9 Tips Belajar Bahasa Jepang Yang Mudah Dan Cepat Mahir

9 Tips Belajar Bahasa Jepang Yang Mudah Dan Cepat Mahir

Konten [Tampil]

9 Tips Belajar Bahasa Jepang Yang Mudah Dan Cepat Mahir

Belajar Bahasa Jepang - Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang sangat sulit untuk dipelajari. Hal tersebut dikarekan bahasa Jepang memiliki karakter yang berbeda, seperti hiragana, katakana, dan kanji.

 

Namun demikian, bukan berarti bahasa Jepang tidak bisa kita pelajari. Kita masih bisa mempelajari bahasa Jepang dan bisa mahir baik dalam pengucapan maupun tulisan. Caranya pun sangat mudah, cukup simak beberapa tips dari buatinfo.com di bawah ini agar keinginan Anda mahir dalam berbahasa Jepang bisa terwujud. Namun sebelum itu, mungkin sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu langkah awal cara Belajar Bahasa Jepang DISINI sebelum melanjutkan pada tips berikutnya.

 

9 Tips Belajar Bahasa Jepang

1. Praktek dan Ulangi

Efektifitas belajar akan lebih dirasakan justru pada saat memperaktekkan apa yang sudah dipelajari. Itu artinya, memperaktekkan apa yang kita ketahui adalah cara untuk menemukan letak kesalahan. Sehingga dengan begitu proses belajar akan lebih efektif.

 

Begitu juga dengan belajar bahasa Jepang, dengan terus memperaktekkan cara pengucapan secara verbal, akan membiasakan lidah kita dalam melafalkan setiap kosa kata bahasa Jepang itu sendiri. Setelah dipraktekkan, hal lain yang perlu dilakukan adalah mengulangi apa yang telah dipraktekkan agar bisa menjadi kebiasaan. Kegiatan mempraktekkan dan mengulangi tersebut akan terekam dalam otak dan membuat kita terbiasa untuk melakukannya.

 

Pasalnya, mempraktekkan apa yang telah dipelajari dan terus mengulanginya adalah salah satu upaya untuk belajar bahasa Jepang dengan baik dan bisa membut kita mahir dalam pengucapannya.

 

2. Carilah teman yang mahir berbahasa Jepang

Tips lainnya dalam belajar bahasa Jepang adalah mencari teman yang mahir berbahasa Jepang. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan kita dalam mempertaktekkan apa yang sudah kita pelajari.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa teman adalah bagian dari hidup kita. Keberadaan mereka sedikit banyak dapat membantu kita untuk terus berkembang dan memotivasi kita untuk terus melangkah menggapai sebuah keberhasilan.

 

Oleh karen itu, dalam belajar bahasa Jepang penting bagi kita untuk mencari teman yang notabene sudah mahir dalam berbahasa Jepang. Selain bisa jadi lawan praktek berbahasa Jepang, mereka juga bisa menjadi lawan tukar pendapat tentang kekurangan kita dalam menggunakan bahasa Jepang.

 

3. Jadikan suatu kesenangan.

Satu hal yang perlu kita ketahui bahwa menyenangi apa yang kita lakukan akan mempermudah kita dalam menyelesaikannya. Oleh karena itu salah satu tips belajar bahasa Jepang dengan cepat dan mahir adalah dengan menjadi proses belajar bahasa Jepang itu sebagai aktivitas yang menyenangkan. Sehingga dengan begitu tidak akan ada lagi keluh kesah yang sering kita ucapkan pada saat belajar bahasa Jepang, misalnya seperti:

  • ‘Ah, belajar bahasa Jepang ini membosankan’
  • ‘Ah, belajar bahasa Jepang itu”
  • ‘Ah, capek ah’ dan lain sebagainya.

 

4. Buat Jadwal

Tak bisa disangka lagi bahwa setiap hal yang terjadwal pasti akan menghasilkan hasil yang sempurna.Pada dasarnya, apa-apa saja yang terjadwal dengan baik itu pasti kelak akan merubah kita menjadi sosok yang disiplin dalam melakukan segala hal. And finally, hal tersebut akan bisa dengan cepat kita kuasai dengan baik.

 

Begitu juga dengan belajar bahasa Jepang, ada baiknya kita membuat penjadwalan dalam kurun waktu seminggu, yang mana pada hari-hari tertentu kita mewajibkan diri kita untuk belajar membaca, menulis dan mengucapkan bahasa Jepang.

