4 Syarat Kambing Aqiqah dan Harga 1 Ekor Kambing Aqiqah

4 Syarat Kambing Aqiqah dan Harga 1 Ekor Kambing Aqiqah

Konten [Tampil]

4 Syarat Kambing Aqiqah dan Harga 1 Ekor Kambing Aqiqah

Sebagai Syarat Kambing Aqiqah dan bentuk rasa syukur atas kelahiran bayi, umat Islam biasanya menggelar tradisi aqiqah. Ritual ini biasanya dilakukan dengan menyembelih hewan ternak seperti kambing atau domba. Umumnya, aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran anak. Namun tidak sedikit juga yang melakukannya setelah usia anak lebih dari 40 hari.

 

Ternak yang telah disembelih kemudian diolah dan didistribusikan ke lingkungan sekitar. Selain sebagai tanda syukur, aqiqah juga merupakan bentuk penebusan agar bayi terlepas dari kekangan jin.

 

Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

“Aqiqah dilakukan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan itu dan singkirkan segala gangguan darinya.” (Hadits riwayat Bukhari).

 

Syarat Kambing Aqiqah

Pemilihan kambing aqiqah tidak boleh sembarangan. Ada beberapa syarat dan ketentuan agar hewan tersebut layak digunakan dalam proses aqiqah. Berikut beberapa syaratnya:

 

1. Berusia Minimal 1 Tahun

Usia ternak juga merupakan salah satu kriteria yang harus diperhatikan dalam aqiqah. Kambing yang akan disembelih harus cukup umur atau minimal satu tahun.

 

2. Kambing Bebas Cacat

Tidak ada klaim mengenai jenis kelamin hewan yang disembelih. Namun, kambing aqiqah harus sehat dan bebas dari cacat. Ada empat disabilitas yang tidak diperbolehkan, yaitu: kebutaan, pincang, terlalu kurus hingga tidak memiliki sumsum tulang, dan lain-lain.

 

3. Jumlah Kambing yang Disembelih

Jumlah kambing yang disembelih dalam aqiqah tergantung pada jenis kelamin bayinya. Dua kambing untuk bayi laki-laki dan satu kambing untuk bayi perempuan. Hal ini senada dengan hadits berikut:

 

“Barangsiapa di antara kamu yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi, maka lakukanlah untuk yang jantan dua ekor kambing yang sama dan untuk yang satu ekor kambing betina.” (Hadits Riwayat Abu Dawud, Nasa'I, Ahmad)

 

4. Diolah dan Dibagikan

Setelah disembelih, kambing harus diolah terlebih dahulu menjadi hidangan siap santap. Jika sudah, hidangan tersebut bisa dibagikan kepada kerabat dan tetangga.

 

Daftar Harga 1 Ekor Kambing Aqiqah terbaru


Paket Aqiqah Si Kecil 1 Ekor Domba Atau Kambing Betina 65 Pax

Rp3.250.000

Paket Aqiqah Si Kecil 1 Ekor Domba Atau Kambing Jantan 100 Pax

Rp5.300.000

Paket Aqiqah Si Kecil 1 Ekor Domba Atau Kambing Betina 75 Pax

Rp3.500.000

Harga ACT - Qurban Progresif Kambing (1/7 Sapi)

Rp2.300.000

Harga Hewan Qurban Domba / Kambing Kurban Bobot 25 kg

Rp2.750.000

Harga kambing domba aqiqah

Rp900.000

Harga Qurban Kambing & Sapi Termurah dan Amanah

Rp1.250.000

 

Berapa biaya Aqiqah untuk anak laki-laki?

Jadi total anggaran biaya aqiqah putra adalah Rp. 8.400.000. Anda tetap bisa menekan biaya dengan mengurangi jumlah tamu atau bumbu yang digunakan. Jangan lupa siapkan uang darurat sebesar 10% dari total biaya.

 

Berapa Batas Usia Kambing untuk Aqiqah?

Kambing harus berusia minimal satu tahun, baik jantan maupun betina. Karena itu, kambing muda tidak boleh disembelih.

 

Persyaratan Aqiqah Aqiqah untuk anak laki-laki?

Wajib memberi nama dan mencukur rambut anak pada hari ke 7 sejak hari kelahirannya. Ada 2 ekor kambing yang disembelih untuk aqiqah anak laki-laki, sedangkan aqiqah anak perempuan adalah 1 ekor.