Aplikasi HRD Berbasis Web Gratis Strategis Dapat Diandalkan

Aplikasi HRD Berbasis Web Gratis Strategis Dapat Diandalkan

Konten [Tampil]

Aplikasi HRD Berbasis Web Gratis Strategis Dapat Diandalkan

Mengelola sumber daya manusia dengan Aplikasi HRD Berbasis Web Gratis dibandingkan cara manual atau menggunakan sistem komputer di kantor merupakan tren bisnis masa kini. Cara ini strategis dan dapat diandalkan, memampukan perusahaan untuk memperbaiki proses dan menyelaraskan program karyawan dengan tujuan bisnis.

 

Aplikasi HRD Berbasis Web Gratis

Perusahaan yang menggunakan Aplikasi HRD Berbasis Web Gratis ini mempunyai keunggulan produktivitas dan biaya dibandingkan yang menggunakan teknologi yang lebih lama dan proses manual.

 

Apa itu Aplikasi HRD Berbasis Web?

Seperti yang diketahui, HRD memiliki tugas utama untuk mengelola pemeliharaan, meningkatkan dan menganalisa setiap kinerja karyawan agar dapat bekerja dengan lebih baik serta mempertahankan loyalitas karyawan agar selalu termotivasi dalam bekerja.

 

Namun, ada banyak sekali karyawan yang menjadi tanggung jawab HRD dalam perusahaan. Tentunya semua kegiatan tersebut akan menyita waktu dan cukup merepotkan jika dilakukan secara manual. 

 

Aplikasi HRD Berbasis Web Gratis adalah aplikasi yang menjawab semua tantangan dari tugas utama HRD. Dengan bantuan aplikasi ini, semua pengolahan dan perhitungan pada data karyawan akan berjalan dengan otomatis serta memiliki tingkat akurasi tinggi. Sistem pada aplikasi HRD ini saling terintegrasi dengan elemen dan data karyawan yang tersimpan pada database. 

 

Perbedaan Aplikasi HRD Berbasis Web dan Desktop

Secara umum aplikasi HRD terbagi dengan jenis berbasis web dan berbasis desktop. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu bertujuan untuk membuat tugas HRD jauh lebih efisien.

Aplikasi HRD berbasis web memerlukan perangkat keras seperti komputer atau laptop dengan spesifikasi tertentu untuk bekerja.  Kemudian, aplikasi tersebut dapat di akses dengan menggunakan laman web dan login kedalam aplikasi berbasis web tersebut.

 

Aplikasi ini juga membutuhkan komputer atau laptop.

Hanya saja, staff HRD tidak perlu repot untuk melakukan instalasi karena aplikasi HRD berbasis web dapat diakses dengan mudah melalui browser. Inilah yang menjadi keunggulan dan perbedaan aplikasi HRD berbasis web dibandingkan dengan aplikasi HRD berbasis desktop.

Data yang tersimpan dalam aplikasi HRD ini akan disimpan dalam server cloud dan dapat diakses bahkan dengan komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi minim sekali pun.

Karena berbasis cloud, perusahaan bisa mendapatkan aplikasi HRD terintegrasi yang bisa menjangkau berbagai lokasi kerja dengan mudah.

Selain itu tidak diperlukan biaya operasional yang tinggi dan tidak membutuhkan upgrade software terus menerus.

Sedangkan aplikasi HRD berbasis desktop tidak mempunyai kemudahan tersebut karena tertanam dalam komputer atau laptop kantor yang tidak fleksibel karena harus diakses di kantor jika memerlukannya.

 

Aplikasi HRD berbasis Web

Aplikasi HRD berbasis Desktop

Bisa diakses melalui browser di semua tempat termasuk rumah 

Hanya bisa diakses di laptop dan komputer kantor

Tidak memerlukan spesifikasi perangkat keras tertentu

Memerlukan spesifikasi komputer tertentu untuk melakukan instalasi aplikasi

Tidak perlu melakukan upgrade berkala 

Perlu upgrade software secara berkala 

Tidak akan memakan penyimpanan komputer atau laptop

Memakan penyimpanan komputer atau laptop

 

Dengan perbedaan yang sangat kontras di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi HRD berbasis web lebih unggul dibandingkan aplikasi HRD berbasis desktop karena fleksibilitas dan efisiensi yang menjanjikan. 

 

Manfaat Aplikasi HRD Berbasis Web

Beberapa manfaat dari aplikasi HRD berbasiskan web yang bisa menyelaraskan tugas dan membebaskan waktu HRD dan perusahaan untuk aktivitas yang lebih strategis:

 

1. Online Oriented

Keuntungan administrasi secara online, seperti pendaftaran karyawan baru, mengubah tunjangan secara otomatis saat diperlukan, dan membuat slip gaji otomatis.

