunakan ATM. Kemudian, konversikan mata uang sesuai dengan email hari itu. Waktu itu (2019-2021) seingat saya belum ada aplikasi dan tidak online.

 

Setelah saya bekerja di Swedia, saya diperkenalkan dengan Transferwise. Cara ini cukup murah, biaya transfernya sangat rendah, tarifnya bagus, dan sangat cepat.

 

Cara ini sangat cepat, karena uang sebenarnya tidak berpindah dari Swedia (misalnya) ke Indonesia, tetapi mereka menyerang terlebih dahulu dengan uang mereka di Indonesia. Jadi transaksinya seperti transaksi lokal antar bank di Indonesia.

 

Jadi, bagaimana Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia? Ada banyak referensi yang bisa Anda pilih. Artikel ini menyajikan sejumlah penyedia layanan pengiriman uang internasional. Anda bisa membandingkan dan memilih cara pengiriman yang aman, murah, dan cepat tentunya.

 

5 Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia

1. Western Union

Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia melalui Western Union cukup sering dilakukan oleh WNI yang tinggal di Amerika. Karena Western Union adalah layanan pengiriman uang internasional yang telah mengakar di seluruh dunia.

 

Western Union tersebar di 200 negara. Ada ratusan ribu agen di seluruh dunia. Anda tidak akan kesulitan menemukan agen Western Union dimanapun Anda berada. Tidak perlu repot dengan rekening bank, karena untuk mengirim melalui Western Union tidak perlu.

 

Cara Transfer Uang via Western Union

Temukan lokasi agen Western Union terdekat dengan Anda di Amerika. Untuk mengetahui di mana letaknya, Anda bisa menggunakan fitur pencarian di website peta Western Union.

 

Setelah Anda menemukan lokasi agen, siapkan semua persyaratannya. Sebelum berangkat, siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Visa. Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang yang akan ditransfer ke Indonesia. Ada juga biaya administrasi.

 

Setelah tiba di kantor Western Union, beri tahu staf bahwa Anda ingin melakukan transfer internasional ke Indonesia.

 

Petugas kemudian akan menyerahkan formulir aplikasi pengiriman uang kepada Anda. Lengkapi formulir dengan data Anda sebagai pengirim dan data informasi penerima.

 

Setelah diisi, serahkan formulir tersebut kepada petugas. Mereka akan meminta Anda untuk menyerahkan bukti identitas dan nomor telepon Anda.

 

Setelah formulir diverifikasi oleh petugas American Western Union, Anda kemudian memberikan uang yang ingin Anda transfer beserta biaya administrasinya. Harap dicatat bahwa Anda hanya dapat memberikan dolar AS kepada petugas.

 

Setelah diproses oleh petugas, Anda akan menerima tanda terima tercetak dari rincian transaksi. Catatan berisi Nomor Kontrol Pengiriman Uang (MTCN) yang diperlukan.

 

Langkah selanjutnya adalah Anda menghubungi penerima uang. Beri tahu dia detail transaksi, nama pengirim, berapa banyak uang yang dikirim, dan nomor MTCN.

 

Minta penerima untuk mengecek ke bank apakah uang yang ditransfer sudah sampai atau belum. Anda juga dapat melacak status pengiriman di situs web Western Union.

 

Jadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk transfer dari Amerika ke Indonesia sampai uang ditransfer ke rekening Anda?

 

Menurut informasi, uang di bawah 9 juta rupiah biasanya akan masuk ke rekening penerima hanya dalam hitungan menit. Sedangkan uang di atas 9 juta rupiah membutuhkan waktu sekitar satu hari kerja perbankan.

 

2. Money Gram

Untuk Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia, Anda juga bisa memilih layanan Money Gram. Penyedia jasa transfer luar negeri ini, menurut banyak orang, lebih hemat dibandingkan Western Union.

 

Di Amerika tentunya tidak akan sulit menemukan agen Money Gram. Karena keberadaan Money Gram sangat luas di dunia. Money Gram telah menyebar di banyak wilayah di Amerika Serikat.

 

Selain biaya pengiriman yang irit, Money Gram juga bisa dikatakan sangat aman dan cepat. Hanya dalam hitungan menit, uang sudah masuk ke rekening penerima.

 

Anda dapat mengirim uang ke bank yang bekerja sama dengan Money Gram di Indonesia. Atau Anda juga bisa mengirimkan uang ke agen Money Gram di Indonesia, yang nantinya akan diambil oleh penerima.

 

Bagaimana Cara Mengirim Uang Lewat Money Gram?

Langkah pertama, Anda mencari lokasi agen Money Gram di Amerika yang dekat dengan posisi Anda. Anda dapat menemukan lokasi agen di peta situs web Money Gram.

 

Sebelum menuju lokasi agen Money Gram, jangan lupa membawa kartu identitas. Misalnya KTP, visa, dan uang yang ingin dikirim.

 

Sesampainya di kantor Money Gram, beritahu petugas bahwa Anda akan melakukan transaksi luar negeri ke Indonesia.

 

Petugas kemudian akan memberikan formulir pengajuan. Isi data pengirim dan penerima. Jika ingin mengirim ke nomor rekening bank, sebaiknya tanyakan dulu kepada petugas Money Gram, bank mana di Indonesia yang bisa ditransfer dari Money Gram di Amerika.

 

Setelah mengisi formulir, berikan kepada petugas Money Gram. Petugas kemudian akan meminta kartu identitas Anda dan memverifikasinya. Setelah semuanya beres, berikan uang yang ingin dikirim beserta biaya administrasinya kepada petugas.

 

Setelah memproses petugas, Anda akan diberikan transaksi tercetak berisi nomor referensi 8 digit. Berikan kode tersebut kepada penerima. Minta penerima untuk mengecek kiriman uang di bank atau cek ke agen Money Gram di Indonesia dengan kartu identitas.

 

Uang akan masuk ke Indonesia dalam hitungan menit atau hari. Jika ini adalah pengiriman internasional, bisa memakan waktu beberapa hari. Jelas, silakan bertanya kepada petugas.

 

Sejak kuliah di Amerika, saya jadi paham perbandingan Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia. Siapapun pasti menginginkan layanan transfer dengan biaya rendah dan nilai tukar yang bersahabat.

 

Berikut perbandingan uang yang akan diterima melalui berbagai layanan pengiriman uang yang ada:

 

Asumsi awal uang yang akan dikirim adalah 200 USD dan Anda sebagai penerima akan membayar semua biaya administrasi dan korespondensi.

 

Bank (BCA)

·     Biaya administrasi 5 USD

·     Biaya korespondensi 15–30 USD (bergantung bank pengirim)

·     Kurs yang dipakai mengikuti kurs beli bank

·     USD yang diterima 175 USD (kurs Bank)

 

PayPal

·     Biaya 5 USD (karena lintas mata uang)

·     Kurs yang dipakai adalah kurs paypal (biasanya lebih rendah dari kurs bank-selisih 1,000 -2,000 IDR)

·     Semakin banyak uang yang dikonversi, semakin banyak uang kita terpotong hanya karena nilai tukar yang rendah

·     USD yang diterima 195 USD (kurs Paypal)

 

Moneygram

·     Biaya 9 USD

·     Bisa lakukan simulasi biaya dan uang yang didapat menggunakan kurs moneygram

·     USD yang diterima 181 USD (kurs Moneygram)

 

Western Union (WU)

·     Biaya 4.99 USD

·     Menggunakan kurs WU

·     USD yang diterima 195 USD (kurs WU)

 

Transferwise

·     Biaya 1–2 USD

·     Menggunakan kurs real time (bukan kurs perusahaan)

·     USD yang diterima 198 USD (kurs real time)

 

Payoneer

·     Biaya <1 USD

·     Menggunakan kurs payoneer

·     USD yang diterima 199 USD (kurs Payoneer)

 

Perhatikan bahwa selain biaya, nilai tukar juga sangat mempengaruhi jumlah rupiah yang akan diperoleh. Meski biaya transfernya kecil, kita juga harus jeli melihat nilai kursnya.

