9 + 1 Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

9 + 1 Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Konten [Tampil]

Kolesterol saat ini lebih diketahui sebagai sebutan untuk salah satu tipe penyakit, tetapi nyatanya memanglah seluruh orang mempunyai kolesterol. Kolesterol merupakan metabolit yang memiliki zat lemak sterol dan biasanya ada pada membran sel yang bersikulais dalam plasma darah tubuh.

 

Kolesterol Merupakan Lemak Sterol

Kolesterol merupakan kondisi di mana kandungan lemak dalam darah yang melampaui batas wajar. Kolesterol saat ini merupakan salah satu penyakit yang gampang ditemui pada masyarakat. Tingginya kandungan kolesterol dalam tubuh jadi faktor munculnya berbagai tipe penyakit yang bisa beresiko untuk tubuh.

 

Saat sebelum kita bahas lebih jauh lagi, perlu Kamu tahu kalau kolesterol tidak senantiasa berakibat buruk untuk tubuh. Terdapat 2 tipe kolesterol yang ada dalam tubuh kita. Pertama merupakan Low-Density Lipoprotein (LDL). Tipe kolesterol ini sangat beresiko tinggi, berbeda dengan Kolesterol High-Density Lipoprotein (HDL), kolesterol ini bisa memusnahkan kolesterol jahat dalam tubuh. Batasan wajar kolesterol dalam tubuh merupakan 160-200 miligram saja.

 

Saat ini kolesterol tinggi tidak cuma mengincar orang tua saja, tampaknya anak-anak juga dapat memiliki kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan konsumsi makanan yang tidak terjaga seperti makanan-makanan berlemak.

 

Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh Kamu, hingga penimbunan lemak akan terus menjadi memperbesar kandungan kolesterol dalam tubuh Kamu. Contoh makanan berlemak seperti; susu, telur kuning, daging kambing dan gorengan.

 

Kandungan Kolesterol Dalam Tubuh

Ketika kandungan kolesterol LDL tinggi, maka akan memunculkan penyumbatan aliran darah. Pasti saja timbunan lemak jahat itu akan mengusik suplai makan menuju jantung. Hal ini akan merangsang penyakit jantung serta stroke. Kandungan kolesterol tinggi acapkali berhubungan pada mereka yang bertubuh besar ataupun kegemukan, tetapi tampaknya orang kurus juga bisa memiliki kolesterol tinggi bila konsumsi makanan yang masuk dalam badan tidak dijaga.

 

Ketika Kamu terlanjur memiliki kandungan kolesterol tinggi maka sebaiknya Kamu mulai menjaga serta mengendalikan makanan yang masuk ke dalam tubuh Kamu. Mulai menerapkan pola hidup yang sehat. Berikut 10 cara menurunkan kolesterol alami yang dapat Kamu manfaatkan supaya tidak melulu komsumsi obat.

 

10 Cara menurunkan kolesterol jahat secara alami dan cepat

 

1. Minum Air Jeruk Nipis Pagi dan Malam

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid berperan sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan menolong melindungi badan dari bahaya radikal bebas, paling utama molekul tidak stabil yang bisa mengganggu sel-sel sehat.

 

Kamu cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur serta saat sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kolesterol jahat cepat menurun.

 

2. Minum Juice Anggur

Kandungan anti-oksidan buah anggur seperti resveratrol dan piceatannol menciptakan fitonutrien yang bermanfaat sebagai anti mikroba. Anggur sendiri juga memiliki flavonoid yang pasti saja berperan sebagai anti-oksidan. Minumlah juice anggur minimal satu hari sekali secara teratur untuk menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam tubuh.

 

3. Minum Juice Jambu Merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang pasti saja berguna untuk tubuh Kamu. Terdapat anti-oksidan, fitonutrein, vit B3, vit B6, vit A, vit C dan kandungan kalium. Maka dari itu mulailah meminum juice jambu merah secara teratur.

 

4. Komsumsi Ekstrak Kulit Manggis

Tidak cuma buahnya yang dapat Kamu makan, kulit manggis juga mempunyai banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Kamu. Kulit manggis mengandung xanthone sebagai bahan aktif zat anti-kanker serta anti-oksidan, lebih bagus dibanding vit C serta E.

 

Kamu dapat memilih komsumsi ektrak kulit manggis yang banyak beredar di masyarakat ataupun dengan memblender kulit manggis kemudian meminumnya langsung.

 

5. Komsumsi Bekatul

Apakah Kamu ketahui apa itu bekatul? Bekatul ialah sisa penggilingan padi ke dua. Saat padi digiling, kulit dan padi akan terpisah secara sempurna. Nah seperti itu yang mempunyai khasiat buat menurunkan kandungan kolesterol jahat pada tubuh Kamu.

 

Knadungan tokotrienol pada bekatul berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Tokotrienol berperan membatasi kerja enzim yang dapat menimbun kolesterol di tubuh. Bekatul dapat memperlancar pencernaan karena kandungan seratnya tinggi. Manfaat seratnya dapat mengikat asam pada empedu yang nantinya keluar bersama feses.

 

Terdapat beberapa cara untuk komsumsi bekatul:

  1. Kukus bekatul selama 30 menit
  2. Kemudian keringkan serta konsumsi

 

6. Komsumsi Biji-Bijian Utuh

Nutrisi yang besar di dalam biji-bijian utuh bisa menambah kemampuan sel di dalam tubuh tumbuh dengan baik untuk menghindari dampak dari radikal bebas baik dari luar ataupun dalam tubuh. Biji-bijian utuh penting untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi seperti protein, magnesium, fosfor, selenium serta vit B seng, tembaga fiber, zat besi dan mangan.

 

7. Rajin Komsumsi Brokoli

Brokoli memiliki serat yang besar yang bisa berperan untuk menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam tubuh Kamu. Brokoli akan menolong proses detoksifikasi badan secara natural. Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan lekas dibasmi.

 

Triknya:

  1. Konsumsilah secara teratur dalam berbagai menu
  2. Mengolahnya dengan cara merebus serta jauhi pemakaian minyak untuk komsumsi brokoli.

 

8. Jauhi Makanan Tinggi Lemak

Mengendalikan masuknya makanan yang masuk dalam tubuh memanglah sulit, Terlebih bila Kamu memanglah hobi makan. Tetapi komsumsi makanan sehat mutlak dibutuhkan. Sebab bila tidak, Kamu akan terus menerus secara sadar menambah kandungan kolesterol jahat dalam tubuh Kamu.

 

9. Berolahraga yang Cukup

Berolahraga dibutuhkan bukan untuk menurunkan berat badan saja. Sudah dibuktikan kalau dengan olahraga maka kandungan kolesterol baik pada badan akan bertambah. Tidak harus berolahraga yang membebani badan. Cukup berolahraga ringan saja seperti jalan sehat, bersepeda, berenang maupun juga jogging. Lakukanlah secara teratur supaya kandungan kolesterol baik dalam tubuh Kamu meningkat serta membunuh kolesterol jahat.

 

10. Komsumsi Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat yang mampu membatasi penyerapan kolesterol LDL ataupun kolesterol jahat. Mulai peruntukan sarapan oatmeal sebagai kebiasaan supaya kandungan kolesterol Kamu menyusut drastis.

 

Ingat, Kamu mesti melakukan ke 10 cara di atas secara teratur. Bila tidak, pasti hasilnya tidak akan optimal ataupun malah kandungan kolesterol jahat kian bertambah. Mudah-mudahan bermanfaat.


9 + 1 Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami