Susunan Acara Aqiqah Sesuai Sunnah Menurut Islam, Apa Alasannya?

Susunan Acara Aqiqah Sesuai Sunnah Menurut Islam, Apa Alasannya?

Konten [Tampil]

Dari informasi yang kami kumpulkan dari hadits yang menjelaskan aqiqah setelah itu dari penjelasan fatwa ulama ketika ditanya tentang penerapan aqiqah kami rangkum refleksi dari kegiatan aqiqah sebagai berikut.

Baca Juga: Aqiqah Jakarta Pemesanan Aqiqah Minimal 3 Hari Sebelum Hari H

Kegiatan aqiqah untuk anak laki-laki

Diperbolehkan untuk memotong 2 ekor kambing atau satu ekor kambing karena ada hadits yang menyatakan bahwa diperbolehkan untuk memotong seekor kambing untuk anak laki-laki. Jenis kambing apapun karena jenis kambingnya banyak sekali. Ada yang namanya domba, kambing kacang, kambing jawa, kambing ottawa, kambing gibas, dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Daftar Jasa Paket Menu Catering Pernikahan Jakarta Murah

Kegiatan Aqiqah untuk Anak Perempuan

Ada juga perempuan yang menyembelih seekor kambing, jenis kambing apapun diperbolehkan.

 

Selain penjelasan di atas, agar sifatnya diperbolehkan

  1. Sebagian dimakan oleh keluarga setelah dimasak
  2. Sebagian setelah masak disumbangkan ke orang lain
  3. Sebagian setelah dimasak dibagikan ke tetangga
  4. Ciptakan kegiatan dengan mengundang orang yang ingin diundang
  5. Atau hentikan daging yang belum matang

 

Perlu diketahui bahwa dalam urusan muamalah hukum yang asli diperbolehkan. Mohon, tetapi janganlah kita menggabungkan hal-hal yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah ke dalam pelaksanaan aktivitas aqiqahnya.

 

Dan jangan memasukkan hal-hal seperti Munkar, misalnya diisi dengan musik apapun, kegiatan menari, ikhtilat (bau campur aduk) antara laki-laki dan perempuan (yang bukan mahram), atau bahkan lebih banyak diisi dengan masalah yang bukan dari Nabi, jangan lakukan hal ini.

Baca Juga: Paket Aqiqah Depok dengan Paket Kambing Aqiqah Terbaik

Susunan Kegiatan Aqiqah

Berdasarkan hadits yang dituturkan di Al-Adabul Mufrod, hingga tuan rumah membacakan doa untuk anaknya dan tamu mengiyakan.

 

Susunan Kegiatan Aqiqah Menurut Islam

Kesimpulan yang berarti bagi kami adalah memastikan Anda menyembelih kambing. Jika Anda menyerahkannya kepada orang lain, Anda harus membenarkan kambing yang disembelih.

 

Jadwal Susunan Aqiqah

Berikut susunan acara aqiqah tasyakuran atau syukuran:

 

Pembukaan

Acara paling awal adalah pembukaan. Pembukaan akan disampaikan oleh presenter setelah semua undangan terkumpul dan pembawa acara mengajak seluruh undangan untuk membacakan "Basmallah" bersama.

Baca Juga: Apakah Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Menambah Berat Badan?

Pembacaan kalam ilahi

Selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Allah. Biasanya, huruf yang dibacakan adalah surat Lukman dari ayat 13-18. Pembacaan ayat suci biasanya dilakukan oleh petugas/Qori', tetapi alangkah baiknya oleh ayah bayi.

 

Selamat datang dari tuan rumah

Selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh tuan rumah/orang tua yang mengadakan syukuran aqiqah. Kata sambutannya biasanya berisi maksud dan tujuan acara serta juga ungkapan terima kasih kepada seluruh undangan aqiqah yang hadir pada acara tersebut.

Baca juga: Jual Kambing di Lamongan untuk Aqiqah Pilih yang Kambing Sehat

PPotong rambut simbolis diikuti dengan pengesahan nama anak

Acara selanjutnya adalah acara utama, yaitu mencukur rambut bayi secara simbolis diikuti dengan pengesahan nama bayi. Terkadang bayi juga disertai ajakan untuk didoakan dan ditiup di kepalanya. Jangan lupa, saat mencukur rambut dan meniup mahkota, Anda perlu membaca doa.

 

Tausyiah singkat tentang Aqiqah

Agar program tasyakuran lebih khusyuk, selanjutnya adalah tausyiah singkat tentang aqiqah, anak, dan keluarga.

Baca Juga: Manfaat Susu Kin Fresh Milk dan Harga Susu Kin Fresh Milk

Doa penutup dengan doa walimatul Aqiqah

Akhirnya ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Ustadz yang menyampaikan tausyiah. Sehingga program aqiqah dan semua kegiatan ibadah aqiqah diterima.

 

Mengapa? Apa alasannya?

Karena bagi Ibnu Hazm, walaupun orang tua telah membagikan uang kepada orang yang dipercayainya, tetapi jika orang tersebut tidak memenuhi amanah (tidak menyembelih kambing), maka selalu dihitung bahwa beban aqiqah tidak dibebankan kepada orang tua.

 

Karena itu, pastikan Anda memotong kambing untuk aqiqah itu. Selain itu, sifat penyembelihan dapat disumbangkan, disalurkan, atau dibuat untuk dimakan dan kegiatan lainnya. Sampai itu baik-baik saja. Dengan himbauan, selalu perhatikan ciri-ciri kegiatan.


Susunan Acara Aqiqah Sesuai Sunnah Menurut Islam, Apa Alasannya?


ARTIKEL LAINNYA

Post a Comment

0 Comments