 

2. Manajemen Siklus Kerja Karyawan

HRD bisa melihat kinerja karyawan, mulai dari bekerja hingga pensiun, tunjangan yang pernah diterima, evaluasi kinerja, perubahan gaji, cuti, lembur, sertifikasi, dan sebagainya. Anda juga bisa melihat aset perusahaan yang dititipkan kepada karyawan seperti peralatan kerja dan kendaraan.

 

3. Sistem Self-Service

Karyawan bisa melihat riwayat kerja mereka, membuat permohonan cuti, mendaftar training, dan memperbarui kontak pribadi, online, kapan saja. Ini bisa mengurangi telepon dan email ke HRD. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa self-service dan akses ini mendorong interaksi karyawan.

 

4. Kemudahan bagi Manajer

Technology cloud mempercepat manajer dalam membuat keputusan. Melalui perangkat mobile, mereka bisa menyetujui permintaan cuti, mereview absensi, melihat informasi karyawan, dan sebagainya.

 

5. Satu Sistem Pelaporan

Aplikasi HRD berbasis cloud membantu pelaporan dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Manajer bisa dengan cepat melihat tren dan membuat keputusan yang efektif melalui laporan keluar masuk, jumlah karyawan, dan laporan spesifik lainnya.

 

6. Adaptasi Perubahan HR yang Cepat

Pelayanan cloud bisa beradaptasi dengan perubahan pengelolaan SDM yang terus berkembang pesat.

 

Kekurangan sumber daya yang handal, interaksi digital, pekerja multi generasi dan pekerjaan yang diukur secara real-time, artinya HRD harus beradaptasi dengan mudah, dan cepat.

Aplikasi HRD berbasis web menawarkan pelayanan yang cepat, personal, self-service, terkoneksi, dan aman, mengurangi waktu yang dihabiskan dengan menggunakan berbagai macam sistem.

 

Survei dari Oracle menyatakan bahwa sebanyak 30% sampai 60% biaya teknologi informasi departemen HRD bisa dikurangi menggunakan cloud.

 

Dengan meningkatkan kecepatan dan mendapatkan kinerja operasional yang lebih baik, perusahaan lebih mampu untuk menghadapi pertumbuhan dan tantangan.

 

Interaksi Karyawan dengan Perusahaan

  1. Bukan hanya pelanggan yang perlu berinteraksi dengan perusahaan.
  2. Karyawan yang berhubungan baik dengan perusahaan menjadi lebih produktif dan kemungkinan berpindah pekerjaan menjadi lebih kecil.
  3. Karyawan merasa puas dengan pelayanan perusahaan dan ini meningkatkan efisiensi bisnis.

 

Efisiensi Biaya Teknologi

  1. Sistem cloud mengurangi kebutuhan perusahaan untuk mempekerjakan staf TI khusus dan investasi hardware maupun software yang relatif mahal.
  2. Selain keamanan data yang lebih terjamin, integrasi sistem mudah (upgrade fasilitas), juga pengembalian investasi yang lebih cepat dibandingkan membuat sistem sendiri.
  3. Dengan cloud, tidak perlu menginstal hardware, biaya aplikasi sistem HR dan waktu implementasi bisa dikurangi sampai dengan 40%.

 

Manfaat lingkungan 

Perusahaan berpartisipasi dalam mengurangi efek rumah kaca dengan mengurangi jumlah komputer dan sentra data pribadi.

 

Maksimalkan Kinerja HRD dengan LinovHR

  1. Aplikasi HRD berbasis web akhirnya semakin menjamur dan menjadi tren karena kian diminati.
  2. Melihat banyaknya keuntungan positifnya yang ditawarkan, perusahaan dan HRD sebaiknya mempertimbangkan untuk berpindah ke cloud.
  3. Investasi untuk suatu sistem aplikasi HRD yang memperbaiki kinerja dan operasional perusahaan tentunya akan meningkatkan keuntungan, bukan?
  4. Kemudahan dari tren Aplikasi HR berbasis web bukanlah hanya impian belaka! Perusahan dapat menikmati semua manfaat aplikasi HRD berbasis web bersama LinovHR.
  5. LinovHR sebagai penyedia aplikasi HRD yang sudah berpengalaman menangani berbagai macam klien dan perusahaan menawarkan semua manfaat di atas hanya untuk perusahaan Anda. 

 

Dengan layanan terpercaya bersama para staf yang sigap dan handal dalam berkonsultasi, Anda dapat mengkonsultasikan permasalahan dan kondisi perusahaan untuk mendapatkan Aplikasi HRD Berbasis Web Gratis yang tepat sesuai kebutuhan.

 

Sumber: linovhr.com