 

Saya pribadi menggunakan Transferwise karena dalam prakteknya USD yang diterima hanya dipotong sangat kecil dan progresif sesuai jumlah uang yang akan kita kirim dan menggunakan kurs real-time sehingga tidak terjadi penurunan nilai mata uang yang signifikan.

 

Itulah Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia melalui Western Union dan juga Money Gram. Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia ini banyak digunakan oleh warga negara Indonesia atau pekerja migran di luar negeri seperti di Amerika. Semoga dapat membantu Anda.

 

3. Transferwise (Wise)

Saya sendiri sudah menggunakan Transferwise sejak kuliah di Amerika untuk proses pengiriman uang atau menabung. Biayanya sangat, sangat murah. Tarifnya juga merupakan tarif real-time dan dapat dipantau setiap saat.

 

Untuk Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia menggunakan transferwise, anda harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah terdaftar, Anda dapat dengan mudah mengirim uang dengan menautkan akun Transferwise Anda dengan rekening bank luar negeri atau kartu kredit dan debit Anda.

 

Transferwise bisa langsung mengirim uang ke rekening bank di Indonesia. Sekarang pun bisa transfer ke OVO, GOPAY, dan DANA lho. Tidak perlu repot lagi.

 

3. PayPal

Cara Transfer Uang Dari Amerika Ke Indonesia yang cukup kekinian adalah PayPal. Syaratnya, penerima uang juga harus memiliki rekening PayPal. Pengiriman uang melalui PayPal bisa dibilang tidak dibatasi dan (mungkin) bahkan tidak dikontrol oleh pemerintah.

 

Namun kekurangannya adalah nilai tukar rupiah terhadap rupiah yang sangat buruk. Seperti yang tertulis dalam kebijakan penggunaan PayPal. PayPal mengenakan biaya 2,5% untuk nilai tukar mata uangnya.

 

Jadi, misalkan kurs jualnya adalah 1 USD = Rp 10.000, di PayPal nilai tukarnya adalah Rp 9.750 per 1 USD. Jadi jika Anda ingin menarik 100 USD di PayPal, Anda akan mendapatkan 975.000 rupiah padahal seharusnya bisa mendapatkan 1.000.000.

 

Bagaimana cara transfer uang dari Amerika ke Indonesia?

Pilihan pertama: Transfer antar bank (wire transfer)

Pilihan kedua: Layanan transfer uang (western union, money gram)

Pilihan ketiga: Layanan Fintech (Paypal, Wise dll)

 

Berapa lama transferan dari Amerika ke Indonesia?

paling cepat 3 hari kerja hingga dua minggu (mungkin juga lebih lama), penyebab keterlambatan biasanya ada di rute bank-bank yang menjadi perantara transfer.

 

Apakah bisa transfer uang dari luar negeri ke bank BCA?

Pertama, kamu bisa menggunakan fitur Remittance BCA untuk bisa menerima transfer uang dari luar negeri. Remittance BCA sendiri merupakan sebuah layanan kiriman uang dalam bentuk valuta asing pada penerima baik di dalam maupun luar negeri.

 

Apakah menerima uang dari luar negeri harus bayar?

Pengirim dan penerima uang dari luar negeri akan dikenakan biaya transfer. Kalau kamu menggunakan SWIFT, pengirim bisa memilih siapa yang akan menanggung biaya transfer yaitu bisa dari pengirim atau penerima. Jadi kamu juga perlu memastikan siapa yang akan membayar biaya tersebut.

 

Sumber: warganegaraindonesia.com dan littlenoona.com