 

Dengan metode penjadwalan tersebut, tidak menutup kemungkinan akan sangat mudah bagi kita untuk menguasai dan mahir dalam mengucapkan bahasa Jepang karena proses penjadwalan akan membantu kita untuk disiplin dan secara tidak langsung telah menjadikan bahasa Jepang sebagai suatu kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

 

5. Bergabung Dengan Grup atau Komunitas Jepang

Nah, pernah dengar pepatah “jika kita kumpul dengan penjual minyak wangi maka kita akan ketularan wanginya juga”?. Begitu juga dengan belajar bahasa Jepang. Tips ampuh lainnya dalam belajar bahasa Jepang adalah dengan gabung ke group atau komunitas Jepang.

 

Dengan bergabung ke group atau komunikas Jepang, tentunya hal tersebut akan sangat membantu kita dalam mengembangkan pengetahuan kita dalam bahasa Jepang yang akhirnya bisa membuat kita mahir dalam berbahasa Jepang.

 

Intensitas interaksi yang kita lakukan dalam komunitas Jepang tersebut akan membantu kita mengetahui bukan hanya bahasanya saja, melainkan juga budaya dan karakter orangnya. Jadi, menyelam sambil minum air, selain bisa mahir dalam bahasa Jepang, kita bisa juga mengambah pengetahuan tentang negeri samurai tersebut.

 

6. Dengarkan lagu berbahasa Jepang

Pasalnya, semua orang suka sekali mendengarkan lagu, terutama lagu dalam bahasa Jepang. Dari hasil studi kasus remaja Indonesia berdasarkan survei online diketahui bahwa, alasan mereka suka mendengarkan lagu-lagu bahasa Jepang adalah karena lagu dan liriknya bagus, serta penampilan fisik yang menarik.

 

Namun dibalik semua itu, kita bisa memanfaatkan lagu-lagu bahasa Jepang tersebut untuk belajar bahasa Jepang, khususnya dari segi pengucapan. Tentu saja, ketika kita mendengarkan lagu bahasa Jepang, otomatis kita akan menyimak dengan baik lirik lagu tersebut, kemudian kita akan penasaran untuk mendalami artinya dan mulai belajar cara pengucapannya.

 

7. Cari Referensi

Tentunya segala sesuatu membutuhkan referensi. Referensi merupakan salah satu media yang dapat membantu kita untuk menemukan metode yang tepat pada saat kita ingin mempelajari suatu. Dengan bekal referensi yang kita miliki, kita bisa menambah pengetahuan yang kelak akan direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Dalam belajar bahasa Jepang, referensi yang kita butuhkan bisa diperoleh dari berbagai macam hal, seperti film, buku, internet dan yang sudah dijelaskan diatas tadi, yaitu lagu.

Referensi-referensi yang tersebut di atas dapat membantu kita untuk tahu tentang arti dan cara referensi yang bisa kita gunakan dalam belajar bahasa Jepang. Namun depend on us, mau menggunakan referensi-referensi tersebut untuk belajar atau tidak.

 

8. Percaya diri

Banyak orang yang gagal karena tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Padahal dalam belajar bahasa Jepang kita butuh rasa percaya diri yang tinggi untuk melatih komunikasi kita.

 

Rasa percaya diri adalah salah satu elemen penting yang dapat memberikan kita kekuatan atau tambahan moril untuk mempelajari bahasa Jepang. Sudah banyak tentunya kasus orang yang merasa kurang mampu kemudian berhenti ditengah jalan ketika dia mempelajari bahasa Jepang. Ada juga yang merasa minder karena dia merasa tidak berkembang ketika belajar bahasa Jepang.

 

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin bisa cepat mahir dalam berbahasa Jepang tentu salah satu tipsnya adalah dengan membangun rasa percaya diri yang kuat. Dan cara untuk membangun rasa percaya diri bisa di baca DISINI.

 

9. Ikuti kursus

Pada dasarnya, kursus merupakan salah satu metode yang sangat membantu kita dalam mempelajari suatu hal. Mungkin kita sering melihat betapa banyaknya tempat kursus dari berbagai macam bidang, mulai dari kursus matematika, bahasa Inggris, IPA, software dan juga bahasa Jepang.

 

Inilah yang mendasari mengapa mengikuti kursus merupakan salah satu tips untuk belajar bahasa Jepang dengan cepat dan mahir, karena memang di tempat kursus tentunya sudah ada mentor yang notabene akan memberikan ilmu dan metode pembelajaran yang tepat sehingga tujuan kita untuk mahir dalam berbahasa Jepang bisa terwujud.

 

Nah itulah 9 tips Belajar Bahasa Jepang yang mudah dan cepat mahir. Dari 9 tips tersebut bisa membantu Anda untuk belajar bahasa Jepang dengan mudah jika diikuti dengan baik.

 

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, dan bisa membantu kita dalam belajar bahasa Jepang seperti yang kita inginkan. Jangan lupa share dan comment karena sejatinya berbagi itu indah.

Post a Comment

0 Comments